perbedaan http dan https

Saat Anda mengakses alamat website, pastinya Anda sering memperhatikan terdapat dua link yang berbeda, yaitu HTTP dan HTTPS. Lalu apa sih perbedaan HTTP dan HTTPS? Yuk cari tau di sini.

Pada artikel ini, Jetorbit akan mengajak Anda mengetahui perbedaan HTTP dan HTTPS serta keuntungan apa yang didapatkan jika memakai  HTTPS di website.

Pengertian HTTP dan HTTPS

HTTP (Hypertext transfer protocol) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia . atau secara mudahnya HTTP merupakan aturan dasar atau protokol yang mengatur komunikasi antara client dan  server. client adalah user yang meminta dan menerima informasi sedangkan server adalah yang memberikan informasi tersebut.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) memiliki arti yang sama seperti HTTP. akan tetapi HTTPS memiliki kelebihan di bidang fungsi keamanan (secure). HTTPS ditemukan oleh Netscape Communications Corporation. HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sublayer bawah lapisan aplikasi HTTP biasa.

Perbedaan Utama HTTP dan HTTPS

Beberapa perbedaan utama antara http dan https:

  1. Keamanan data yang dikirimkan

Https bekerja dengan transmisi interaksi sedangkan http normal melalui sistem terenkripsi sehingga dalam teori, informasi yang tidak dapat diakses oleh pihak lain selain akhir client dan server.

  1. Kebutuhan SSL

Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-server adalah HTTP. Sementara itu untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan login credential dengan aman.

Ada dua jenis umum lapisan enkripsi, yaitu Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL) yang mana keduanya merupakan rekaman data encode yang dipertukarkan.

  1. Port yang digunakan.

Perbedaan lainnya yang paling mendasar adalah Port default untuk HTTP adalah 80 dan untuk HTTPS adalah 443.

Keuntungan HTTPS Dibandingkan HTTP

Lalu apa saja keuntungan protokol HTTPS dibandingkan HTTP dalam penggunaannya?

  • Mengamankan data dan transaksi yang ada di websitedengan enkripsi, termasuk untuk password dan lainnya.
  • Menambah tingkat kepercayaan pengunjung websitedengan warna hijau yang biasanya terdapat pada address bar dan ikon.
  • Prioritas dalam mendapatkan ranking SEO yang lebih baik di laman pencarian Google.
  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung website untuk melakukan transaksi atau bisnis dengan Anda.
  • Berhak menampilkan SSL Secured Seal di website.
  • Meningkatkan penjualan atau conversion rate di website sebagai hasil dari kepercayaan konsumen yang meningkat.
  • Mendapatkan layanan free malware scanning dan security vulnerability assessment gratis dari Symantec

Ada yang masih belum tahu terkait Secure Socket Layer (SSL)? Kami punya solusinya. Tenang, klik saja link berikut ini https://blog.jetorbit.com/pengertian-dan-fungsi-ssl-secure-socket-layer/

Dewasa ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki website, ada berbagai jasa pembuatan website dengan harga bersaing. Perusahaan dapat menggunakan jasa tersebut untuk membangun sebuah website.

Meski harga pembuatan website saat ini bisa dikatakan harganya bersaing namun pengeluaran dana untuk memajukan perusahaan akan terasa worth. Apalagi untuk perusahaan yang cukup besar, sangat disayangkan jika tidak memiliki website karena manfaat besar yang diperoleh jika memiliki website.

Ketika membuat website, akan dibutuhkan domain dan hosting.

Jetorbit adalah salah satu perusahaan jasa penyediaan domain dan hosting dengan harga terjangkau. Pelayanannya bagus, cepat, dan 24 jam. Jika sudah membeli domain, Anda akan mendapatkan email sendiri, seperti [email protected] dan ini lebih professional daripada memakai Gmail atau Yahoo.

Jetorbit menyediakan ragam pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Di Jetorbit, apabila membeli paketan maka akan mendapatkan domain gratis. Jadi, bisa sekalian hosting dengan harga murah dan mendapatkan domain gratis. Ini cocok sekali digunakan untuk pemula, UKM, dan profil.

Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Gunakan peluang terkait melesatnya pengguna internet di Indonesia menggunakan mobile phone karena di situlah letak kemenangan dan kesuksesan bisnis Anda bersama Jetorbit dengan membuat website dan aplikasi ?..!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.8 / 5. Jumlah rate 10

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

6 responses to “Apa Sih Perbedaan HTTP dan HTTPS? Yuk Cari Tau di Sini”

  1. […] Anda masih bingung tentang HTTP dan HTTPS. Kami sudah mengulas di artikel berikut dan silakan dijadikan referensi tambahan https://www.jetorbit.com/blog/apa-sih-perbedaan-http-dan-https-yuk-cari-tau-di-sini/ […]

  2. […] Lalu apa perbedaan antara HTTP dengan HTTPS? Tidak usah khawatir. Anda cukup klik link berikut untuk mengetahui lebih detailnya https://www.jetorbit.com/blog/apa-sih-perbedaan-http-dan-https-yuk-cari-tau-di-sini/ […]

  3. […] Oya, Anda ingin tahu perbedaan antara HTTP dan HTTPS? Langsung klik saja link berikut https://www.jetorbit.com/blog/apa-sih-perbedaan-http-dan-https-yuk-cari-tau-di-sini/ […]

  4. […] Anda yang masih bingung perbedaan antara HTTP dan HTTPS, langsung saja klik link berikut https://www.jetorbit.com/blog/apa-sih-perbedaan-http-dan-https-yuk-cari-tau-di-sini/ […]

  5. […] Ada yang belum tahu kah terkait HTTP dan HTTPS? Jangan-jangan tertukar sama HTML. Jangan sampai ya. Klik saja di https://www.jetorbit.com/blog/apa-sih-perbedaan-http-dan-https-yuk-cari-tau-di-sini/ […]

  6. […] Bagi Anda yang masih bingung antara HTTP dan HTTPS, kami punya solusinya. Klik saja https://www.jetorbit.com/blog/apa-sih-perbedaan-http-dan-https-yuk-cari-tau-di-sini/ […]

Leave a Comment