6 Cara Mempersonalisasi Perjalanan Pelanggan eCommerce untuk Returns yang Lebih Baik

Sharing is caring!

Kalau kalian memiliki tujuan ingin meningkatkan pengalaman pelanggan kalian, lalu membina hubungan baik dengan mereka, membuat personalisasi perjalanan pembeli menjadi salah satu cara terbaik.  Mari kita ketahui bersama cara mempersonalisasinya dengan baca 6 Cara Mempersonalisasi Perjalanan Pelanggan eCommerce untuk Returns yang Lebih Baik

Apa Itu Personalisasi eCommerce?

Personalisasi sangatlah penting untuk strategi pemasaran eCommerce yang sukses. Maksudnya adalah seni menyampaikan pengalaman berbelanja yang diperuntukkan bagi individu, berdasarkan perilaku mereka serta informasi yang telah mereka berikan kepada kalian sebagai pemilik eCommerce.

Semakin pelanggan dipersonalisasi maka semakin mereka terlibat dengan bisnis kalian dan semakin mereka terlibat dengan bisnis kalian maka semakin banyak informasi yang harus kalian sesuaikan lebih banyak lagi. Hasilnya apa? Pengalaman interaktif dengan pengguna kalian yang dapat meningkatkan kepuasan mereka dan mendorong hasil yang kalian inginkan.

Selain itu, dengan memberikan konten yang sangat relevan, kalian juga dapat menghindari pemborosan waktu dan uang untuk materi pemasaran yang tidak mereka minati.

Cara Mempersonalisasi Perjalanan eCommerce Pelanggan

Mari kita lihat berbagai cara berikut ini untuk membuat perjalanan pelanggan individual untuk pengguna kalian. Ingatlah bahwa meskipun personalisasi dapat menghasilkan hasil yang signifikan dalam kepuasan pelanggan dan konversi namun hal itu tetap membutuhkan sumber daya.

1. Buatlah homepage pribadi

Jenis personalisasi ini cocok untuk pengguna yang sudah ada. Saat pelanggan masuk ke akun mereka, kalian bisa mengirimkan welcome pages yang menyoroti penawaran dan item yang paling menarik bagi individu tersebut.

Penawaran di homepage untuk pelanggan dapat mencakup hal-hal, seperti promosi yang sesuai dengan waktu atau saran berdasarkan pembelian sebelumnya. Hal ini dapat membantu mendorong pelanggan untuk berpindah melalui sales funnel eCommerce kalian, yang menggambarkan proses yang dilakukan oleh seseorang untuk beralih dari pelanggan potensial menjadi pelanggan setia.

2. Menampilkan item yang baru dilihat

Pengguna dapat menjelajahi situs eCommerce kalian beberapa kali sebelum memasukkan item yang diminati ke cart mereka. Mengizinkan mereka untuk melihat item yang telah mereka klik, akan memberikan dorongan agar melanjutkan penjelajahan mereka.

mempersonalisasi-pelanggan-ecommerce-1

Kalian dapat melangkah lebih jauh dan membuat penawaran pada produk yang baru dilihat ini. Hal ini dapat membuat perbedaan antara pelanggan yang berkomitmen pada suatu produk atau justru meninggalkannya.

Item yang baru dilihat dapat ditemukan di homepage atau landing page yang ditautkan dari email pemasaran. Namun, mereka juga dapat ditempatkan di bagian bawah semua halaman di toko eCommerce kalian. Ini memungkinkan pelanggan untuk melacak semua item yang cukup mereka minati untuk diklik.

3. Sajikan offerings kalian ke lokasi

Jika kalian memiliki bisnis dengan jangkauan yang luas atau pasar internasional, silahkan pertimbangkan untuk mempersonalisasi feed eCommerce kalian berdasarkan lokasi, seperti dengan menampilkan item dalam mata uang dan bahasa lokal.

Personalisasi ini juga bisa diarahkan secara regional. Misalnya, kalau kalian menjalankan toko pakaian online, kalian akan memiliki barang yang berbeda berdasarkan model dan warna. 

4. Kembangkan campaign khusus berdasarkan perilaku pengguna

Jenis personalisasi ini membutuhkan pengumpulan data tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs kalian. Dengan menggunakan data tersebut, kalian dapat menggunakan segmentasi perilaku untuk membuat campaign khusus untuk grup tertentu dalam basis pelanggan kalian.

Kalian dapat menggunakan strategi ini untuk menargetkan pelanggan lama dan baru. Misalnya, kalian dapat menawarkan insentif kepada pengunjung yang baru pertama kali untuk mendaftar ke daftar email atau program loyalitas. Jika pelanggan yang sudah ada baru-baru ini menerima item dari perusahaan kalian, kalian dapat meminta mereka untuk memberikan review.

mempersonalisasi-pelanggan-ecommerce-2

Saat pelanggan berinteraksi dengan situs kalian selama jangka waktu tertentu, kalian dapat menawarkan penawaran yang lebih dipersonalisasi berdasarkan minat mereka. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mengembangkan campaign yang dipersonalisasi adalah:

  • Apa yang diklik pengguna?
  • Halaman apa yang sering mereka kunjungi?
  • Apa yang ada di cart mereka atau di daftar keinginan mereka?
  • Kategori produk apa yang mereka minati secara khusus?
  • Sudah berapa lama sejak pembelian terakhir mereka?

5. Personalisasikan email kalian

Sekarang ini, ada sekitar 3,9 miliar pengguna email setiap hari. Hal itu tentunya memberi peluang bagus bagi bisnis untuk terhubung dengan audiens mereka tapi dengan begitu banyak pengguna maka muncul persaingan yang tinggi. Jadi, bagaimana kalian bisa menonjol di kotak masuk pelanggan kalian? Personalisasi.

Jika pelanggan memilih untuk menerima email pemasaran, kalian dapat menggunakan data perilaku mereka untuk mengirimkan penawaran dan informasi yang ditargetkan pada minat mereka. Mereka akan lebih cenderung mengklik tautan kalian. Pastikan untuk menyertakan personalisasi di judul email kalian agar mereka mau membuka email terlebih dahulu!

6. Buatlah rekomendasi produk

Jika toko online kalian memiliki banyak produk, pelanggan mungkin kehilangan minat sebelum mereka menemukan produk yang mereka sukai. Rekomendasi yang dipersonalisasi inilah yang berfungsi sebagai panduan bagi pelanggan kalian dalam situs kalian.

Kalian bisa membuat rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan cart yang ditinggalkan atau pada halaman yang telah dikunjungi pengguna. Semakin banyak data yang kalian dapatkan tentang pengguna tersebut maka semakin baik rekomendasi yang dapat kalian berikan kepada mereka.

mempersonalisasi-pelanggan-ecommerce-3

Nah, itulah 6 cara mempersonalisasi perjalanan pelanggan eCommerce yang bisa kalian praktikkan. Jika kalian di posisi pelanggan lalu diperlakukan secara personalisasi, tentunya kalian akan merasa diperhatikan dan merasa spesial. Oleh karena itu, jadikan pelanggan kalian sebagai orang spesial karena waktu dan kesempatan tidak terulang begitu saja.

Good luck, Guys!

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
6 Cara Mempersonalisasi Perjalanan Pelanggan eCommerce untuk Returns yang Lebih Baik
Artikel
6 Cara Mempersonalisasi Perjalanan Pelanggan eCommerce untuk Returns yang Lebih Baik
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Mari kita ketahui cara mempersonalisasi dengan baca 6 Cara Mempersonalisasi Perjalanan Pelanggan eCommerce untuk Returns yang Lebih Baik
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment