Pengertian Web Server dan Fungsinya

Pengertian Web Server dan Fungsinya

Zaman teknologi seperti sekarang ini, banyak orang mulai sadar akan pentingnya teknologi dan mencoba memahaminya. Salah satu hal yang sekarang banyak dipelajari mengenai teknologi adalah web server. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai  pengertian web server dan fungsinya.

Pengertian Web Server

Web server merupakan sebuah program yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) melalui protokol HTTP maupun HTTPS dari klien, yang dikenal dengan nama browser (Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox) dan mengirimkan respon atas permintaan tersebut kepada klien dalam bentuk halaman web.

Selanjutnya web server akan mengirimkan permintaan yang diminta oleh klien ke dalam bentuk halaman web yang pada umumnya berupa dokumen HTML ataupun PHP.

Fungsi Web Server

Fungsi web server adalah memproses berkas yang diminta klien.

Fungsi utama web server adalah sebagai alat untuk memproses berbagai berkas yang diminta oleh klien lalu memberikan respon dalam bentuk halaman web. Halaman website tersebut terdiri dari teks, gambar, dokumen, video, dan lain-lain.

Secara umum beberapa fungsi web server adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pemeriksaan keamanan terhadap HTTP request yang dikirimkan browser
  2. Memastikan semua modul yang dibutuhkan tersedia dan siap digunakan
  3. Membersihkan penyimpanan, cache, dan module yang tidak terpakai

Jenis-jenis Web Server di antaranya adalah:

  • Apache (paling sering digunakan )
  • Apache Tomcat
  • Microsoft windows Server 2008 IIS (Internet Information Services)
  • NginX
  • Zeus
  • Sun Java System

Di dunia website maupun skala bisnis, ada beberapa web server berikut ini yang paling sering digunakan untuk menjalankan server web maupun skala bisnis.

Apache server

Meskipun biasa disebut dengan server, Apache hadir dalam bentuk software. Software inilah yang nantinya menggantikan fungsi server sesungguhnya.

Fungsinya adalah untuk membuat sebuah hubungan antara server dan browser (chrome, opera, safari )milik pengunjung web sambil mengirimkan file bolak-balik (antara user-server).

Bagusnya server ini adalah software lintas OS (operating sistem). Oleh karena itu, server ini bisa berfungsi sangat baik di server Windows dan Unix .

Di server apache ini kalian bisa mengupload file dengan banyak bahasa pemrograman di antaranya adalah bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page atau PHP Hypertext Processor). Jika kalian berprofesi sebagai developer website, tentu tahu apa itu bahasa pemrograman PHP karena merupakan bahasa pemrograman website yang paling banyak digunakan oleh developer di dunia. Web server apache bisa dengan sangat baik untuk memproses bahasa pemrograman PHP.

Baca Juga: Apa Itu PuTTY?

Apache Tomcat Web Server

Server web apache tomcat merupakan aplikasi open source dan merupakan suatu wadah web aplikasi berbasis Java yang dipakai untuk menjalankan servlet dan JSP (Java Server Pages) disebuah aplikasi web.

Apache tomcat dibuat pertama kali oleh Apache – Jakarta. Nah, saat ini dikarenakan popularitasnya maka proyek apache tomcat dipisah. Saat ini apache tomcat didukung dan dikembangkan oleh komunitas open source Java komunitas. (Vukotic & Goodwill, 2011)

Web server IIS (Internet Information Services) sering dipakai pada OS Windows (Windows 2000 dan Windows 2008). Kelebihan dari web server ini adalah dukungan komponen protokol jaringan DNS, TCIP/IP, dan software yang dipakai untuk membuat website.

IIS juga sangat cocok untuk mendukung protokol seperti FTP, HTTP dan SSL. Kelebihan dari IIS adalah bisa diakses penuh di sistem operasi Windows dan mendukung platform .NET.

Server NginX

NginX dibaca engine x ini adalah nama dari sebuah web server open source yang dapat digunakan oleh siapapun secara bebas dan gratis. Keunggulan Nginx yaitu bisa menangani website dengan traffic tinggi jika dibandingkan dengan apache maka kapabilitas NginX lebih baik dibanding apache server.

Oleh karena itu, Ngin X ini sangat cocok untuk bisnis profesional dengan pengunjung yang sangat banyak. Tahukah kalian jika Nginx juga lebih baik daripada Apache? Kelebihan selanjutnya adalah memiliki peforma tinggi, arsitektur event-based, dan fiturnya sangat bermanfaat.

Web Server Lighttpd

Ada seorang programer asal negara Jerman yang bisa menciptakan web server berbasis open source dengan OS linux. Web server ini diberi nama Lighttpd. Ada beberapa keungulan dari VPS server ini, yakni FastCGi, Output-Compression, FastCGi, dan URL Writing. Jika kalian sudah pernah mencoba Lighttpd, kalian akan merasakan sensasi yang berbeda karena kecepatannya yang sangat cepat.

Cara Kerja Web Server

Web server adalah sebuah mesin yang diinstall sebuah software atau aplikasi yang beroperasi untuk memberikan data sebuah halaman website ke pengguna.

Untuk bisa menghubungkan server dan web browser, merupakan sebuah proses dari gabungan jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Jika semua jaringan internet sudah terhubung secara fisik, di antaranya Protocol TCP dan IP maka semua komputer di seluruh dunia bisa terhubung satu sama lain.

Okay, itulah penjelasan terkait web server yang perlu diketahui dan semoga bermanfaat, ya 🙂

Guys, membuat email dengan domain sendiri sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a lovely day

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like