7+ Alasan Bisnis Online Lebih Unggul

Bisnis online sering dibandingkan dengan bisnis offline dan dirasa lebih unggul. Memang iya? Yuk langsung saja kita bahas tentang 7+ Alasan Bisnis Online Lebih Unggul

Kenapa Bisnis Online Lebih Unggul?

Berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis online lebih unggul dibanding bisnis offline:

1. Biaya Awal Lebih Rendah

Alasan bisnis online lebih baik dibandingkan dengan bisnis tradisional adalah karena biaya awal atau biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis lebih rendah. 

Jadi, dalam bisnis tradisional, pengusaha biasanya perlu memiliki tiga hal dasar sebelum memulai, yakni rencana bisnis yang terperinci, izin untuk beroperasi, dan modal besar dengan dana cadangan yang cukup. 

2. Biaya Overhead Rendah

Biaya operasional adalah biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis sehari-hari. Sedangkan biaya overhead adalah biaya yang dibutuhkan untuk menjaga agar bisnis tetap berjalan.

Nah, biaya overhead terus bertambah terlepas dari apakah bisnis tersebut buka atau tutup. Artinya, untuk bisnis tradisional memang risiko menimbulkan banyak biaya overhead jauh lebih tinggi dibanding bisnis online.

3. Dapat dengan Mudah Beroperasi di Seluruh Dunia

Salah satu keuntungan terbesar bisnis online dibandingkan bisnis tradisional adalah kemampuan untuk beroperasi dengan mudah dalam skala internasional.

Bahkan nih, bisnis domestik sekalipun yang ada di world wide web dapat memiliki peluang lebih tinggi untuk memiliki basis pelanggan yang lebih besar dibandingkan dengan bisnis tradisional yang hanya beroperasi di wilayahnya sendiri.

4. Menarik Lebih Banyak Pelanggan

Dikarenakan kebangkitan dunia digital, bisnis yang berkembang di website dapat menarik lebih banyak pelanggan dibanding sebelumnya. Hal ini tentu saja merupakan keuntungan besar dibandingkan dengan bisnis tradisional yang dibatasi oleh lokasi fisik.

5. Memiliki Sistem Otomatis dan Lebih Efisien

Internet kini menyediakan banyak sekali cara untuk menyederhanakan hidup kalian yang memiliki bisnis online. Terbukti kalian bisa menangani pemesanan bahan baku, melayani pelanggan dan hal lainnya dengan cara online.

Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan solusi khusus untuk melakukan kustomisasi cara terhadap pelanggan yang ingin membeli barang dagangan. 

Kalian juga bisa berbagi informasi dan data lebih cepat serta efisien. Salah satu cara bisa dilakukan adalah dengan menggunakan berbagai aplikasi di smartphone yang digunakan.

6. Risiko Relatif Lebih Rendah

Bisnis online memiliki risiko yang relatif lebih rendah dibanding bisnis tradisional. Bagi sebagian besar bisnis online, risiko terbesar adalah peretas membobol website bisnis.

Ya memang tak dapat dipungkiri sih, ada beberapa masalah yang umum terjadi pada bisnis online maupun tradisional, seperti penipuan. Namun, di antara keduanya, bisnis online jelas lebih aman dan lebih mudah untuk dimulai.

7. Peluang Peningkatan Lebih Tinggi

Bisnis online dapat bertahan dengan anggaran jauh lebih kecil di awalnya sehingga jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk meningkatkan skala bisnis. 

Sedangkan bisnis tradisional harus mematuhi pedoman yang ketat untuk lulus inspeksi keselamatan dan bahaya, sanitasi, dan struktural. Semua proses ini butuh banyak uang dan usaha untuk menanganinya sehingga penskalaan menjadi sulit.

8. Memiliki Banyak Pilihan dalam Kustomisasi

Tingkat kepuasan yang diberikan pada bisnis online sama bahkan lebih tinggi dibanding bisnis tradisional. Hal tersebut dikarenakan model bisnis tradisional belum tentu mendapatkan penawaran hal yang sama dengan bisnis online.

Nah, satu penawaran yang diberikan oleh para pelaku bisnis online adalah bisa melakukan kustomisasi. Contohnya, saat melakukan belanja online, ada berbagai pilihan metode pembayaran atau kustomisasi yang tersedia bagi para pembeli.

Para pembeli juga bisa memilih satu opsi sebelum melakukan pembelian produk. Dengan proses yang sederhana ini, tentunya dapat meningkatkan pengalaman pelanggan ketika berbelanja bisnis online.

9. Biaya Promosi Lebih Rendah

Pertumbuhan dan perkembangan internet kini menyebabkan ledakan jumlah situs atau media sosial. Selain itu, untuk platform ini dibuat untuk menyalurkan orang dan bisa menjadi saluran pemasaran paling efektif.

Poin paling penting dengan adanya saluran tersebut adalah bisa lebih menghemat biaya. Apalagi, untuk perusahaan yang baru saja berdiri atau kecil sangat dibantu dengan adanya biaya promosi rendah tersebut.

Kalian bisa melakukan iklan produk dan layanan iklan di depan pelanggan yang diinginkan tanpa bantuan dari perusahaan dan pemasaran profesional. Langkah tersebut dapat mengalihkan biaya promosi untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Simpulan

Bagaimana, terlihat kan keunggulan bisnis online dibandingkan bisnis offline? Anyway, meski begitu, tidak apa-apa loh kalian mencoba kedua jenis bisnis tersebut. Dengan begitu, kalian bisa menjangkau calon pembeli jarak dekat maupun jarak jauh.

Luncurkan website berbasis WordPress kalian dengan Jetorbit yuk, dengan fitur yang membuat web jadi cepat serta gratis Theme Premium! Lebih cepat menggunakan WordPress Hosting untuk keperluan website Berita, Portal, Toko Online, dan Blogging berbasis WordPress.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment