Ada yang masih kirim email ke daftar kontak pelanggan secara satu persatu? Hmmm, sepertinya sudah paham semua ya bahwa ada cara praktis untuk melakukan hal tersebut yakni dengan menggunakan email blast. Bentar deh, bisa jadi ada yang belum paham tentang email blast ini. Tenang, tak usah khawatir. Kalian hanya perlu menyimak sampai kelar artikel Apa Itu Email Blast, Manfaat, dan Cara Membuatnya 

Apa Itu Email Blast?

Email blast adalah sebuah strategi mengirim email ke banyak kontak sekaligus secara bersamaan. 

Ternyata, semakin ke sini strategi ini tidak hanya digunakan untuk pekerjaan saja loh tetapi juga untuk kebutuhan marketing. Jadi, para pemilik bisnis mengumpulkan alamat email pelanggan lalu mengirimi email blast berisi informasi kode voucher, katalog, diskon, dan informasi lainnya.

Target market kalian berada pada usia 20-35 tahun, kah? Jika iya maka teknik email marketing satu ini merupakan solusi terbaik sebab mereka rutin membuka email.

Manfaat Email Blast

Berikut ini beberapa manfaat email blast bagi bisnis:

  1. Biaya yang dikeluarkan lebih sedikit

Teknik mengirimkan email ini menjadi salah satu strategi yang lebih hemat biaya dibandingkan dengan campaign marketing lainnya yang dimuat pada media cetak. Hanya membutuhkan seorang copywriter dan graphic designer saja. Selain itu, email blast juga sangat menghemat waktu.

  1. Dapat menjangkau lebih banyak orang

Email blast sangat memungkinkan untuk mencapai target audiens yang lebih luas. Sebab, kalian dapat mengirim pesan ke ratusan bahkan ribuan daftar kontak dalam sekejap. Tindakan tersebut tentu juga mencakup berbagai segmen pelanggan atau prospek yang berbeda sehingga memperluas potensi pengaruh pemasaran dan penjualan.

  1. Meningkatkan traffic bisnis tersebut

Sangat mungkin bagi bisnis untuk memperoleh peningkatan jumlah traffic ke website atau platform e-commerce dengan mengirim email kepada pelanggan. 

Bisa juga disertakan CTA (Call-to-Action) atau tautan pada gambar di email kalian. Dengan cara ini, pelanggan akan lebih mudah mengakses website atau e-commerce milik kalian. 

  1. Pesan yang disampaikan akan lebih tepat sasaran

Manfaat berikutnya adalah email yang dikirimkan dapat lebih terfokus dan sesuai dengan audiens yang dituju. Kalian hanya perlu mengirim email ke pelanggan yang menunjukkan minat terhadap produk kalian sebelumnya. 

  1. Bisa mendapatkan feedback dari pelanggan

FYI, penggunaan email blast memungkinkan untuk mengumpulkan feedback dari pelanggan.

Misal nih, di email yang kalian kirimkan ada permintaan ke pelanggan untuk mengisi survei kepuasan. Melalui cara tersebut bisa memahami apa yang berjalan dengan baik dan kurang baik pada bisnis. Silakan gunakan masukan ini untuk meningkatkan kualitas produk, layanan, dan experience pelanggan sehingga mereka akan lebih puas dengan apa yang bisnis kalian tawarkan.

Cara Membuat Email Blast yang Efektif

Okay, poin selanjutnya adalah bagaimana cara membuat email marketing yang efektif sehingga mampu memberi hasil yang optimal.

  1. Pilih aplikasi email blast yang akan digunakan

Gunakan aplikasi email blast untuk memudahkan pengiriman email. Pastikan aplikasi tersebut menyediakan fitur yang lengkap ya, seperti pelacakan email, otomatisasi, dan kemampuan untuk mengelola daftar pelanggan dengan baik. 

Baca juga: Apa Itu Email Blast dan Platform Email Blast yang Bisa Digunakan 

  1. Buat daftar email yang dituju

Langkah selanjutnya adalah membuat daftar email yang akan dituju. Pastikan daftar ini berisi kontak yang sah dan juga sudah memberi izin untuk menerima email dari bisnis kalian, ya.

Oia, silakan ditambahkan data yang dibutuhkan, seperti usia, gender, lokasi, dan informasi demografis lainnya. Informasi ini nantinya dapat membentuk sebuah database yang bermanfaat untuk email blast sekaligus untuk kebutuhan marketing lainnya.

  1. Lakukan segmentasi email yang akan dituju

Selanjutnya adalah membuat segmentasi untuk mengelompokkan beberapa jenis pelanggan yang sama. Tujuan segmentasi ini adalah meningkatkan efektivitas pengiriman email.

Segmentasi email dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, mulai dari tipe pelanggan, minat, dan lokasi. Dengan begitu, kalian dapat mempersonalisasi email yang sesuai dengan preferensi mereka sehingga potensi email dilihat menjadi lebih tinggi.

  1. Buat sesuai dengan target market yang sudah dibuat

Ketika sudah memiliki segmen yang ditargetkan, buatlah konten email yang sesuai dengan masing-masing segmentasi. Ingat ya, pesan dan penawaran harus relevan dengan kebutuhan dan minat pelanggan kalian. Oia, jangan lupa buat desain template email dan gunakan judul yang menarik ya agar peluang pelanggan membuka email semakin tinggi. 

  1. Melakukan analisa dari email yang dikirim

Setelah mengirimkan email blast, silakan analisis hasil metrik, seperti tingkat pelanggan membuka email tersebut, tingkat klik, dan tingkat konversi. Analisis data ini akan membantu untuk memahami sejauh mana campaign email berhasil dan langkah mana yang perlu diperbaiki. 

Tips Melakukan Email Blast

Ada beberapa tips yang dapat diikuti agar strategi email marketing kalian berhasil.

  1. Pakai sapaan yang sopan

Mulailah email dengan sapaan yang sopan dan pribadi, seperti “Halo” atau “Selamat Pagi”. Selain itu, bisa juga ditambahkan sapaan yang lebih personal dengan menyertakan nama pelanggan. Kalian bisa mengatur personalisasi tersebut pada aplikasi email blast sehingga akan menciptakan hubungan yang lebih akrab antara kalian dengan pelanggan.

  1. Perhatikan tata letak email agar terlihat user friendly

Pastikan tata letak email mudah dibaca dan dinavigasi, ya. Gunakan paragraf pendek, poin-poin yang terorganisir dengan baik, dan judul yang menonjol untuk memudahkan penerima dalam menemukan informasi yang penting dan melakukan action.

  1. Hindari melampirkan file

Hindari melampirkan file  saat melakukan pengiriman email blast kepada pelanggan. Sebab, mereka cenderung jarang membuka lampiran tersebut dan sering mengabaikan.

Selain itu, beberapa orang bersikap hati-hati karena khawatir lampiran tersebut berpotensi mengandung virus atau hal berbahaya lainnya.

  1. Gunakan alamat email yang profesional

Silakan gunakan alamat email yang profesional atau email yang sesuai dengan nama perusahaan atau brand ya agar memberi kesan lebih profesional dan terpercaya. Misalnya, alamat email seperti [email protected], [email protected], dan sebagainya.

Bikin email dengan domain sendiri, yuk. Namanya Email Hosting! Ada berbagai keuntungan loh jika kalian memakai Email Hosting dari Jetorbit. Harga juga terjangkau, mulai dari Rp 59 ribu!

  1. Buat email yang menarik

FYI, di dalam desain email kalian, gunakan gambar yang relevan dan tulis copywriting email yang menarik. Berikan informasi yang bermanfaat atau penawaran yang menarik untuk mendorong pelanggan agar mau membaca, merespons, dan memberi action pada email kalian.

Jadi, Kalian Sudah Menerapkan Email Blast kan?

Email blast adalah sebuah strategi mengirim email ke banyak kontak sekaligus secara bersamaan, dalam hal ini yaitu untuk kebutuhan marketing. 

Selamat mencoba membuat email blast untuk bisnismu sendiri, ya! 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment