Apa Itu Processor, Fungsi, dan Bagiannya

Sharing is caring!

Kalian sering mendengar atau pernah mendengar istilah processor? Atau bahkan sudah memahami tentang makna kata processor itu sendiri? Tenang, kami akan membantu kalian untuk mengetahui terkait processor. Okay, yuk baca Apa Itu Processor, Fungsi, dan Bagiannya

Apa Itu Processor?

Processor adalah salah satu komponen penting komputer yang berfungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem yang ada pada komputer. Processor juga bisa disebut sebagai otak dari komputer. 

Di dalam sebuah komputer, processor layaknya sebuah mesin yang mana kinerjanya harus dibantu oleh komponen-komponen lain, seperti mainboard, memory, dan lain-lain.

Processor biasanya terletak di motherboard dan diletakan pada socket yang telah disediakan. Uniknya, processor sebuah komputer ternyata bisa diganti lho dengan jenis lain tapi processor penggantinya harus sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Apabila tidak sesuai, processor tidak akan terhubung dengan komputer bahkan tidak bisa terpasang di socket motherboard.

Semakin tinggi kecepatan processor maka semakin tinggi dan juga semakin cepat kinerja suatu komputer. Namun, perlu digaris bawahi bahwa kecepatan tersebut dipengaruhi oleh jenis dan kapasitas dari processor itu sendiri.

Apa Fungsi Processor?

Fungsi dari hardware satu ini adalah untuk memproses data. Jadi processor akan mengelola sebuah data yang masuk melewati bagian input lalu data akan diproses yang akhirnya menghasilkan data keluaran yang lewat melalui output.

processor tidak dapat bekerja sendirian tanpa bantuan dari komponen lain yang setidaknya memiliki kecepatan sama atau dapat mengimbangi processor itu sendiri. Salah satu pendukung yang dibutuhkan processor adalah RAM.

Bagian-Bagian Processor

Processor memiliki bagian masing-masing yang membuatnya bisa menghindari terjadinya stack data dalam operasi komputer. Selain itu, juga menggunakan rumus perhitungan yang sangat kompleks dan akurat.

Jika ada bagian pada processor yang bermasalah maka processor akan mengalami kendala bahkan berhenti bekerja.

Tiga bagian penting dari processor adalah:

  • Aritmatik Logical Unit atau ALU adalah bagian processor yang bertugas melakukan penghitungan aritmatikan yang berjalan sesuai instruksi kode program. ALU terletak pada bagian dalam processor.
  • Control Unit atau CU, memiliki peran untuk mengendalikan proses pada processor. Mengurus kegiatan input dan output merupakan tugasnya.
  • Memory Unit atau MU adalah bagian processor yang bisa juga disebut chace, yang mana menjadi penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan yang tinggi.

Kecepatan Kerja processor

Kecepatan kerja processor mampu mencapai 400 GHz atau 400 Gigahertz, artinya mampu menjalankan sebanyak 4000 miliar perintah dalam sekali proses atau sekali bekerja. Kemampuan inilah yang harus diperhatikan jika ingin merakit PC.

Itulah sekelumit yang bisa kami sampaikan. Untuk memilih processor, saat ini brand yang banyak memproduksi processor baru dan canggih adalah Intel dan AMD. Bagi para gamers, untuk membuat rakitan PC opsional dan masih bingung processor apa yang cocok, cobalah agar teliti dalam memahami spesifikasi pada sebuah produk processor.

Semoga bermanfaat ya 🙂

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Processor, Fungsi, dan Bagiannya
Artikel
Apa Itu Processor, Fungsi, dan Bagiannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Tenang, kami akan membantu kalian untuk mengetahui terkait processor. Okay, yuk baca Apa Itu Processor, Fungsi, dan Bagiannya di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment