Apa Itu Email Blast dan Platform Email Blast yang Bisa Digunakan

Apa Itu Email Blast dan Platform Email Blast yang Bisa Digunakan

Sharing is caring!

Hi, Guys! Oya nih, kalian sudah terbiasa menggunakan email marketing, kah? Jadi kan email marketing itu merupakan salah satu marketing channel yang memiliki efektivitas lebih tinggi dibanding media sosial. Email marketing tidak membutuhkan biaya besar kok, apalagi tersedia layanan email blast gratis. Okay, kita selami bersama yuk Apa Itu Email Blast dan Platform Email Blast yang Bisa Digunakan

Apa Itu Email Blast?

Email blast adalah istilah yang digunakan untuk aktivitas mengirimkan email kepada banyak penerima pada waktu bersamaan.  

Untuk mengirim email marketing, jika jumlah email yang dikirimkan banyak maka tidak dapat menggunakan platform penyedia email biasa, seperti Gmail atau Yahoo. Selain itu, banyak fitur email marketing yang tidak tersedia di layanan email biasa, seperti email otomatis, segmentasi audiens, laporan, dan analisis performa email.

Poin Penting Saat Memilih Platform Email Blast untuk Marketing

Berikut ini ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih platform email blast untuk marketing:

Tujuan Perusahaan

Kalian harus memahami tujuan seperti apa yang ingin dicapai oleh perusahaan kalian agar kalian dapat memilih layanan email marketing yang paling sesuai dengan kebutuhan. Memahami tujuan kampanye perusahaan melalui email memang penting karena setiap layanan email marketing memiliki spesifikasi fitur yang berbeda-beda.

Layanan Gratis atau Berbayar

Beberapa perusahaan menyediakan layanan email blast gratis tapi dengan fitur terbatas. Contohnya, MailChimp memungkinkan pengguna layanan email blast gratis untuk mengirimkan email marketing maksimal 12.000 email perbulan kepada 2.000 subscriber atau lebih sedikit.

Sedangkan untuk platform berbayar, biasanya setiap perusahaan menyediakan pilihan pembayaran perbulan atau pertahun dengan variasi harga dan fitur. 

Template Email

Ketersediaan template email juga perlu dipertimbangkan ketika memilih platform email blast. Kalian bisa sekali membuat email menjadi lebih menarik dengan adanya berbagai pilihan template email.

Segmentasi Audiens

Segmentasi audiens email marketing bisa dilakukan berdasarkan beberapa aspek, yaitu tipe konsumen, minat konsumen, lokasi konsumen, maupun engagement. Kalian harus mempertimbangkan fitur segmentasi audiens agar dapat mengirimkan email yang sesuai dengan audiens yang ditargetkan.

Email Tersedia untuk Desktop dan Mobile Version

Email marketing banyak dibuka melalui perangkat mobile. Oleh karena itu, kalian perlu memastikan bahwa platform yang dipilih memang menyediakan template email yang tetap nyaman dilihat melalui perangkat mobile.

Customer Support

Ketersediaan customer support juga perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan email marketing agar ketika terjadi masalah pada layanan yang digunakan, kalian bisa menyelesaikannya dengan cepat.

Perlu diperhatikan bahwa beberapa penyedia layanan email marketing hanya menyediakan fitur customer support kepada pengguna berbayar. Beberapa platform bahkan menyediakan professional support untuk penggunanya yang membutuhkan konsultasi terkait email marketing.

Email Otomatis

Fitur email otomatis memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan email secara otomatis disesuaikan dengan perilaku penerima email. Kalian bisa mengatur mengirim email otomatis ketika seseorang baru saja subscribe newsletter, saat penerima email tidak membuka email sebelumnya, atau saat penerima email tidak mengklik CTA di email sebelumnya.

Analisis Email Marketing

Setelah mengirimkan email marketing kepada konsumen potensial, kalian juga perlu mengevaluasi performa kampanye tersebut.

Kalian mesti mengetahui berapa banyak penerima email yang membuka email, yang mengklik tautan pada email, dan yang membatalkan langganan newsletter. Alasannya adalah agar kalian bisa menganalisis keberhasilan kampanye yang dilakukan melalui email.

Platform Email Blast yang Bisa Digunakan

Berikut beberapa platform email blast yang bisa kalian gunakan:

Kirim.email

Kirim.email merupakan salah satu platform email blast yang bisa digunakan untuk mengirimkan email berjumlah banyak dalam sekali waktu kepada seluruh list kalian.

apa-itu-email-blast-1

Cukup dengan Rp 138.600,- perbulannya, kalian bisa mendapatkan layanan yang dapat menunjang bisnis kalian.

MailChimp

Bagi para pemilik bisnis skala kecil dengan subscriber kurang dari 2000 akun, Mailchimp menyediakan layanannya secara gratis. Namun, pengguna layanan gratis ini hanya bisa mengirimkan email maksimal 12.000 email perbulan.

apa-itu-email-blast-2

Versi gratis Mailchimp sudah meliputi:

  • Template email,
  • Segmentasi audiens
  • Laporan performa email marketing.

Eits, tenang, jika versi gratis belum memenuhi kebutuhan kalian, MailChimp menyediakan versi berbayar mulai dari Rp 130.000an/bulan.   

Vertical Response

Vertical Response juga memberikan layanan gratis yang bisa mengirimkan 4000 email perbulan kepada maksimal 300 penerima.

apa-itu-email-blast-3

Versi gratis layanan ini sudah meliputi:

  • Email Editor
  • Template kompatibel untuk perangkat mobile
  • Contact list management
  • Email Welcome Otomatis
  • Facebook and Twitter Sharing
  • Report dan Analisis
  • HTML editor

Hanya saja  nih, pada versi gratis, pengguna belum bisa mendapatkan fitur customer support. Report dan analisis pada versi gratis pun masih terbatas. Jika pengguna ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Vertical Response menyediakan layanan berbayarnya mulai dari harga Rp 154.000/bulan.

BenchMark

Benchmark juga menyediakan layanan gratis. Versi gratis Benchmark memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan 14.000 email perbulan kepada maksimal 2.000 penerima.

apa-itu-email-blast-4

Fitur-fitur gratis Benchmark adalah sebagai berikut:

  • Desain email
  • Template responsif
  • Sign up form
  • Email Otomatis Dasar
  • RSS Email Campaign
  • Email Delivery Management
  • Google Analytics Tracking
  • Manajemen List dan Segmentasi

Pada versi gratis Benchmark, pengguna sudah mendapatkan fitur customer support. Namun, fitur segmentasi audiens dan email otomatis yang disediakan masih terbatas. Layanan berbayar Benchmark dimulai dari harga Rp 182.000/bulan.

Zoho Campaigns

Sama dengan MailChimp, Zoho Campaigns juga menyediakan layanan gratis dengan pengiriman email maksimal 12.000 perbulan kepada 2.000 penerima.

apa-itu-email-blast-5

Pada versi gratis Zoho Campaign, pengguna dapat mengakses hampir semua fitur layanan email marketing kecuali fitur marketing automation yang meliputi email otomatis berdasarkan segmentasi, email otomatis berdasarkan kalendar, hingga email otomatis berdasarkan laporan.

Layanan berbayar email marketing Zoho Campaign dimulai dari harga Rp 42.000,- hingga Rp 4.231.500,-. Kalian dapat memilih layanan berbayar yang disesuaikan dengan jumlah penerima email marketing kalian.

Okay Guys, jadi itulah pembahasan terkait email blast serta platform yang bisa kalian gunakan. Silakan kalian pahami terlebih dulu platform seperti apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnis kalian.

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe dan keep healthy

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Email Blast dan Platform Email Blast yang Bisa Digunakan
Artikel
Apa Itu Email Blast dan Platform Email Blast yang Bisa Digunakan
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Email marketing tak butuh biaya besar apalagi ada email blast gratis. Baca yuk Apa Itu Email Blast dan Platform Email Blast yang Digunakan
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like