cpu-socket

Upgrade CPU di komputer kantor sangat masuk akal mengingat bahwa sementara teknologi CPU telah maju. Upgrade menimbulkan tantangan karena mikroprosesor tersedia dalam berbagai ukuran dan konfigurasi casing, membutuhkan socket yang berbeda. Yuk baca Apa Saja Jenis CPU Socket Yang Anda Ketahui?

Jika socket motherboard komputer Anda tidak dapat menerima faktor bentuk CPU baru, Anda tidak dapat menggunakannya.

Socket ZIF

Sebagian besar prosesor saat ini menggunakan socket khusus yang dirancang untuk memungkinkan Anda memasukkan chip saat menggunakan “zero insertion force.” Alih-alih memiliki konektor yang pas seperti pada socket chip memori atau slot untuk kartu PCI, socket ini memungkinkan Anda menjatuhkan chip CPU secara praktis. Setelah terpasang, Anda memutar tuas yang mengunci CPU pada tempatnya. Untuk melepaskan chip, Anda cukup memutar tuas ke arah lain dan mengangkatnya keluar.

Ball atau Pin

Socket CPU terdiri dari dua tipe utama, yakni ball-grid array dan pin-grid array. Socket PGA terlihat seperti kotak-kotak dengan banyak kotak. Mereka dirancang untuk memegang chip CPU dengan pin yang menjulur keluar dari dasarnya. BGA dan socket susunan grid, yang biasanya digunakan pada komputer notebook dan aplikasi pengujian, dirancang untuk menerima chip CPU yang tidak memiliki pin.

Nomor Pin dan Pengaturan

Socket berbeda dalam jumlah pin CPU yang dapat mereka pegang. Chip CPU modern mentransfer 32 atau 64 bit data milyaran kali perdetik ke memori komputer, sistem grafis, penyimpanan, dan sistem lainnya, yang membutuhkan ratusan atau ribuan koneksi fisik untuk mendukung transfer.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki prosesor 1155-pin, Anda memerlukan socket 1155-pin. Sebagian besar kasus, Anda tidak dapat memasukkan chip CPU dengan pin yang lebih sedikit ke dalam socket dengan lebih banyak pin karena pin yang dimiliki CPU tidak akan sejajar dengan socket fisik atau dengan kabel internal.

Intel dan Socket AMD

Dua pembuat chip CPU utama, Intel dan Advanced Micro Devices, menggunakan socket yang berbeda dan tidak kompatibel. Socket Intel biasanya dinamai dengan jumlah pin yang mereka miliki sehingga komputer dengan koneksi CPU Socket 2011 memegang CPU 2011-pin. Socket AMD biasanya diberi nomor urut, dengan socket AM- dan FM-family keduanya tersedia. Server CPU dan mobile CPU dari kedua produsen juga sering menggunakan socket berbeda dari prosesor desktop.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment