Wujud Nyata Cybercriminal Yang Harus Diperhatikan (Seri 1)

Sharing is caring!

Ada beberapa wujud nyata dari cybercriminal yang patus kita waspadai. Makanya, yuk baca Wujud Nyata Cybercriminal Yang Harus Diperhatikan (Seri 1)

Pencurian Identitas dan Penipuan Lainnya

Sementara pencurian identitas bukan hanya cybercrime, belakangan ini kemungkinan besar akan terjadi melalui teknologi. Jika seorang hacker ingin melakukan pencurian identitas atau penipuan kartu kredit, pertama-tama mereka perlu mengakses cukup data pribadi korban mereka untuk memicu kejahatan. Berikut adalah beberapa cara mereka bisa mendapatkan akses itu:

  • Phishing: Cybercrooks menggunakan “umpan” dalam bentuk pesan penipuan untuk memikat korban ke situs palsu di mana mereka tanpa sadar memasukkan informasi pribadi, seperti username, password, atau detail bank.
  • Pharming: Mengambil satu langkah lebih dalam dari phishing, pharming menggunakan malware untuk mengubah rute peselancar internet yang tidak curiga ke versi situs web palsu, di mana mereka tanpa sadar memasukkan detail pribadi mereka.
  • Keylogging: Jenis malware ini (atau lebih spesifiknya, spyware) secara diam-diam mencatat semua yang Anda ketikkan, menangkap informasi akun Anda, dan detail pribadi lainnya.
  • Sniffing: Jika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi publik tanpa enkripsi, peretas dapat mencuri data Anda dengan “sniffing” trafik internet Anda dengan alat khusus (kecuali Anda memiliki VPN).

Walaupun hacker memiliki banyak cara untuk mencuri data pribadi, ada juga beberapa cara bagus untuk mencegah pencurian identitas. Hindari mengakses akun pribadi Anda (terutama perbankan online) di Wi-Fi publik dan pertimbangkan untuk menyiapkan layanan pemantauan untuk memastikan akun online Anda tidak dilanggar.

Cyberbullying

Cyberbullying mengacu pada semua jenis pelecehan online, termasuk stalking, pelecehan seksual, doxing (mengekspos informasi pribadi seseorang, seperti alamat fisik mereka, online tanpa persetujuan mereka), dan fraping (membobol media sosial seseorang dan membuat posting palsu atas nama mereka).

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

to be continued..

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Wujud Nyata Cybercriminal Yang Harus Diperhatikan (Seri 1)
Artikel
Wujud Nyata Cybercriminal Yang Harus Diperhatikan (Seri 1)
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Ada beberapa wujud nyata dari cybercriminal yang patus kita waspadai. Makanya, yuk baca Wujud Nyata Cybercriminal Yang Harus Diperhatikan (Seri 1)
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Wujud Nyata Cybercriminal Yang Harus Diperhatikan (Seri 1)”

Leave a Comment