Ketahui Apa Itu Website Builder, Kelebihan, dan Contohnya

Ketahui Apa Itu Website Builder, Kelebihan, dan Contohnya

Okay, kali ini akan disampaikan terkait apa itu website builder, kelebihan dan kekurangan website builder, trus perbedaan web builder dengan CMS, lalu rekomendasi software web builder spesial bagi kalian. Tanpa mengulur waktu, simak yuk Ketahui Apa Itu Website Builder, Kelebihan, dan Contohnya

Apa Itu Website Builder?

Website builder adalah platform atau software yang memungkinkan untuk membuat website melalui template siap pakai.

Tahukah kalian bahwa cara menggunakan website builder ternyata mirip seperti membuat slide untuk presentasi. Menggunakan metode drag and drop, kalian tinggal melakukan kustomisasi layout, warna, hingga font dengan template yang sudah tersedia.

Website builder merupakan solusi pembuatan website secara instan yang cocok loh bagi pemula. Hanya dalam hitungan menit saja kalian bisa menyelesaikan halaman web dengan beberapa klik dan menambahkan konten yang dibutuhkan.

Kelebihan Website Builder

Berikut ini beberapa kelebihan dari website builder:

1. Mudah Digunakan

Perlu diketahui ya bahwa semua fiturjalanan dirancang agar mudah dipelajari oleh pemula yang tak memiliki keterampilan teknis.

Nah, kalian dapat memiliki situs sendiri setelah melakukan beberapa perubahan terhadap template.

Hasil akhir? Ya tentunya menarik dongs ya dari segi tampilan sekaligus fungsional alias bisa digunakan secara penuh.

2. Tersedia Template Website

Santut, tersedia template atau tema untuk berbagai jenis website, loh. Tentu hal ini cukup membantu bagi yang kurang lihai dalam mendesain website. 

Why? Sebab, tak perlu merancang layout halaman dari awal. Kalian pilih saja satu template yang cocok dengan keinginan lalu ubah agar tampilan situs lebih personal.

3. Hemat Biaya

FYI, biaya yang dikeluarkan untuk membuat website juga lebih hemat loh dengan web builder. Dalam beberapa kasus, aplikasi website builder bisa dimanfaatkan secara gratis!

Oia, bisa jadi justru akan dibebankan biaya tambahan untuk dapat menggunakan fitur-fitur premium maupun menambahkan fungsi-fungsi tertentu ke dalam website.

4. Hemat Waktu

Anyway, membangun website menggunakan website builder terbukti menghemat waktu. 

Sebab, aplikasi web builder kan menyediakan beragam fungsi siap pakai untuk dimanfaatkan. Sehingga, hanya dalam hitungan jam bahkan menit, website impian kalian sudah selesai.

5. Hasil Akhir Responsive

Kalian bisa memastikan bahwa hasil akhir web akan responsive dengan menggunakan website builder. Responsive di sini adalah tampilan website dapat menyesuaikan diri terhadap perangkat mobile.

Software web builder modern biasanya sin menawarkan opsi untuk mengoptimalkan website. Tujuannya agar tampilan dan fitur-fiturnya dapat diakses dengan baik melalui smartphone maupun tablet.

Kelemahan Website Builder

Nah, berikut ini kelemahan yang dimiliki website builder:

1. Keterbatasan Kustomisasi

Kustomisasi masih terbatas? Yups, benar sekali. Meski menyediakan beragam template siap pakai dan fitur pendukung namun opsi tampilan dan fungsi yang disediakan template tersebut kurang fleksibel.

2. Kontrol Minim

Wah, kalian tidak mendapat kontrol penuh terhadap website, nih. Hal ini disebabkan setiap aplikasi web builder memiliki aturan dan batasan penggunaan tertentu.

Sederhananya, kalian tak bisa menambahkan fitur baru ke dalam website melalui bantuan plugin atau layanan pihak ketiga.

3. Ketergantungan Layanan

Kekurangan berikutnya adalah ketergantungan penuh terhadap layanan atau platform page builder tersebut.

Khawatirnya adalah seandainya website builder yang bersangkutan menghentikan layanannya. Ya sudah deh, otomatis website tidak bisa diakses dan terpaksa harus dipindahkan ke layanan lain.

4. Performa Lambat

Beberapa website builder sering memiliki file besar karena template dan fungsi yang disediakan. Ya meski tak selalu namun hal ini berpotensi mempengaruhi performa situs.

5. Keterbatasan Pengembangan

Ketika website mulai berkembang dan butuh fitur tambahan, keterbatasan web builder mungkin menyulitkan kalian untuk mengembangkan website agar menjadi lebih kompleks.

Artinya, kalian harus memilih penyedia website builder terbaik yang ada tawaran fitur sesuai kebutuhan dan punya performa server yang mumpuni.

Contoh Website Builder untuk Dicoba

Tertarik membuat website dengan web builder? Yuk cobain rekomendasi website builder di bawah ini:

1. Wix

Wix adalah layanan web builder populer yang bisa dipertimbangkan. Oia, Wix menawarkan ratusan template website serta beragam fitur yang mudah digunakan.

apa itu website builder

Kalian bisa mengatur layout website, menambahkan elemen seperti gambar dan video, serta memilih warna tema yang sesuai dengan branding situs.

2. Weebly

Tahukah kalian, Weebly itu platform web builder terbaik yang sudah dipercaya lebih dari 40 juta pengguna? Weebly juga menyediakan berbagai template dan elemen halaman yang bisa diatur secara drag and drop.

apa itu website builder

Hal ini tentu membuat Weebly dapat dimanfaatkan untuk membangun website toko online, blog, bahkan landing page.

Sudah Paham tentang Apa Itu Website Builder, kan?

Jadi, bisa disimpulkan bahwa website builder adalah tool atau aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membangun seluruh bagian website tanpa coding.

Apapun website builder yang dipilih, pastikan pilih layanan web hosting yang teruji kualitasnya ya, seperti Jetorbit.

Gunakan unlimited hosting untuk keperluan bisnis, pribadi maupun organisasi. Unlimited hosting terbaik dari Jetorbit dengan didukung teknologi terbaru dengan server terbaik, data center kelas internasional tier 3, backup data terjamin hingga uptime rata-rata hingga 99,9%.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like