apa itu cloud hosting

Salah satu hosting yang banyak digunakan dan punya berbagai kelebihan adalah cloud hosting. Nah, agar semakin yakin untuk memilih jenis hosting yang satu ini, sebaiknya kalian awali langkah dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan cloud hosting, yuk. Okay, simak yuk Apa Itu Cloud Hosting? Ketahui Kelebihan Cloud Hosting Yuk.!

Apa Itu Cloud Hosting?

Singkat kata, cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban (load) server dan memaksimalkan server uptime.

Teknologi cloud hosting menggabungkan beberapa server yang bekerja seperti satu server utuh. Gabungan dari beberapa server ini biasanya disebut dengan “cloud cluster”.

Semakin banyak server yang tergabung di dalam cluster, semakin besar juga resources yang bisa dibagikan oleh cluster tersebut. 

Jadi saat satu server sedang bermasalah, teknologi ini akan memberikan sumber daya dari server lainnya untuk menjaga agar website kalian bisa tetap berjalan dengan normal.

Oleh karena itu, cloud hosting dikenal sebagai web hosting yang memiliki reliabilitas dan fleksibilitas yang tinggi dibandingkan dengan jenis web host lainnya.

Jika situs web kalian mendapatkan lonjakan lalu lintas yang besar maka kalian mungkin ingin mempertimbangkan upgrade cloud hosting untuk mencegah website kalian overload.

7 Kelebihan Cloud Hosting untuk Website

Umumnya, kelebihan dari cloud hosting itulah yang menjadi alasan mengapa semakin banyak orang memilih hosting tersebut. Meski begitu, orang-orang akan lebih cenderung mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan cloud hosting dibandingkan hanya memperhatikan kelebihannya saja.

Berikut ini beberapa kelebihan cloud hosting secara umum:

Skalabilitas dan Fleksibilitas

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh hosting jenis ini? Popularitas cloud hosting ternyata tidak lepas dari skalabilitas dan fleksibilitas yang dinikmati para penggunanya.

Keduanya juga menjadi kelebihan yang bisa pengguna baru rasakan bahkan untuk pertama kalinya. Saat menggunakan cloud hosting, pengguna hanya membayar sumber daya (resource) yang mereka gunakan. 

Dengan kata lain, mereka juga memiliki kebutuhan penggunaan resource hosting yang berbeda. Jika suatu hari nanti situs web punya trafik yang lebih tinggi, kalian perlu sumber daya yang lebih. Tentunya hal tersebut bisa diperoleh dengan mudah melalui cloud hosting. 

Peningkatan kapasitas bisa kalian lakukan kapan saja sesuai kebutuhan. Karena server bersifat cloud, tidak ada kewajiban untuk membeli server fisik dengan resource yang lebih.

Waktu Loading Website Lebih Cepat

Saat menimbang kelebihan dan kekurangan cloud hosting, kami tebak kalian pasti akan senang dengan kelebihan satu ini. Yups, cloud hosting memberikan waktu loading website yang lebih cepat melalui teknologi yang berfungsi menyeimbangkan beban.

Dengan teknologi tersebut, beban server akan lebih berkurang. Sehingga, mampu menghasilkan waktu loading yang cepat jika dibandingkan dengan hosting jenis lain dengan server tunggal.

Lebih Mudah dalam Memulihkan Data

Kelebihan selanjutnya adalah kemudahan dalam memulihkan data. Datang hilang adalah risiko yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pemilik bisnis hingga perusahaan besar sekalipun. Data yang hilang dari situs web tentu saja harus segera kalian pulihkan. 

Penyedia cloud hosting umumnya melindungi data para pengguna. Selain menyimpan, mereka juga mencadangkan data pengguna di beberapa lokasi berbeda. Hal tersebut berbeda dengan cadangan data yang disimpan pada komputer dan server fisik. Risiko terbesar yang mungkin terjadi adalah data hilang permanen akibat kesalahan tak terduga.

Singkatnya begini. Jika ingin mencegah data hilang secara permanen, cloud hosting merupakan pilihan tepat. Apabila terjadi masalah pada server tempat penyimpanan data pusat, kalian bisa mendapatkan data tersebut kembali.

Tak heran jika cloud hosting memiliki tingkat keamanan yang menjanjikan. Betul, kan?

Uptime Stabil

Uptime adalah poin yang pemilik situs sukai, sementara downtime adalah poin yang sebisa mungkin selalu mereka hindari. Downtime akan berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan serta penjualan. Setuju, kan?

Tidak akan pernah terjadi downtime pada situs yang dikelola karena cloud hosting menggunakan sumber daya dari beberapa server pada cluster yang tersedia.

Saat terjadi kegagalan pada satu server maka permintaan dari klien akan secara otomatis dipindahkan ke server lain berkat teknologi cloud hosting. Artinya, uptime pada server akan tetap stabil sehingga bisa mencegah risiko yang tidak diinginkan.

Akses yang Mudah

Bagi yang belum tahu apa saja kelebihan dan kekurangan cloud hosting, kabar baik tentang cloud hosting berupa akses yang mudah semakin menambah daftar kelebihan hosting tersebut. 

FYI, hal tersebut menjadi kelebihan utama yang mungkin akan sulit diperoleh dari jenis hosting lainnya. Aplikasi atau data yang dibutuhkan bisa diakses di mana saja dan kapan saja berkat cloud hosting. Jadi, saat butuh data tersebut, kalian atau rekan tim tidak harus menunggu menggunakan komputer fisik yang sama secara bergantian.

Efisiensi Biaya

Ada sejumlah biaya yang harus pemilik atau pengelola website keluarkan agar dapat terus menggunakan layanan hosting. Meski demikian, cloud hosting menawarkan efisiensi biaya yang menguntungkan. Tidak ada kebutuhan untuk melakukan pengadaan komputer yang umumnya butuh waktu dan biaya yang lebih.

User bisa segera mendapatkan kapasitas yang mereka butuhkan hanya dengan melakukan self-provisioning

Hadir dengan Layanan Bantuan

Bagaimana jika saat implementasi, kalian justru mengalami kendala? Kendala tersebut bisa segera diatasi. Sebab, cloud hosting menawarkan layanan bantuan, yang mana dukungan pelanggan dari penyedia hosting akan segera mengatasi masalah yang terjadi pada hosting situs web.

Kekurangan Cloud Hosting

Berikut ini beberapa masalah dari cloud hosting yang mungkin kalian temui saat menggunakannya.

Lebih Rentan Terkena Cyber Attack

Dengan cloud hosting, kalian dapat mengakses hampir semua file website melalui internet. Tentunya ini meningkatkan resiko terkena serangan cyber jika koneksi kalian tidak aman.

Kecepatan Server Bergantung pada Kecepatan Internet 

Karena cloud server hanya bisa diakses melalui internet, kecepatan server itu sendiri akan bergantung pada seberapa cepat internet yang kalian gunakan.

Mengggunakan Cloud Bisa Menjadi Mahal

Banyak cloud provider yang menerapkan sistem pay as you go. Jika kalian tidak berhati-hati dalam mengelola server resources, biaya hosting bisa menjadi sangat mahal.

Simpulan

Seperti yang sudah kalian ketahui, ada banyak manfaat cloud hosting yang tidak dapat ditawarkan oleh paket hosting tradisional lainnya.

Singkat kata, cloud hosting adalah pilihan terbaik untuk bisnis dan perusahaan yang membutuhkan skalabilitas dan fleksibilitas beberapa server tanpa budget yang tinggi.

Ingin segera menggunakan cloud hosting? Okay, inilah saat yang tepat bagi kalian untuk menghubungi penyedia hosting tepercaya, yaitu Jetorbit.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment