disk space pada hosting

Kalian pasti melihat tentang informasi disk space saat akan membeli paket hosting. Nah, kalian sendiri sudah tahu belum nih apa itu disk space? Kalian harus tahu apa itu space hosting dan fungsi disk space pada hosting agar dapat memilih jenis hosting yang cocok untuk website kalian. Tak perlu basa-basi lagi, yuk simak artikel Mengenal Apa Itu Disk Space pada Hosting

Apa Itu Disk Space pada Hosting?

Disk space adalah kapasitas ruang penyimpanan data website pada server hosting. Data yang dimaksud bisa berupa teks, gambar, video, database, code, dan sebagainya.

Untuk website kecil seperti blog, mungkin tidak akan butuh banyak kapasitas ruang penyimpanan. Berbeda dengan website perusahaan yang butuh disk space lebih besar untuk menyimpan sejumlah konten seperti video atau gambar.

Trus, apa perbedaan antara disk space dengan bandwidth?

Sederhananya, disk space adalah kapasitas ruang penyimpanan data pada hosting. Sedangkan, bandwidth merujuk pada kuota data website yang bisa ditransfer dari server ke pengunjung.

Disk space akan menampung banyaknya data yang disimpan. Sementara bandwidth berperan sebagai pengatur besarnya transfer data yang mempengaruhi kecepatan loading website.

Fungsi Disk Space pada Hosting

Disk space menjadi salah satu faktor yang jadi pertimbangan dalam memilih hosting yang sesuai untuk website. Sebab, fungsi disk space pada hosting adalah sebagai berikut:

  1. Menampung Data Website

Fungsi disk space pada hosting yang pertama adalah sebagai ruang penyimpanan data website.

Data yang dimaksud, yaitu gambar, video, file template, dan plugin hingga semua file yang diunggah melalui FTP seperti font web.

  1. Menyimpan File Backup

Fungsi disk space yang tak kalah penting adalah untuk menyimpan data backup website.

Penyimpanan file cadangan perlu dilakukan supaya sewaktu-waktu bisa diakses kembali jika terjadi kehilangan atau kerusakan file. Dengan disk space, kalian dapat menyimpan file backup sehingga kalian tidak perlu khawatir data website tiba-tiba hilang.

  1. Menyajikan Website yang Lebih Menarik

Website dengan disk space yang sesuai kebutuhan tentu akan memudahkan kalian mengelola konten dengan lebih baik.

Jika kalian sudah tahu disk space yang dibutuhkan, kalian bisa leluasa kan dalam membuat website lebih menarik? Kalian tak usah khawatir akan melebihi kapasitas yang ditentukan.

Jenis-Jenis Disk Space Hosting

Berikut pengertian dari jenis-jenis disk space yang perlu diketahui:

  1. HDD

Hard Disk Drive atau HDD adalah hardware yang digunakan untuk menyimpan data website.

Media penyimpanan jenis ini bekerja menggunakan piringan cakram yang bergerak saat memproses data. Di atas piringan cakram tersebut terdapat komponen yang berfungsi untuk menulis dan membaca data.

  1. SSD

Solid State Drive atau SSD adalah jenis memori yang jauh lebih canggih dari HDD.

SSD tidak memiliki komponen bergerak seperti piringan cakram pada HDD maka disebut solid state. Inilah salah satu perbedaan SSD dan HDD.

Dengan teknologi flash memory chip, SSD mampu memproses data lebih cepat. Akibatnya, proses booting, transfer data, dan maintenance tidak memakan banyak waktu.

Bagaimana Cara Mengetahui Disk Space yang Saya Butuhkan?

Siapa nih yang akan membangun sebuah website? Kalian tahukah jika estimasi disk space yang dibutuhkan dapat diketahui berdasarkan tipe website?

Blog atau website yang memiliki sedikit media (gambar atau video) tentu tidak butuh disk space yang besar. Untuk website jenis ini, menggunakan disk space sebesar 500 MB sampai 3 GB saja sudah cukup.

Berbeda dengan website yang digunakan untuk toko online yang memiliki banyak gambar dan data besar. Website seperti ini mungkin membutuhkan disk space sebesar 20 GB atau bahkan lebih.

Jika kalian sudah punya sebuah website, kalian bisa menghitung kebutuhan disk space dengan rumus:

Kebutuhan Disk Space = Rata-rata page size x Jumlah halaman website

Untuk mengetahui page size website kalian, lakukan tes dengan menggunakan speed test tool seperti Pingdom.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu memasukkan URL halaman dari website seperti berikut ini:

apa itu disk space

Sebagai contoh, pada hasil analisis di atas, page size website tersebut adalah sebesar 2,7 MB.

Dengan begitu, kalian dapat mengetahui jumlah disk space yang dibutuhkan untuk menyimpan data website kalian.

FAQ Tentang Disk Space Hosting

Kami sudah merangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang disk space, antara lain:

  1. Jetorbit Memakai Disk Space Jenis Apa?

Jetorbit sudah memakai disk space jenis SSD. Dengan SSD, kecepatan menyimpan dan pemrosesan data akan jauh lebih cepat daripada yang masih menggunakan HDD.

  1. Berapa Besar Disk Space Hosting Jetorbit?

Besar disk space pada hosting yang ditawarkan Jetorbit tergantung pada jenis layanan hosting. Penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Shared Hosting – Hosting dengan disk space unlimited ini cocok untuk website kecil seperti blog dan website pribadi yang traffic-nya belum tinggi.

shared hosting

  • Cloud Hosting – Hosting jenis ini memiliki tersedia dengan disk space antara 20-160 GB. Dengan kapasitas disk space yang besar, hosting ini tepat bagi kalian yang ingin membuat website company profile, toko online, website e-learning, hingga website portal berita.

cloud hosting

  • WordPress Hosting – Jenis hosting ini akan cocok untuk pemilik website pribadi atau blog, website UMKM, website komunitas dan sebagainya.

wordpress hosting

  • VPS – VPS hosting tersedia dengan kapasitas disk space yang cukup besar yaitu antara 25-160 GB. Hosting ini cocok bagi kalian yang akan membangun website bisnis, toko online, website perusahaan, website e-learning, hingga website portal berita.

vps

vps disk space

  1. Bagaimana Cara Mengecek Penggunaan Disk Space?

Cara cek penggunaan disk space cukup sederhana. Kalian melakukannya dengan cara-cara berikut ini:

  • Site Health Tool – Pada dashboard WordPress, pilih Tools => Site Health, klik tab Info lalu  klik tab Directories and Sizes. Di tab tersebut, kalian bisa cek penggunaan disk space untuk file WordPress, tema, plugin, database, dan total instalasi.
  • Menggunakan Plugin – Kalian bisa pakai plugin Disk Usage Sunburst untuk mengetahui grafik file instalasi pada website. Untuk melihat grafiknya, kalian dapat memilih menu Tools => Disk Usage.
  • cPanel – Untuk cek penggunaan disk space, kalian cukup membuka menu Disk Usage yang berada pada kolom File. Pada bagian bawah, kalian dapat melihat penggunaan disk space pada tiap direktori.
  • Member Area Jetorbit – Untuk mengecek Disk Usage Hosting, kalian hanya dengan melakukan login menuju Client Area Jetorbit dengan email dan password kalian dan klik Hosting yang kalian gunakan. Selanjutnya kalian akan melihat Disk Usage & Bandwidth Usage yang ada di Client Area kami.
  • Cek Ukuran Database melalui phpMyAdmin di cPanel – Kalian juga dapat mengecek ukuran database melalui menu phpMyAdmin yang berada di dalam cPanel. Klik database kalian dan pada kolom Size akan terlihat ukuran tiap tabel database kalian.
  • Cek Ukuran Database dengan Plugin – Plugin yang digunakan adalah WP Optimize. Pada menu bagian kiri dashboard admin WordPress, pilih menu WP-Optimize => Table information. Pada kolom Data Size akan terlihat ukuran setiap tabel di database kalian.
  1. Mengapa Perlu Mengecek Disk Space pada Web Hosting?

Mengecek disk space itu penting bagi kalian yang hendak membeli paket hosting. Sebab, saat memilih hosting, kalian perlu mengestimasi jumlah disk space yang dibutuhkan.

Pun demikian, setelah menggunakan hosting kalian tetap perlu mengecek penggunaan disk space secara berkala untuk menghindari penurunan performa website.

Ketika performa website menurun seperti loading lambat atau sulit diakses, kemungkinan hal ini terjadi karena disk space kalian sudah penuh. Maka, perlu diatasi dengan mengurangi disk space usage di cPanel.

  1. Apakah Unlimited Disk Space di Jetorbit Benar Adanya?

Di Jetorbit, tersedia paket hosting dengan unlimited SSD disk space yaitu pada Unlimited Hosting.

Nah, unlimited disk space artinya Jetorbit menyediakan resource atau sumber daya website tanpa menetapkan batasan khusus. Jadi, kalian dapat menggunakan sumber daya sesuai kebutuhan.

Penggunaan sumber daya hosting unlimited pada hakikatnya penggunaan sumber daya seperti CPU dan RAM pada layanan hosting unlimited tetap terbatas. Akun hosting unlimited tidak dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan file besar dengan ukuran per-filenya maksimal adalah 100MB.

Layanan tidak dapat digunakan untuk hal seperti streaming, hot backup, torrent, file hosting. Akun hosting yang menggunakan sumber daya up to 90% dalam jangka waktu hingga 60 menit akan kami inspeksi dan lakukan tindakan suspensi hingga pemilik akun menghubungi.

Okay, jadi itulah penjelasan terkait apa itu disk space. Setelah paham apa itu disk space, kalian bisa mencari paket hosting yang tepat sesuai kebutuhan. Eitss, pilih web hosting tidak bisa sembarangan, loh.

Tak usah khawatir karena Jetorbit sudah pakai disk space server SSD yang mampu memproses data lebih cepat. Dijamin, anti lelet!

Yuk segera pilih paket hosting dengan disk space sesuai kebutuhan kalian!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment