biaya pembuatan website tahun 2022

Untuk membuat website, kalian mesti tahu dulu estimasi biaya pembuatan website yang sekiranya perlu dikeluarkan. Harga pembuatan website berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah dalam satu tahun. Cukup mahal. Tenang, kalian tidak perlu panik karena kami akan membantu kalian memperkirakan biaya pembuatan website. Silakan membaca Estimasi Biaya Pembuatan Website di Tahun 2022 sampai selesai, ya.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Harga Pembuatan Website

Apabila merasa harga buat website terlalu mahal setelah memperkirakan kebutuhan kalian, penyebabnya mungkin ada dua hal: kalian butuh lebih banyak sumber daya atau kalian memberikan estimasi yang terlalu tinggi.

Berikut ini ada beberapa pertimbangan saat membuat website:

  1. Fitur utama website. Mencakup nama domain, hosting, dan sertifikat SSL. Nama domain merupakan alamat khusus website sedangkan paket web hosting adalah server yang bisa disewa untuk menyimpan website kalian. Sertifikat SSL mengenkripsi data situs kalian dan melindunginya agar lebih aman. 
  2. Desain website. Tampilan website juga mempengaruhi experience pengunjung, lho. Makin rumit desainnya, makin mahal pula harga pembuatannya.
  3. Fungsionalitas e-Commerce. Biaya membuat website toko online umumnya jadi lebih tinggi karena fitur manajemen stok, opsi pembayaran, pengiriman, dan halaman produk.
  4. Plugin dan add-on. Fungsi website menjadi lebih optimal dengan kedua fitur ini. Makin banyak fitur, biasanya harga pembuatan website juga jadi lebih mahal.
  5. Marketing dan SEO. Agar website kalian terpampang di halaman pertama hasil pencarian Google, silakan aplikasikan strategi yang akan memaksimalkan online presence kalian. Silakan kalian pahami terkait digital marketing dan SEO serta investasikan biaya untuk membeli tool yang tepat. Bisa juga kalian gunakan jasa marketing dan SEO profesional. Jika menerapkan strategi multi-channel marketing dan SEO yang rumit, biaya pembuatan website akan lebih mahal.
  6. Pemeliharaan (maintenance). Silakan gunakan tool gratis dan berbayar untuk mengotomatiskan maintenance situs atau gunakan jasa profesional. Makin sering proses ini dilakukan, makin tinggi juga biaya bikin website yang perlu dikeluarkan.

Opsi 1: Buat Website WordPress

WordPress merupakan CMS (Content Management System) gratis yang bisa digunakan untuk membuat website. Kalian bisa mengatur hampir semua hal di dalamnya, mulai dari fitur hingga estimasi biaya pembuatan website.

biaya pembuatan website tahun 2022 1

Berikut kelebihan dan kekurangan jika menggunakan WordPress untuk membuat website:

Kelebihan

  • Sangat fleksibel. Kalian bisa membuat website sesuai kebutuhan dan budget.
  • Lebih murah. Dibanding opsi lainnya, paket tahunan website WordPress umumnya lebih murah.

Kekurangan

  • Sedikit sulit dipelajari. Bagi pemula, mungkin butuh waktu yang cukup lama untuk memahami website WordPress sepenuhnya. 
  • Tidak ada tim support khusus. WordPress.org tidak ada customer support tapi mungkin bisa mendapatkannya dari perusahaan hosting.

Untuk memperkirakan harga pembuatan website WordPress sesuai kebutuhan kalian, simak faktor-faktor utamanya di bawah ini.

Fitur Utama Website

Meskipun website WordPress gratis, kalian tetap harus membeli nama domain dan paket web hosting berkualitas, lho.

Di Jetorbit, kalian bisa mendapatkan nama domain mulai dari Rp 15.000,- saja pertahun! Kalian juga bisa menggunakan ekstensi domain populer seperti .com hanya seharga Rp 110.000,- pertahun.

Untuk membeli nama domain, Anda bisa mengunjungi registrar domain, seperti Google Domains atau Namecheap. Namun, beberapa perusahaan hosting, termasuk Jetorbit, menawarkan nama domain gratis dengan pembelian paket hosting.

Selanjutnya, kalian bisa membeli paket hosting sesuai kebutuhan. Dengan demikian, kalian bisa nih mengalokasikan budget ke kebutuhan WordPress lainnya, seperti tema dan plugin.

Biaya paket hosting juga bergantung pada penyedia dan paket yang kalian pilih. Biaya rata-rata paket hosting adalah sekitar 11 ribu sampai 1+ juta rupiah.

Oia, Jetorbit juga menyediakan paket hosting khusus untuk website WordPress. Harga paket WordPress hosting kami dimulai dari Rp 47.200 sampai Rp 135.200 perbulan. 

biaya pembuatan website tahun 2022 2

Semua paket WordPress hosting yang kami tawarkan sudah menyertakan SSL gratis dan ada jaminan uang kembali dalam 30 hari jika kalian tidak puas dengan layanan kami.

Desain Website

Nah, perkara desain, kalian bebas mengustomisasi elemen desain WordPress agar bisa menyesuaikan estimasi biaya pembuatan website kalian. Apabila sudah sering mengutak-atik HTML, CSS, dan JavaScript, kalian bisa mengustomisasi kodenya sendiri. 

Namun, jika tidak memiliki latar belakang sebagai desainer web, kalian tetap bisa menyesuaikan desain website WordPress kalian dengan berbagai opsi yang tersedia.

Menggunakan tema WordPress, kalian bisa mengubah tampilan website dengan cepat dan mudah. Ada ribuan tema WordPress gratis dan premium yang tersedia, masing-masing dengan fiturnya tersendiri sesuai harga yang ditawarkan. Tema premium biasanya dibanderol seharga sekitar Rp 280.000,- sampai Rp 2.800.000,-/lisensi.

Kalian juga bisa mengunjungi marketplace pihak ketiga, seperti Envato Elements, ThemeForest, dan MOJO Marketplace untuk mendapatkan tema WordPress.

biaya pembuatan website tahun 2022 3

Kalian juga bisa mengustomisasi desain dengan elemen lain, seperti font, ikon, template logo, dan foto stock dari marketplace, seperti TemplateMonster. Estimasi harga untuk setiap elemen desain ini adalah sekitar Rp 280.000,- 

Jika membutuhkan desain kustom, kalian bisa menggunakan jasa desainer profesional dengan range harga sekitar Rp 1.050.000,-/jam. Jika desainnya cukup rumit, harga totalnya bisa mencapai sekitar 70 juta sampai 140 juta.

Solusi agar lebih murah nih, kalian bisa menggunakan jasa freelancer di Fiverr dengan biaya rata-rata sekitar Rp 70.000,- sampai Rp 2.100.000,-/proyek.

Fitur eCommerce

Kalian bisa menambahkan fitur eCommerce website bisnis menggunakan berbagai plugin WordPress. Jika ingin tahu harga pembuatan website toko online di WordPress, sebaiknya kalian cari tahu dulu ya plugin yang akan digunakan.

Berikut ini beberapa opsi yang bisa dipertimbangkan:

  • WooCommerce. Plugin eCommerce gratis dan open-source untuk WordPress serta yang paling populer. Ada ratusan ekstensi yang tersedia, gratis maupun berbayar untuk menambahkan fitur ke website bisnis tanpa coding. Ekstensi berbayar dibanderol dengan harga sekitar Rp 420.000,- sampai Rp 350.000,-/tahun.
  • Ecwid. Paket gratisnya menyediakan fitur dasar yang sudah cukup untuk website bisnis WordPress. Paket berbayar, dengan harga yang dimulai sekitar dari Rp 175.000,-/bulan, menyediakan bantuan khusus dan penjualan multi-channel di media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan marketplace online seperti Amazon dan eBay.
  • Easy Digital Downloads. Bisa digunakan untuk menjual produk digital seperti software, musik, dan eBooks. Plugin dasarnya tersedia gratis dan paket premium seharga sekitar Rp 1.386.000,-/tahun untuk mendapatkan fitur marketing yang lebih canggih.

Plugin dan Add-On

Kalian sudah tahu kan bahwa dengan plugin, kalian bisa menambahkan fitur ke website tanpa coding. Cukup temukan plugin yang diinginkan, instal di website, lalu aktifkan.

biaya pembuatan website tahun 2022 4

Ada lebih dari 58.000 plugin yang tersedia di direktori resmi WordPress untuk berbagai tujuan. Beberapa plugin ini di antaranya termasuk dalam kategori berikut:

  • Komentar – untuk mengelola kolom komentar, melindungi website dari spam, balasan otomatis, dan integrasi media sosial.
  • PDF viewer – untuk menyematkan dokumen PDF ke situs kalian.
  • Bookings – membantu pengunjung seputar reservasi dan janji.
  • Integrasi Instagram – menampilkan feed Instagram di website kalian.
  • Google Analytics – untuk mengintegrasikan Google Analytics guna memantau performa website.
  • Popup – untuk menambahkan popup di halaman website dan menyoroti informasi bagi pengunjung seputar promosi bisnis kalian.

Selain dari direktorinya sendiri, WordPress juga memungkinkan untuk mengunduh dan menginstal plugin dari pihak ketiga. Ingat ya, pastikan sumbernya tepercaya agar tidak menimbulkan masalah keamanan di website kalian.

Beberapa plugin tersedia gratis, dalam paket freemium, atau premium, mulai dari harga sekitar Rp 686.000,- sampai Rp 2.786.000,- /tahun.

Marketing dan SEO

Sebenarnya, WordPress sudah SEO-friendly tapi sebagian besar website perlu fitur tambahan untuk bisa bersaing dalam hal trafik dan penjualan. Untungnya, ada banyak tool yang tersedia untuk membantu menerapkan cara SEO website dan marketing di situs WordPress.

Harga tetap bergantung pada kebutuhan dan kerumitan proyek kalian. Untuk mencari tahu estimasi biaya pembuatan website jika kalianmenggunakan tool ini, tentukan dulu metode kalian, apakah akan mengelolanya sendiri atau menggunakan jasa profesional.

Biasanya, biayanya akan lebih mahal jika menggunakan jasa orang lain, mulai dari Rp 140.000,-/jam untuk freelancer perorangan sampai sekitar Rp 3.500.000,-/jam untuk agensi.

Jika ingin mencoba mengelola sendiri, kalian bisa menggunakan tool, plugin SEO, dan iklan, yang pastinya akan lebih ribet tapi harganya bisa lebih murah. Silakan kalian coba strategi berikut ini untuk marketing website kalian apabila ingin mengelolanya sendiri:

  • SEO. Gunakan tool seperti Ahrefs (mulai sekitar Rp 1.386.000,-/bulan), KWFinder (mulai sekitar Rp 418.600,-/bulan), atau SEMrush (mulai sekitar Rp 1.679.300,-/bulan) untuk menyusun dan memantau strategi SEO kalian. WordPress juga memiliki plugin freemium yang cukup bagus untuk meningkatkan trafik organik, seperti Yoast SEO atau All In One SEO
  • Email marketing. Kirim email untuk menaikkan tingkat retensi dan perolehan pengunjung. Gunakan plugin email marketing, seperti Mailchimp untuk WordPress, Jackmail, atau Newsletter. 
  • Social media marketing. Gunakan media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan LinkedIn untuk mempromosikan bisnis. Kalian bisa menggunakan tool dan plugin integrasi media sosial, seperti Blog2Social, Ultimate Social Media Icons, dan IFTTT.
  • Pemasaran afiliasi. Gunakan metode afiliasi untuk mempromosikan bisnis dengan komisi. Coba program afiliasi in-house atau jaringan afiliasi, seperti LinkConnector atau Fintel Connect. Gunakan plugin affiliate marketing, seperti AffiliateWP (mulai sekitar Rp 2.086.000,-/tahun) atau ThirstyAffiliates (freemium) untuk mengelola link afiliasi. 
  • Iklan Pay-per-click (PPC). Promosikan bisnis dengan Google Ads atau Facebook Ads melalui metode PPC. CPC (cost per click) bervariasi tergantung pada industri atau niche kalian tapi secara umum biaya rata-ratanya dimulai sekitar Rp 37.000,- (Google) hingga Rp 52.000,- (Facebook) per klik.
  • Landing page. Landing page penting untuk menaikkan trafik website dan tingkat konversi. Kalian bisa membuatnya dengan editor halaman atau plugin WordPress, seperti SeedProd (mulai dari Rp 553.000,-/tahun) dan Beaver Builder (freemium).

Pemeliharaan

Eits, kalian tidak boleh melewatkan poin yang satu ini. Untuk memperkirakan biaya pemeliharaan, tentukan apakah kalian akan melakukannya sendiri atau menggunakan jasa.

Jika ingin melakukannya sendiri, WordPress sudah menyertakan sejumlah fitur untuk tugas ini. Kalian bisa mengaturnya agar update software, plugin, and tema berjalan secara otomatis tanpa biaya tambahan.

Selanjutnya, silakan backup rutin juga penting untuk memastikan keamanan website kalian. Untuk poin ini, silakan baca artikel kami tentang cara backup WordPress.

Selain update software dan backup, beberapa webmaster juga melakukan maintenance dengan mengubah password, memperbaiki error 404, menghapus cache, dan memperbaiki broken link.

Jika ingin menggunakan jasa profesional, kalian mesti mempersiapkan dana mulai dari Rp 700.000,- sampai Rp 4.900.000,-/bulan untuk agensi atau sekitar Rp 70.000,-/jam dengan jasa freelancer.

Opsi 2: Menggunakan Website Builder

Website builder memungkinkan membuat website tanpa harus memahami coding. Tool ini biasanya dilengkapi dengan website editor drag-and-drop, yang mana memudahkan penggunaannya bagi pemula. 

biaya pembuatan website tahun 2022 5

Untuk menghitung estimasi biaya pembuatan website, kalian harus memilih platform dan paket hosting terlebih dahulu. Makin banyak fitur yang dibutuhkan, makin mahal pula harga pembuatan website.

Paket untuk website e-commerce dan bisnis biasanya lebih mahal karena mencakup fitur pembayaran online, manajemen pesanan, beberapa bahasa, dan lain-lain.

Salah satu website builder yang cukup terjangkau dengan fitur maksimal adalah Zyro dan kalian akan mendapatkan bantuan pelanggan 24/7, sertifikat SSL gratis, serta domain gratis.

Biaya pembuatan website di Zyro dimulai dari Rp11.800/bulan, sampai Rp198.500/bulan untuk paket e-commerce plus. Paket yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan, baik untuk website toko online maupun bisnis kecil.

Berikut ini keuntungan dan kekurangan membuat website dengan website builder:  

Keuntungan

  • Setup cepat. Anda hanya perlu mendaftar, memilih paket sesuai kebutuhan, lalu mulai membuat website. Tidak perlu membeli plugin atau add-on tambahan.
  • Mudah bagi pemula. Website builder dirancang untuk membantu semua orang membuat website, bahkan bagi pengguna yang sama sekali belum memahami caranya. Editor drag-and-drop di website builder menyediakan opsi kustomisasi yang mudah, sementara antarmukanya yang simpel mempermudah pengelolaan website. 

Kekurangan

  • Kurang fleksibel. Tidak seperti WordPress atau CMS lainnya, Anda tidak bisa menginstal software pihak ketiga dan hanya bisa menggunakan fitur yang ditawarkan.
  • Bisa cukup mahal untuk jangka panjang. Dengan website builder, Anda harus mengeluarkan biaya langganan rutin yang mungkin akan cukup mahal untuk jangka panjang.

Nah, selanjutnya kami akan menguraikan detail harga pembuatan website dengan website builder.

Fitur Utama Website

Semua paket website builder menyertakan web hosting sehingga kalian tak perlu membeli layanan ini seperti saat menggunakan WordPress atau website kustom.

Nama domain default untuk website builder biasanya menyertakan brand penyedianya. Misalnya, di Zyro, defaultnya adalah websiteAnda.zyrosite.com.

Untuk mengubahnya, kalian bisa membeli nama dari website builder atau mendaftarkannya sendiri di platform pihak ketiga lalu mengarahkannya ke situs kalian.

Zyro dan website builder lainnya menawarkan domain gratis selama satu tahun dengan paket mereka. Kalian tetap harus melakukan perpanjangan setiap tahun ya, sama seperti website lainnya.

Kalau dengan WordPress, biaya perpanjangannya bervariasi tergantung ekstensi domain, tapi umumnya berkisar sekitar Rp 140.000,- sampai Rp 170.000,- pertahun. Dengan website builder, kalian tak perlu membeli dan memperpanjang sertifikat SSL. Penyedia akan melakukan tugas ini seperti dengan web hosting.

Desain Website

Bisa dibilang website builder tidak membebankan biaya desain website. Dengan membeli paket apapun, kalian bisa memilih template yang sudah disediakan secara gratis. Misalnya, Zyro memiliki lebih dari 100 template, mulai dari landing page hingga toko e-commerce.

Oia, tidak seperti WordPress ya, kalian tidak bisa menginstal template pihak ketiga. Harga yang ditawarkan sudah mencakup biaya desain website tapi pilihannya terbatas pada template yang tersedia.

biaya pembuatan website tahun 2022 5

Untungnya, Zyro memungkinkan untuk mengkustomisasi desain template untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan brand kalian. Editor drag-and-drop juga sangat memudahkan penggunaan website builder bagi pemula tanpa harus memahami coding untuk bisa berkreasi pada elemen situs.

Fitur eCommerce

Hampir semua website builder menawarkan paket e-commerce khusus yang memungkinkan kalian membuat website untuk bisnis kecil hingga menengah.

Paket ini biasanya mencakup fitur untuk mengelola toko online, seperti opsi pembayaran, manajemen pesanan dan stok, serta pengiriman. Biaya pembuatan website dengan fungsi eCommerce relatif tidak ribet karena sudah termasuk dalam harga.

Paket eCommerce Zyro hanya seharga Rp 108.500,-/bulan, sangat sesuai untuk website bisnis kecil yang memiliki hingga 100 produk. Paket eCommerce Plus dengan harga Rp 198.500,-/bulan, memungkinkan untuk menjual produk unlimited dan mengintegrasikan website ke toko Instagram dan Facebook.

Plugin dan Add-On

Website builder menyediakan lebih sedikit fitur tambahan daripada WordPress. Kalian tidak bisa menginstal add-on pihak ketiga sehingga opsi yang dimiliki terbatas pada fitur-fitur yang ditawarkan saja.

Tenang, karena dengan Zyro, setiap website yang menggunakan paket Unleashed atau lebih tinggi menyertakan 5 integrasi keren:

  • Google Tag Manager – untuk mengelola semua tag dan memantau perilaku pengunjung.
  • Google Analytics – menyediakan informasi mendetail tentang trafik website.
  • Facebook Messenger – kalian bisa mengobrol dengan pengunjung bahkan setelah menutup website.
  • Facebook Pixel – menyediakan informasi mendalam dan tool manajemen untuk iklan Facebook website Anda.
  • Hotjar – memberikan heat map visual website sehingga kalian tahu area mana yang paling banyak menerima interaksi.

Marketing dan SEO

Dalam hal marketing, website builder menyediakan layanan yang benar-benar akan membantu website Anda meraih peringkat tinggi di mesin pencari.

Untuk aspek SEO, ada banyak hal yang akan terpengaruh oleh proses pembuatan website. Nah, untungnya sejumlah website builder sudah sejak awal dioptimalkan untuk mesin pencari. Ada berbagai konfigurasi dan tool bawaan yang akan mendorong performa agar lebih baik dalam hal SEO.

Zyro juga memiliki berbagai tool bawaan untuk memaksimalkan performa SEO, termasuk Google Analytics, Google Tag Manager, dan AI Writer, untuk secara otomatis membuat konten yang menyertakan berbagai keyword potensial untuk SEO.

Selain itu, kalian juga mungkin perlu mempertimbangkan biaya tool pihak ketiga tambahan seperti:

  • Tool SEO premium – Ahrefs (mulai dari Rp 1.386.000,-/bulan), KWFinder (mulai dari Rp 418.600,-/bulan), atau SEMrush (mulai dari Rp 1.679.000,-/bulan).
  • Tool email marketing – untuk menghemat biaya, kalian bisa mencoba platform freemium, seperti Mailchimp (biaya upgrade dimulai dari Rp 139.000,-/bulan) dan Moosend (biaya upgrade mulai dariRp 112.000,-/bulan).
  • Program marketing afiliasi – kalian bisa memulai program afiliasi sendiri atau bergabung dalam jaringan afiliasi. Sebagian besar platform tidak membebankan biaya tambahan untuk bergabung dalam programnya tapi biasanya mengambil komisi.
  • Iklan pay-per-click – Google dan Facebook membebankan biaya sekitar Rp 37.000,- per klik dan sekitar Rp 52.000,- per klik. Bisa juga menggunakan jasa marketer profesional atau SEO expert mulai sekitar Rp 140.000,-/jam (freelancer) hingga sekitar Rp 3.500.000,0/jam (agensi).

Pemeliharaan

Biaya maintenance website sudah termasuk dalam harga pembuatan website. Kalian tidak perlu membayar lagi atau melakukan apapun untuk maintenance situs.

Opsi 3: Menyewa Jasa Web Developer Profesional

Opsi ketiga adalah menyewa jasa web developer. Oia, perlu diingat ya, harga pengembangan website dengan opsi ini biasanya paling mahal. Harga pembuatan website juga bergantung pada personilnya. Biasanya, kalian butuh web designer untuk tampilan website dan web developer untuk coding-nya. 

Namun, ada juga beberapa orang yang bisa melakukan semuanya meski hasilnya tidak terlalu mendetail seperti jika kalian menyewa jasa profesional untuk setiap aspek. Jadi, pastikan kalian menyewa jasa yang tepat sesuai kebutuhan.

Harga jasa yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 110.000,- sampai Rp 250.000,- bergantung kerumitannya. Total biayanya mungkin bisa mencapai puluhan juta.

Kalian bisa menekan biaya ini kok dengan menyewa jasa freelancer di situs seperti Fiverr yang menawarkan harga mulai sekitar Rp 350.000,-/jam.

Berikut ini keuntungan dan kekurangannya: 

Keuntungan

  • Tidak perlu punya skill teknis. Semuanya akan ditangani oleh sang web developer atau desainer.
  • Website kustom dan eksklusif. Opsi yang tepat bagi pemilik bisnis yang menginginkan konsep tertentu dan tidak bisa dibuat menggunakan tema, template, plugin, atau add-on biasa.

Kekurangan

  • Mahal. Biayanya bisa selisih jauh sekali daripada menggunakan WordPress atau website builder.
  • Repot di awal. Susah mencari jasa yang cocok, dan Anda mungkin harus menjelajahi berbagai situs freelance untuk menemukannya.

Di bawah ini sudah ada rangkuman harga pembuatan website kalau kalian menggunakan jasa profesional.

Fitur Utama Website

Beberapa developer mungkin menyertakan layanan web hosting dan pendaftaran nama domain. Namun, sebaiknya cari web hosting dan nama domain sendiri, ya.

Jika kalian membeli sendiri, proses mendapatkan bantuan akan lebih mudah jika ada masalah dengan hosting atau domain situs. Kalian juga bisa mendaftarkannya atas nama kalian, bukan atas nama web developer.

Terakhir, jangan lupakan sertifikat SSL. Biasanya, sertifikat SSL sudah tersedia gratis dengan paket web hosting. 

Desain Website

Kalian harus memastikan dulu website seperti apa yang ingin dibuat. Jika tidak menyewa jasa yang mencakup pengembangan dan desain, kalian harus lebih dulu menyiapkan konsep desain yang matang.

Harga membuat website bisnis kecil dengan sedikit fitur dan desain web sederhana biasanya dimulai dari Rp 420.000 dengan freelancer atau profesional independen. Apabila ingin memakai jasa agensi, biayanya bisa mencapai 1 juta rupiah atau mungkin lebih.

Saran kami, agar bisa menghemat biaya maka kalian bisa mulai membuat konsep dasar lebih dulu di kertas atau software desain (Figma, Bootstrap Studio, atau Google Web Designer). Selanjutnya, buat dokumen yang menjelaskan desain website serta budget kalian. Beritahu mereka terkait tujuan situs kalian serta jumlah halaman dan aplikasi yang diinginkan.

Fitur eCommerce

Ingat, website eCommerce biasanya lebih rumit daripada website biasa. Harga membuat website toko online juga umumnya lebih mahal karena menyertakan fitur opsi pembayaran, pengiriman, tool manajemen stok dan pajak, serta solusi email marketing tambahan.

Umumnya, total biaya bikin website eCommerce kustom berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 100 juta bahkan lebih, bergantung pada skala toko.

Plugin dan Add-On

Apabila web developer kalian membuat website di CMS seperti WordPress, Joomla, atau Drupal, kalian mungkin butuh plugin, add-on, atau ekstensi tambahan untuk memaksimalkannya. Mungkin, pihak developer juga sudah menyertakan semuanya dalam penawaran mereka. Jika tidak, kalian harus membelinya sendiri. 

Marketing dan SEO

Setelah website kalian jadi, sekarang saatnya fokus ke trafik dan konversi, ya. Kalian bisa mencari sendiri strategi marketing dan SEO yang tepat atau menyewa jasa ahli.

Dengan meneliti sendiri, kalian memang bisa menghemat biaya tapi upaya yang perlu dilakukan juga tak sedikit. Mintalah ke web developer untuk menyertakan tool pemasaran dan SEO siap pakai dalam harga yang ditawarkan. 

Pemeliharaan

Kalau web developer tidak menyertakan layanan maintenance, kalian bisa menyewa jasa profesional IT dengan biaya Rp 700.000,- sampai Rp 1 juta perjam. Namun, jika menggunakan jasa developer untuk membuat website menggunakan CMS seperti WordPress, bisa menghemat biaya dengan melakukan maintenance sendiri, lho.

WordPress memudahkan untuk memperbarui software terkaitnya secara otomatis dan ada banyak sekali plugin backup serta keamanan yang tersedia untuk digunakan di situs kalian, baik yang gratis maupun berbayar.

Tips Menghitung Anggaran Website

Jika masih belum yakin, silakan coba tanyakan hal-hal berikut pada diri kalian sendiri:

  • Berapa banyak budget kalian? Kalau punya perusahaan kecil, gunakan website builder atau WordPress. Akan sangat mahal untuk menyewa jasa pembuatan web kustom dan opsi lebih cocok untuk bisnis skala besar.
  • Sejauh mana kalian mau repot? WordPress bisa dibilang paling merepotkan, mulai dari proses pengembangan sampai maintenance-nya. Website builder lebih mudah dan kalian tak perlu ribet dengan pemeliharaannya. 
  • Apakah kalian mau mempelajari teknisnya? Mengoperasikan WordPress dan website kustom mengharuskan kalian memiliki latar belakang teknis. Jika ingin menggunakan jasa, kalian harus mengeluarkan biaya lebih. Dengan website builder, kalian bisa langsung membuat website tanpa harus bisa coding.
  • Lebih suka yang fleksibel kah? WordPress paling cocok jika ingin sepenuhnya menyesuaikan website dengan tema dan plugin. Website builder kurang fleksibel karena kalian hanya bisa menggunakan template dan add-on yang disediakan. Lalu, dengan jasa web developer, Anda bisa merancang konsep sesuai keinginan.

Tips Menghemat Biaya Pengembangan Website

Berikut beberapa tips bermanfaat untuk menghemat biaya pengembangan web:

  • Jangan gunakan jasa profesional, kecuali benar-benar butuh. Coba dulu atasi masalahnya sendiri. Atau, hubungi tim dukungan penyedia hosting. Daripada menggunakan desain khusus, coba gunakan tema atau template premium lalu sesuaikan dengan brand kalian. 
  • Utamakan investasi jangka panjang. Gunakan hosting, tema, dan plugin berkualitas. Jika asal-asalan, biaya yang perlu dikeluarkan di kemudian hari bisa saja lebih mahal.
  • Ingat tujuan utama website kalian, ya. Hindari biaya yang tidak perlu. Ingat tujuan utama kalian membuat website. Prioritaskan budget untuk strategi dan alat yang mampu memenuhi tujuan tersebut. Misalnya, jika punya website toko online, utamakan fitur sistem pembayaran yang mudah dan praktis, bukan desainnya.

Beberapa orang mungkin lebih memilih keluar uang banyak daripada harus repot. Namun, ada yang lebih suka berhemat meski harus melakukan banyak hal. Okay, apapun pilihan kalian, silakan pastikan semuanya bisa memenuhi kebutuhan kalian dan nyaman juga untuk digunakan, ya.

Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment