Apa Itu Websocket? Cari Tahu Yuk…

Sharing is caring!

Teknologi web berkembang dengan cepat. Beberapa tahun lalu baru saja booming mengenai Ajax, sekarang sudah ada teknologi baru lagi yang membuat aplikasi web semakin interaktif, yaitu WebSockets. Baiklah, kami akan sedikit mengulas tentang apa itu websocket. Simak baik-baik yuk ?

Apa itu WebSocket

WebSocket adalah cara baru untuk komunikasi antara klien dan server tanpa mengirimkan informasi tambahan yang tidak perlu melalui protokol HTTP. WebSockets menggunakan protokolnya sendiri yang dipaparkan oleh IETF.

Selain memiliki protokol sendiri, WebSockets juga memiliki API yang dapat digunakan oleh aplikasi web untuk membuka dan menutup hubungan dan untuk mengirim dan menerima pesan yang disebut sebagai WebSockets API.

Anda dapat melakukan komunikasi dua arah penuh antara server dan klien yang lebih ringan dibandingkan dengan metode HTTP tradisional dengan bantuan WebSockets ini.

Manfaat WebSocket

  1. Websocket memungkinkan server untuk mendorong data kepada klien yang terhubung.
  2. Mengurangi lalu lintas jaringan yang tidak perlu dan latency menggunakan full duplex melalui koneksi tunggal.
  3. Streaming melalui proxy dan firewall, mendukung komunikasi simultan hulu dan hilir.
  4. Kompatibel dengan pre-WebSocket dunia dengan cara beralih dari koneksi HTTP ke WebSockets.

Kelebihan Websocket:

  • Mendukung komunikasi Duplex
  • Lebih cepat dari HTTP
  • Meningkatkan efisiensi komunikasi antara Client dan Server
  • Penggantian HTTP menggunakan TCP

Kekurangan Websocket:

  • Mengambil alih protokol komunikasi antara Client dan Server untuk koneksi tertentu
  • Web Browser harus sepenuhnya support HTML5

Permasalahan yang Diselesaikan dengan WebSocket

Latar belakang yang mendasari terciptanya websocket adalah permintaan beberapa client yang mengharuskan developer bisa membuat aplikasi berbasis web secara real time.

Aplikasi real time adalah ketika ada perubahan data maka saat itu juga website di browser klien juga ada perubahan, minimal muncul notifikasi. Ada alternatif lain untuk permasalahan developer tersebut, di antaranya adalah metode polling dan long polling.

Metode polling ini mengirimkan request data ke server secara terus menerus. Kalau hanya satu client yang melakukan request berulang seperti itu, mungkin tidak masalah. Namun bagaimana jika ada beberapa client yang mengakses satu server dan berulangkali melakukan metode Polling. Maka server akan jadi sibuk dan rentan terkena serangan DDOS.

Metode long polling adalah metode polling dengan interval waktu yang berkala. Jadi request tidak sesering metode Polling. Manfaatnya adalah server jauh lebih stabil dibandingkan dengan metode polling. Namun permasalahannya adalah Long Polling tidak menjawab real time karena ada interval waktu yang digunakan.

 

Bagi Anda yang masih bingung perbedaan antara HTTP dan HTTPS, langsung saja klik link berikut https://www.jetorbit.com/blog/apa-sih-perbedaan-http-dan-https-yuk-cari-tau-di-sini/ .

Sedangkan bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami pun punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Hal ini dikarenakan salah satu faktornya adalah pengguna internet Indonesia sudah menembus 150 juta penduduk. Tahun 2018 masih berjumlah 143 juta. Artinya pengguna ini merupakan pasar potensial bagi dunia bisnis. Maka tidak ada salahnya menjemput bola dengan cara menciptakan alat-alat bisnis online, seperti website, media sosial, messenger, Google Bisnisku lalu ciptakan strategi!

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Websocket? Cari Tahu Yuk…
Artikel
Apa Itu Websocket? Cari Tahu Yuk…
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sekarang ada teknologi baru yang membuat aplikasi web semakin interaktif, yaitu WebSockets. Kami akan sedikit mengulas tentang apa itu websocket. Yuk kepoin
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment