Perbedaan SEO dan SEM

Sharing is caring!

Anda sudah akrab dengan istilah search engine optimization(SEO) jika Anda sebagai blogger. Namun apakah Anda juga sudah akrab dengan istilah search engine marketing (SEM)? Lalu, Perbedaan SEO dan SEM itu apa saja? Baca sampai selesai ya Gaes.

Bagi yang masih awam, bisa saja makna dan penggunaan kedua istilah tersebut terasa membingungkan. Supaya Anda tidak salah persepsi lagi, yuk kita cari tahu perbedaannya melalui artikel ini.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses yang dilakukan untuk mengoptimasi page atau website Anda secara keseluruhan bagi mesin penelusur. Apabila Anda berada di halaman pertama dari hasil penelusuran Google maka ada kemungkinan web visitor Anda meningkat. Mengapa? Karena pengguna internet cenderung membuka tautan page yang ada di peringkat atas di halaman pertama dari mesin pencarian.

Implementasi SEO sendiri meliputi dua aspek, yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO. Teknik On-Page SEO dapat berupa memasukkan keyword pada Title Tag, Slug, dan Meta Description; penggunaan heading; meningkatkan speed untuk mengakses laman; hingga mengintegrasikan akun media sosial dengan konten Anda.

Sedangkan implementasi Off-Page SEO dapat berupa pemberian backlink dari laman-laman lain yang telah teroptimasi sebagai bentuk votes of confidence.

Apabila Anda ingin SEO di website Anda, termasuk di WordPress bisa ramah terhadap mesin pencari maka Anda dapat menggunakan plugin SEO WordPress yang kami rekomendasikan di link berikut https://www.jetorbit.com/blog/7-plugin-seo-wordpress-terbaik-dan-gratis-untuk-website-anda/ . Anda pun dapat mencari referensi lain terkait website ke situs Jetorbit demi perkembangan situs Anda, termasuk perkembangan bisnis Anda. 

Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan sebuah bentuk strategi marketing internet yang tujuannya adalah mempromosikan website pada halaman hasil mesin pencari (SERPs) berbayar dengan memanfaatkan penempatan dengan tagihan, iklan kontekstual maupun dengan inklusi berbayar. Atau dapat juga berarti sebuah trik pemasaran via online dengan cara meningkatkan visibility halaman Anda pada hasil pencarian di mesin pencari. Dengan demikian, SEO sebenarnya merupakan salah satu bagian dari strategi SEM itu sendiri.

Tidak terbatas hanya pada optimasi terhadap SERP, SEM juga mencakup penelusuran berbayar yang melibatkan aspek-aspek seperti penggunaan iklan dan jumlah klik dari pengunjung. Misalnya, ketika strategi SEM yang digunakan membuahkan hasil maka laman situs terkait akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet. Hal ini akan berimbas pada meningkatnya jumlah pay per click (PPC) yang diperoleh sehingga akan memberikan dampak positif bagi pemasaran untuk situs terkait.

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

4 thoughts on “Perbedaan SEO dan SEM”

Leave a Comment