HTTP/3 dan QUIC Percepat Web Browsing

HTTP/3 dan QUIC Percepat Web Browsing

Sharing is caring!

HTTP/3 dan Quic menjadi standar baru yang membuat penjelajahan web kalian lebih cepat dan lebih aman. Sebenarnya apa sih itu HTTP/3 dan Quic itu? Okay, ketahui lebih lanjut yuk dengan baca sampai selesai HTTP/3 dan QUIC Percepat Web Browsing

Apa Itu HTTP/3 dan QUIC

HTTP/3 lebih merupakan penulisan ulang protokol HTTP. Alih-alih menggunakan TCP, HTTP/3 menggunakan protokol QUIC Google. HTTP/3 awalnya dikenal sebagai HTTP-over-QUIC. HTTP/3 juga menyertakan enkripsi TLS 1.3 sehingga tidak perlu HTTPS terpisah yang mengunci keamanan ke protokol seperti yang ada saat ini.

QUIC adalah singkatan dari “Quick UDP Internet Connections.” Protokol ini dirancang untuk menjadi lebih cepat dengan latensi yang lebih rendah daripada TCP. QUIC menawarkan lebih sedikit overhead saat membuat koneksi dan transfer data lebih cepat melalui koneksi. Tidak seperti TCP, kesalahan seperti sepotong data yang hilang tidak akan menyebabkan koneksi berhenti dan menunggu masalah diperbaiki. QUIC akan terus mentransfer data lain saat masalah sedang diselesaikan.

Faktanya, QUIC telah ditambahkan ke Google Chrome pada tahun 2013. Chrome menggunakannya ketika berkomunikasi dengan layanan Google dan beberapa situs web lain. seperti Facebook dan itu tersedia untuk aplikasi Android. Namun, QUIC bukan standar yang diintegrasikan ke dalam browser web lain. Dengan HTTP/3, teknologi ini juga hadir dengan cara standar ke peramban lain.

Singkatnya nih, HTTP/3 adalah protokol yang lebih baru, lebih baik, dan lebih cepat. Ini merupakan solusi yang lebih modern yang harus memberikan peningkatan keamanan dan kecepatan ke web.

HTTP/3 bahkan sudah ditambahkan ke Google Chrome versi Canary yang mutakhir pada September 2019.

Cara memeriksa apakah server kalian mendukung HTTP/3 dan Quic adalah silakan cek di link ini https://http3check.net/

Keunggulan HTTP/3

Setidaknya berikut ini manfaat yang bisa semua orang rasakan dari penerapan teknologi baru ini:

Tidak ada Head-of-Line Blocking

Head-of-line blocking adalah salah satu kelemahan HTTP/2 yang mana sudah tidak ada di HTTP/3. Pada poin ini, persaingan antara HTTP/2 vs HTTP/3 dimenangkan oleh HTTP/3. 

Physical connection bisa mengalirkan banyak resource. Namun apabila ada satu resource yang mengalami kegagalan, semua resource akan tertahan. Selanjutnya, sistem akan mentransmisikan ulang paket yang hilang. 

http/3-dan-quic-percepat-web-browsing-1

QUIC pada HTTP/3 bisa mengatasi kondisi tersebut. Pada kasus tersebut, QUIC tetap bisa melakukan multipleks. Jadi, meskipun ada satu resource yang kehilangan paket selama transmisi data berlangsung, hanya resource itu saja yang terpengaruh. Nah, hal ini mengurangi latensi pada koneksi internet yang buruk.

Setup Koneksi Lebih Cepat

HTTP/2 maupun 3 sama-sama menggunakan TLS untuk koneksi yang lebih aman.  Pada HTTP/2, TCP+TLS setidaknya membutuhkan 2 Round-trip times (RTT). Hal ini menambah latensi.

http/3-dan-quic-percepat-web-browsing-2

Sedangkan QUIC mengoptimasi handshake mechanism-nya supaya pertukaran antarprotokol tidak berlebihan ketika dua peers yang saling mengenal menjalin komunikasi.

Jadi, setup koneksi terenkripsi yang pertama adalah satu RTT. Ketika sesi berlanjut maka pengiriman data payload akan bersama paket pertama. Hal ini memungkinkan pengurangan keseluruhan latensi yang cukup signifikan dan konsisten.

Transisi yang Lebih Baik Antarjaringan

QUIC tidak membutuhkan IP address sebagai sumber atau tujuan request. QUIC menggunakan ID koneksi yang unik supaya setiap paket sampai di tempat yang tepat.

ID koneksi ini tetap sama saat kalian pindah jaringan di tengah-tengah koneksi. Hal ini memungkinkan transmisi data bisa tetap berlanjut meski pindah jaringan.

Contohnya adalah saat kalian awalnya menggunakan jaringan WiFi kemudian beralih ke jaringan LTE (paket data seluler) untuk streaming. Dengan HTTP/3, proses streaming bisa tetap berlanjut secara lancar. Namun, tidak demikian dengan HTTP/2.

Keamanan yang Lebih Baik 

QUIC hampir seluruhnya terenkripsi. Hal ini menunjukan bahwa HTTP/3 memberikan peningkatan keamanan yang cukup signifikan.

Dengan adanya enkripsi built-in, risiko mengalami serangan manipulator-in-the-middle (MitM) lebih kecil. Selain itu, QUIC juga memiliki sejumlah fitur untuk melindungi dari serangan DDoS.

HTTP/3: Web yang Lebih Cepat untuk Semua Orang

HTTP/3 merupakan versi terbaru dari HTTP yang menggunakan QUIC sebagai protokol pada transport layer, menggantikan TCP pada versi sebelumnya.

Versi terbaru ini mengalami sejumlah peningkatan. Peningkatan yang cukup signifikan, yaitu pada waktu pemuatan konten dan level keamanan.

Dari sisi kinerja, teknologi ini sangat berguna untuk pengguna seluler di jaringan dengan latensi tinggi.

Guys, dengan HTTP/3, setiap orang akan merasakan performa web yang lebih baik. Untuk saat ini implementasinya belum menyeluruh. Namun jika melihat perkembangannya nih, teknologi ini akan segera terimplementasi secara menyeluruh. Gimana, kalian sudah siap kah dengan teknologi ini?

Have a nice day



Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
HTTP/3 dan QUIC Percepat Web Browsing
Artikel
HTTP/3 dan QUIC Percepat Web Browsing
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebenarnya apa sih itu HTTP/3 dan Quic itu? Okay, ketahui lebih lanjut yuk dengan baca sampai selesai HTTP/3 dan QUIC Percepat Web Browsing
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like