Apa Itu SSL/TLS dan Jenisnya

Apa Itu SSL/TLS dan Jenisnya

Sharing is caring!

Kemungkinan besar Anda tidak mengetahui perbedaan antara SSL (Secure Sockets Layers) dan TLS (Transport Layer Security) kecuali Anda bekerja dengannya secara teratur. Selain itu, industri ini tidak banyak membantu Anda dengan menyebut TLS sebagai SSL. Yuk baca Apa Itu SSL/TLS dan Jenisnya

Apa Itu SSL?

SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer dan mengacu pada protokol untuk mengenkripsi dan mengamankan komunikasi yang terjadi di Internet. Meskipun SSL telah diganti dengan protokol yang diperbarui yang disebut TLS (Transport Layer Security), SSL masih merupakan istilah yang umum digunakan untuk teknologi ini.

Kasus penggunaan utama untuk SSL/TLS adalah mengamankan komunikasi antara klien dan server namun juga dapat mengamankan email, VoIP, dan komunikasi lainnya melalui jaringan yang tidak aman.

Apa Itu Sertifikat SSL?

Sertifikat SSL adalah file yang diinstal di server asal situs. Ini hanyalah data file yang berisi public key dan identitas pemilik situs, bersama dengan informasi lainnya. Tanpa sertifikat SSL, traffic situs tidak dapat dienkripsi dengan TLS.

Secara teknis, setiap pemilik situs dapat membuat sertifikat SSL mereka sendiri dan sertifikat semacam itu disebut sertifikat yang ditandatangani sendiri. Namun, browser tidak menganggap sertifikat yang ditandatangani sendiri dapat dipercaya seperti sertifikat SSL yang dikeluarkan oleh otoritas sertifikat.

Jenis Sertifikat SSL/TLS

Sertifikat Extended Validation (EV) dan Organization Validated (OV) banyak digunakan oleh organisasi yang ingin menyediakan teknologi enkripsi dan jaminan identitas yang kuat kepada pelanggan online mereka.

Enkripsi memastikan bahwa data pelanggan seperti informasi kartu kredit dan password tidak dapat dicuri saat dikirimkan. Jaminan identitas memberi pengunjung situs kemampuan untuk mengidentifikasi bahwa situs yang mereka buka adalah sah.

Jumlah pemeriksaan verifikasi di balik berbagai jenis sertifikat tercermin dalam variasi harga. Peningkatan pemeriksaan, terutama untuk sertifikat EV dan OV inilah yang membuat sertifikat jaminan tinggi ini lebih mahal.

Sertifikat Extended Validation (EV)

Sertifikat EV lebih disukai oleh sebagian besar pengguna online karena dilengkapi dengan pemeriksaan verifikasi paling komprehensif, yang mencakup verifikasi domain serta crosschecks yang mengikat entitas ke lokasi fisik tertentu.

Jenis verifikasi ini meninggalkan jejak kertas terperinci yang memberi pelanggan jalan lain jika penipuan terjadi saat bertransaksi di situs tersebut. Sertifikat EV dibedakan dengan gembok yang terkunci (locked padlock), nama organisasi, dan terkadang ID negara di web address bar di sebagian besar browser utama.

Sertifikat Organization Validated (OV)

Untuk sertifikat OV, selain kepemilikan domain, organisasi divalidasi dan detail sertifikat dapat dilihat di sebagian besar browser web utama. Hal tersebut memberikan kesempatan kepada pengguna online untuk menentukan apakah situs yang mereka buka sah atau tidak.

Sertifikat Domain Validated (DV)

Situs yang diamankan dengan sertifikat DV hanya menawarkan gembok terkunci (locked padlock) di address bar tetapi tidak menampilkan detail organisasi karena tidak ada. Sertifikat ini hanya memvalidasi kepemilikan domain, dapat diperoleh secara anonim, dan tidak mengikat domain ke seseorang, tempat atau entitas. Karena alasan inilah banyak situs yang menggunakan sertifikat DV ditautkan ke aktivitas penipuan.

Wildcard SSL

Wildcard SSL juga digunakan untuk mengamankan website dari cyber crime yang dilakukan oleh orang- orang yang tidak bertanggung jawab. Sesuai dengan namanya, sertifikat SSL ini mengandung karakter wildcard (bintang) pada domain. Hal itu berarti bahwa Wildcard SSL bertugas untuk mengamankan beberapa nama subdomain (host) yang berkaitan dengan domain utama.

Wildcard SSL memang banyak macamnya. Hampir semua vendor SSL mengeluarkan produk Wildcard SSL. Di Jetorbit terdapat 3 jenis Wildcard SSL yang bisa kalian pilih, yakni Essential Wildcard SSL, Positive SSL Wildcard Certificate, dan OV Premium SSL Wildcard Certificate. Silakan kalian pilih sesuai kebutuhan kalian, ya.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.8 / 5. Jumlah rate 4

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu SSL/TLS dan Jenisnya
Artikel
Apa Itu SSL/TLS dan Jenisnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Industri ini tidak banyak membantu Anda dengan menyebut TLS sebagai SSL. Yuk baca selengkapnya Apa Itu SSL/TLS dan Jenisnya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like