Cara Cek Website Down atau Tidak Secara Online

Sharing is caring!

Anda perlu sesekali cek performa website agar website dapat diakses dengan baik oleh pengunjung. Kunci utama mencegah website tidak mengalami down adalah denga memilih penyedia layanan hosting Anda. Anda bisa menggunakan Jetorbit sebagai pilihan utama dalam memilih hosting sesuai kebutuhan Anda karena pelayanan prima dan harga terjangkau.

Tutorial kali ini kami akan membahas cara mengecek website Anda mengalami down atau tidak dengan tool online.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum Anda memulai tutorial ini, pastikan 2 hal di bawah ini:

  • Koneksi internet stabil
  • Website yang akan dicek

Cara Cek Website Down Secara Online

  1. Cek menggunakan website com

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda hanya perlu memasukan nama domain atau URL website Anda yang ingin dicek. Setelah dimasukkan akan keluar jawaban bahwa website Anda down atau tidak. Berikut ini langkah mudahnya:

  • Silakan buka website com lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

  • Silakan masukan URL atau alamat website yang ingin di cek pada kolom tulisan kosong dengan tulisan bayangan google.com.
  • Setelah Anda masukan nama URL website Anda, tekan enter pada keyboard atau klik or just me?
  • Setelah itu akan muncul hasilnya status website Anda down atau tidak.

Contoh status website Up.

  1. Cek Menggunakan Website tools Is It Down Right Now?

Selanjutnya dengan menggunakan tools Is It Down Right Now?  Website ini memiliki keunggulan dengan tampilan simple dan ringkas sehingga sangat mudah digunakan. Cara menggunakannya pun sangat mirip dengan website downforeveryoneorjustme. Com.

  • Silakan buka website isitdownrightnow.com atau www.iidrn.comLalu akan muncul tampilan sebagai berikut.

 

  • Anda bisa mengetahui website anda yang ingin di cek sedang down atau tidak dengan mengisi kolom URL yang tersedia. Klik tombol Check untuk mengetahui hasilnya.
  • Pada halaman berikutnya, anda bisa mengetahui apakah website yang anda cek itu down atau tidak. Terdapat info tentang nama website, URL yang dicek, waktu respon hingga info terakhir kali website tersebut kapan down. Apabila hasil website adalah down maka Anda bisa melaporkan hal tersebut dengan klik “Report an Issue.”

  1. Cek dengan menggunakan host-tracker.com

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan website host-tracker.com. Tool ini mampu mengirimkan notifikasi pemberitahuan jika website Anda down. Berikut ini langkah untuk menggunakannya:

  • Silakan buka halaman host-tracker.com lalu Anda akan masuk ke halaman utama website tersebut dengan tampilan seperti di bawah ini.

  • Silakan masukkan URL atau website yang ingin dicek down atau tidak pada kolom kosong yang tersedia. Jangan lupa untuk memilih Https pada kolom yang tersedia sebelum Anda klik Check.

  • Setelah Anda klik Check dan tunggu beberapa saat hingga tool selesai melakukan proses pengecekan pada website.
  • Setelah selesai dicek, Anda akan melihat tabel dengan hasil pengecekan dari berbagai lokasi. Terdapat banyak detail informasi di sini. Hanya saja, pada tutorial ini Anda hanya membutuhkan informasi apakah website tersebut down atau tidak. Oleh karena itu, Anda hanya perlu memperhatikan status pada baris pertama.

Jika Anda melihat hasil seperti pada tampilan di atas maka website Anda memiliki status normal. Jika status Ok lebih banyak, berarti website Anda tidak mengalami down.

  1. Cek Menggunakan site24×7.com

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan situs site24×7.com. Menggunakan website ini sangat mudah dan cukup informatif sehingga sangat cocok bagi pengguna pemula. Berikut ini langkah untuk menggunakannya:

  • Silakan buka website site24x7.com lalu Anda akan masuk ke halaman utamanya dengan penampilan seperti gambar di bawah ini.

  • Selanjutnya masukan URL atau alamat website yang ingin dicek down atau tidak. Kemudian pilih Test Now.
  • Tunggu proses pengecekan kemudian hasilnya akan keluar. Jika status dari semua lokasi adalah OKberarti website Anda tidak down. Jika website Anda down maka akan keluar tulisan Host Unavailable pada bagian keterangan IP.

Masih ada beberapa situs untuk mengecek website down atau tidak, di antaranya deadlinkchecker.com, drlinkcheck.com, website-link-checker.online-domain-tools.com, dan sebagainya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba guys ?

 

 

 

 

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

1 thought on “Cara Cek Website Down atau Tidak Secara Online”

Leave a Comment