pengertian browsing

Saat ini teknologi terus berkembang pesat. Untuk menjelajahi ke berbagai komputer yang terhubung melalui internet, dibutuhkan perantara dalam hal ini disebut dengan browser atau web browser. Okay, baca sampai tuntas yuk Pengertian Browsing, Manfaat, dan Cara Kerja

Pengertian Browsing dan Web Browser

Browsing adalah istilah dalam dunia komputer jaringan atau internet yang menggambarkan kegiatan pencarian informasi melalui web browser

Arti browsing sering disamaartikan dengan istilah yang disebut dengan β€œsearchingβ€œ. Hal itu terjadi lantaran kata searching yang berarti mencari, yang juga menggambarkan aktivitas pencarian informasi tersebut.

Akan tetapi, keduanya baik browsing dan searching memiliki perbedaan yang begitu jauh. Dalam proses dan penggunaannya, searching menggambarkan aktivitas pencarian dengan search engine. Sedangkan untuk browsing merupakan alat di mana search engine itu berjalan.

Sedangkan browser atau web browser adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang membuat pengguna bisa berinteraksi, baik melalui tulisan, gambar, video, musik, dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman web di sebuah situs di World Wide Web atau di jaringan LAN lokal. 

Pengertian web browser menurut para ahli di antaranya Winarno dan Utomo (2010:31) menyebutkan bahwa arti web browser adalah alat yang digunakan untuk melihat halaman web.

Menurut Connolly (2005), web browser terdapat banyak informasi pada web disimpan dalam dokumen-dokumen dengan menggunakan bahasa yang disebut dengan HTML dan web broser harus mengerti dan dapat menerjemahkan HTML untuk menampilkan dokumen-dokumen ini.

Manfaat Browsing

Browsing memiliki manfaat yang begitu besar bagi peradaban manusia. Beberapa manfaat tersebut adalah:

  1. Belajar online dengan browsing.
  2. Menambah ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat.
  3. Dengan browsing tentu bisa mendapatkan file atau dokumen yang dibutuhkan.
  4. Meningkatkan budaya membaca.
  5. Menambah wawasan.

Fungsi Browser 

Pada dasarnya, web browser memiliki keuntungan dan kegunaan sebagai mesin pencari dalam membantu masyarakat untuk mengakses informasi di berbagai macam laman web. 

Okay, berikut ini fungsi dari web browser:

1. Memastikan Keamanan Suatu Web

Umumnya, web browser terdapat proses verifikasi suatu website atau laman yang berfungsi untuk tujuan tidak berbahaya bagi perangkat saat dikunjungi. Salah satunya berguna menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa merusak sistem komputer.

2. Membuka Laman Website

Fungsi web browser yang utama adalah mengarahkan pengguna untuk alamat website yang dituju sebagai bentuk efektifitas dan efisien dengan mengarahkan kata kunci yang sesuai pada search engine

3. Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan

Selain itu, web browser berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website bahkan efek yang terdapat di dalamnya sehingga laman web dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan foto, video, dan audio pada suatu laman.

4. Mendukung Penggunaan Search Engine

Web browser mendukung penggunaan search engine. Hal itu disebabkan lantaran search engine/mesin pencari merupakan bagian dari web browser sehingga dapat mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat.

5. Mendukung Permintaan Data

Mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna dikenal dengan requesting supporting data item. Kebanyakan alamat web di internet dapat diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan secara langsung dalam dokumen komputer.

Cara Kerja Browser

Secara teknis, browser atau web browser menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) untuk menempatkan permintaan dari server web melalui internet atas nama browser pengguna.

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol adalah tipe awalan Uniform Resource Identifier (URI) yang paling umum digunakan. Awalan ini digunakan untuk mengakses file atau data yang ada di Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Jika kalian mengaksesnya, kalian harus menentukan http: sebelum kalian menulis lokasi file Uniform Resource Locator (URL).

Hingga saat ini, telah banyak browser yang mendukung prefiks selain http: Https: untuk mengidentifikasi sumber melalui HTTPS, ftp: untuk mengakses Protokol Transfer File, dan awalan file: untuk mengakses file lokal di komputer kalian.

Contoh Web Browser 

Terdapat sejumlah web browser yang terus berdiri dan yang populer digunakan. Adapun jenis-jenis web browser tersebut yakni: 

1. Google Chrome

Sejak diluncurkan pada 2 September 2008, kini lebih dari 50% pengguna internet memilih Chrome sebagai browser yang sering digunakan. Chrome merupakan Google yang sukses menjadi web browser dan menempati posisi pertama sebagai web browser terbaik. 

Berkat kemampuan Chrome yang sangat stabil, cross-platform, dan desain yang responsif untuk semua perangkat dan sebagainya. Tak hanya itu, Chrome sangat mudah untuk di-download dan pengaturan yang sederhana. 

Akan tetapi, tetap saja web browser peringkat pertama ini masih saja memiliki kelemahan di antaranya berat dalam hal penggunaan sumber daya sehingga untuk RAM yang kecil sangat sulit.

2. Opera

Web browser yang dinilai berkualitas ini memiliki fitur yang tidak dimiliki web browser lainnya. Salah satunya karena fitur Opera Turbo. Fitur ini dengan kelebihan traffic web melalui server Opera sehingga memiliki performa yang lebih cepat sehingga bermanfaat dalam menggunakan jenis web browser Opera sebab untuk daerah terpencil dengan koneksi apa adanya, masih dapat digunakan. 

Selain itu, juga lebih menghemat paket data atau bandwidth kalian. Opera juga lebih aman digunakan ketika kalian mau membuka website sensitif seperti online banking sehingga tidak mudah terkena potensi pelanggaran privasi.

Opera pun memiliki mode hemat baterai untuk menjaga laptop kalian menyala lebih lama dan fitur VPN milik Opera memungkinkan kalian membuka beberapa website tertentu yang diblokir oleh pemerintah.

3. Microsoft Edge

Dengan hadirnya macam-macam browser, perusahaan Microsoft tetap berinovasi untuk mengembangkan browser. Bahkan ia mengatakan bahwa Microsoft Edge adalah browser user friendly yang terintegrasi dengan Windows 10.

Aplikasi modern pada mode tablet Windows 10 dan juga terhubung dengan Cortana yang efisien, dilihat dari usianya saat ini, ia memiliki kemampuan mengusir atau menghalau protokol tidak aman seperti ActiveX.

Keuntungann lainnya adalah Microsoft menjamin pengguna dapat melakukan pencarian dengan cepat, nyaman, dan aman karena menggunakan sistem operasi terbaru.

4. Mozilla Firefox

Firefox dirilis pada tahun 2004 yang merupakan β€˜anak’ dari Mozilla dan kini telah berkembang menjadi browser terpopuler kedua di internet. Jenis web browser ini menempati posisi ketiga dalam peringkat web browser.

Meski terdapat beberapa pihak menyayangkan hal ini karena kemampuan Mozilla yang memisahkan kotak URL dan pencarian. Akan tetapi, Mozilla tetap mampu mengikuti benchmark tes sampai tahap akhir namun memang akan sedikit melambat.

Jadi itulah pembahasan mengenai apa itu browsing dan browser serta manfaatnya dan juga cara kerja browser. Semoga bermanfaat, ya.

Kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini. 

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya πŸ™‚ 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.7 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment