Apa Itu Cybercrime dan Apa Saja Wujud Nyata dari Cybercrime?

Sharing is caring!

Cybercrime mengacu pada setiap dan semua kegiatan ilegal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi. Cybercriminal menggunakan teknik, seperti phishing, social engineering, dan semua jenis malware untuk mengejar rencana jahat mereka. Yuk baca Apa Itu Cybercrime dan Apa Saja Wujud Nyata dari Cybercrime?

Apa Itu Cybercrime?

Ketika Anda mendengar kata “cybercriminal” atau “hacker,” gambaran apa yang muncul di benak Anda? Gambaran nyata kejahatan cyber jauh berbeda: kejahatan cyber sangat terorganisir dan profesional.

Cybercriminal membeli dan menjual malware secara online sementara juga berdagang di layanan yang menguji seberapa kuat virus, dashboard intelijen bisnis untuk melacak penyebaran malware, dan dukungan teknis.

Profesionalisasi dan proliferasi cybercrime menambah biaya kerusakan yang tak terhitung jumlahnya setiap tahun, yang berdampak pada individu, bisnis, dan pemerintah. Para ahli memperkirakan bahwa kerusakan cybercriminal akan mencapai $6 triliun setiap tahun pada tahun 2021 sehingga menjadikannya salah satu perusahaan kriminal yang paling menguntungkan.

Ketika Internet of Things (IoT) berkembang dan smart devices menjadi lebih populer, para cybercriminal mendapat manfaat dari attack surface yang jauh lebih luas.

Contoh Umum Cybercriminal

Seperti disebutkan, cybercrime berkisar dari individu hingga organisasi kriminal hingga aktor yang disponsori negara. Sama seperti penjahat lainnya, demikian juga kejahatan mereka dan metode yang mereka gunakan untuk melanggar hukum. Selain itu, keterampilan ahli tidak lagi diperlukan untuk menjadi cybercrook.

Berikut ini beberapa contoh cybercriminal yang harus diperhatikan:

  • Malware

Virus komputer adalah kakek dari cybercrime dan mungkin jenis pertama yang Anda sadari. Virus menginfeksi sistem komputer, menghancurkan file, mengacaukan fungsi keseluruhan, dan mereplikasi diri untuk melompat ke perangkat dan sistem lain.

Virus sebenarnya adalah bentuk malware, yang mencakup semua jenis software berbahaya: kode atau program apapun yang ditulis dan didistribusikan untuk merusak, mencuri data, dan menghasilkan uang untuk pemiliknya. Ini termasuk ransomware, yang dapat mengunci file Anda sampai Anda membayar uang tebusan untuk mendekripsi mereka, dan adware, yang membuat Anda terpaku dengan iklan.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Cybercrime dan Apa Saja Wujud Nyata dari Cybercrime?
Artikel
Apa Itu Cybercrime dan Apa Saja Wujud Nyata dari Cybercrime?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Cybercrime mengacu pada kegiatan ilegal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi. Yuk baca Apa Itu Cybercrime dan Apa Saja Wujud Nyata dari Cybercrime?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

3 thoughts on “Apa Itu Cybercrime dan Apa Saja Wujud Nyata dari Cybercrime?”

Leave a Comment