Apa Itu Two-Factor Authentication (2FA)?

Sharing is caring!

Sebenarnya apa sih pentingnya two-factor authentication? Apakah kita sangat membutuhkannya? Yuk baca Apa Itu Two-Factor Authentication (2FA)?

Mengapa Password Tidak Cukup Baik?

Kita pertimbangkan dahulu mengapa penting melakukan apa saja untuk meningkatkan keamanan akun online Anda. Banyak hal dari kehidupan kita terjadi pada perangkat seluler dan laptop sehingga tidak heran akun digital telah menjadi magnet bagi para penjahat. Serangan berbahaya terhadap pemerintah, perusahaan, dan individu semakin sering terjadi.

Untungnya, mudah bagi bisnis untuk menambahkan tingkat perlindungan ekstra ke akun pengguna dalam bentuk two-authentication yang juga disebut sebagai 2FA.

Kenaikan di Cybercrime Membutuhkan Keamanan yang Lebih Kuat dengan 2FA

Beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan besar-besaran dalam jumlah situs web yang mana kehilangan data pribadi penggunanya. Ketika kejahatan dunia maya semakin canggih, perusahaan pun menemukan bahwa  sistem keamanan lama mereka tidak cocok untuk ancaman dan serangan modern.

Situs dan aplikasi online harus menawarkan keamanan yang lebih ketat. Apabila memungkinkan, konsumen harus membiasakan diri dengan sesuatu yang lebih kuat dari sekadar password dan bagi banyak orang, tingkat keamanan ekstra itu adalah two-authentication.

Password: Secara historis Buruk Tetapi Masih Digunakan

Terdapat fakta bahwa ada alternatif yang jauh lebih aman, username, dan password tetap menjadi bentuk otentikasi pengguna yang paling umum. Aturan umum adalah bahwa password harus menjadi sesuatu yang hanya Anda ketahui sementara sulit untuk ditebak orang lain.

Meskipun menggunakan password lebih baik daripada tidak memiliki perlindungan sama sekali, password itu tidak mudah. Lasannya adalah sebagai berikut:

  • Manusia memiliki ingatan yang buruk. Walaupun ada banyak bentuk password yang mudah diingat namun peretas yang baik dapat memecahkan password sederhana ini dalam waktu singkat.
  • Terlalu banyak akun. Membuka lebih banyak akun pada akhirnya akan menciptakan terlalu banyak password untuk diingat dan membuka jalan bagi kebiasaan berbahaya, yaitu daur ulang password. Jika pasangan username dan password didaur ulang, kemungkinan besar itu akan membuka banyak akun menguntungkan lainnya.
  • Timbul kelelahan keamanan. Untuk melindungi diri mereka sendiri, beberapa konsumen berusaha mempersulit penyerang dengan membuat password yang lebih rumit.akan tetapi, dengan begitu banyak pelanggaran data yang membanjiri web yang gelap dengan informasi pengguna, banyak yang menyerah, dan kembali menggunakan password yang lemah di banyak akun.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Two-Factor Authentication (2FA)?
Artikel
Apa Itu Two-Factor Authentication (2FA)?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebenarnya apa sih pentingnya two-factor authentication? Apakah kita sangat membutuhkannya? Yuk baca Apa Itu Two-Factor Authentication (2FA)?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Apa Itu Two-Factor Authentication (2FA)?”

Leave a Comment