komponen-cpu-komputer

Sebuah CPU pasti dimiliki oleh setiap komputer untuk menjalankan kinerja suatu komputer tersebut. Tanpa CPU, sebuah komputer tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kalau gitu, kita ketahui bersama yuk komponen CPU itu apa saja termasuk fungsinya masing-masing. Okay, baca sampai selesai ya Komponen-Komponen CPU Komputer dan Fungsinya

Pengertian CPU

CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat hardware yang berfungsi sebagai pemroses data utama dalam sebuah komputer. CPU dapat disebut sebagai otak komputer karena CPU mengatur semua aktivitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya.

Apapun itu yang berkaitan dengan proses di dalam komputer, akan selalu diatur oleh CPU. Dengan demikian, tanpa adanya CPU dalam komputer maka komputer tidak akan bisa melakukan apapun atau komputer tidak dapat menjalankan programnya.

CPU secara teknis juga lebih sering disebut sebagai prosesor. Oleh karena itu, saat membaca dan mengenali spesifikasi suatu prosesor maka kalian sama saja sedang membaca spesifikasi CPU suatu perangkat.

Fungsi CPU

Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang diberikan melalui beberapa hardware. CPU terbilang kompleks dalam melakukan pemrosesan dari instruksi-instruksi yang diberikan. Instruksi-instruksi tersebut lalu disimpan terlebih dahulu pada RAM kemudian setiap instruksi akan diberi suatu alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data di RAM dengan menentukan alamat data yang dipilih.

Komponen CPU Komputer

Komponen-komponen CPU komputer beserta fungsinya dapat dipaparkan sebagai berikut:

1. Casing CPU

komponen-cpu-komputer-1

Casing CPU biasanya terbuat dari plastik. Beberapa casing juga terbuat dari besi, stainless, dan sebagainya. Casing ini berguna untuk melindungi berbagai komponen-komponen yang terdapat dalam CPU agar lebih terlindungi dari debu, panas, air, atau hal-hal lain yang dikhawatirkan akan mengganggu kinerja CPU itu sendiri.

Selain itu, juga berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan dan memasang berbagai komponen, seperti motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain-lain.

2. Motherboard

komponen-cpu-komputer-2

Motherboard ini merupakan sebuah tempat berbagai komponen elektronik serta komputer lainnya dipasang dan tentunya bisa terhubung satu dengan yang lain. Komponen-komponen yang menjadi bagian inti dalam motherboard adalah processor, sound card, video card, hard disk, dan lain-lain.

Motherboard juga berfungsi sebagai media penghubung untuk setiap komponen komputer agar dapat saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya.

Selain itu, setiap motherboard memiliki acuan spesifikasi yang berbeda-beda, seperti spesifikasi processor seperti apa yang dapat didukung oleh suatu motherboard, seberapa besar kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

3. Processor

komponen-cpu-komputer-3

Processor adalah salah satu komponen inti karena jika tidak ada processor, kemungkinan perangkat komputer tidak dapat bekerja sama sekali. Oleh karena itu, banyak yang bilang bahwa processor adalah otak dari komputer. Semua proses maupun perintah akan dikerjakan pada processor meskipun masih perlu bantuan komponen-komponen lainnya. Semakin tinggi kecepatan suatu processor maka semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data.

4. Kipas Processor

komponen-cpu-komputer-4

Kipas processor berfungsi sebagai pendingin dan menjaga agar suhu processor tetap dingin dan stabil. Hal ini bertujuan agar perangkat processor komputer tidak cepat overhead maupun rusak.

5. RAM

komponen-cpu-komputer-5

RAM (Random Access Memory) juga memiliki kedudukan yang penting bagi perangkat komputer. Sebab komponen yang satu ini bekerja sebagai tempat untuk menampung data sementara yang telah diproses processor sebelum dilanjutkan ke komponen-komponen lain.

RAM juga dapat diganti dengan ukuran kapasitas yang lebih besar atau kecil namun hal ini tentunya harus sesuai dengan kapasitas maksimal RAM yang terdukung di motherboard kalian. Satuan RAM biasanya menggunakan perhitungan byte dan kapasitas RAM yang beredar di pasaran biasanya berkapasitas 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, dan lain-lain.

Jenis memori yang masih diproduksi saat ini adalah :

  • DDR-1
  • DDR-2
  • DDR-3

6. Hardisk (HDD)

komponen-cpu-komputer-6

Hardisk berfungsi untuk menyimpan berbagai data dan berbagai sistem operasi dari suatu perangkat komputer itu sendiri. Hardisk biasanya menggunakan perhitungan byte. Semakin besar kapasitas hardisk maka semakin banyak pula data-data konvensional yang dapat disimpan.

Ukuran kapasitas hardisk yang beredar di pasaran biasanya bervariasi, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 TB, hingga 3 TB.

7. CD/DVD ROM

komponen-cpu-komputer-7

CD/DVD ROM atau optical disk drive ini adalah piranti yang dapat digunakan untuk menulis dan membaca kaset atau kepingan CD/DVD. Selain itu, CD/DVD ROM juga dapat digunakan untuk mem-burning atau meng-copy CD dengan menggunakan berbagai software.

Sedangkan format yang termasuk ke dalam CD/DVD ROM adalah CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.

8. VGA CARD (Video Graphic Adapter)

komponen-cpu-komputer-8

VGA (Video Graphic Adapter) merupakan salah satu komponen sangat penting untuk sebuah perangkat komputer. Hal ini dikarenakan VGA berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor. Tanpa VGA, maka layar komputer bisa dipastikan tidak menampilkan apapun.

Selain hal itu, VGA juga sangat penting untuk menentukan kualitas gambar yang ditampilan pada monitor komputer.

9. Sound Card

komponen-cpu-komputer-9

Piranti yang satu ini lebih berfungsi sebagai pengolah audio untuk perangkat komputer. Sound card juga berfungsi sebagai prosesor audio, yang mana dapat mengubah sinyal analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu lalu menghasilkan audio atau suara pada sistem komputer.

Sound Card juga berfungsi untuk mengontrol semua audio yang terdapat pada perangkat komputer. 

10. Power Supply

komponen-cpu-komputer-10

Power supply berfungsi sebagai pembagi daya (sumber arus listrik) pada setiap komponen-komponen komputer. Selain itu, Power supply juga berfungsi mengubah tegangan DC menjadi AC sebelum dialirkan ke setiap komponen-komponen komputer itu sendiri.

Okay Guys, jadi itulah 10 komponen-komponen CPU yang perlu kalian ketahui. Nah, jadi kalau ada anak kecil atau anak sekolah yang nanya ke kalian, tentu kalian bisa kasih tahu mereka dong ya apa saja komponen CPU komputer lengkap dengan fungsinya 🙂

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.2 / 5. Jumlah rate 130

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment