Apa Itu SoC? Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Smartphone Chipsets

Sharing is caring!

Penggemar teknologi senang berbicara tentang kekuatan pemrosesan dan chip, baik itu dari PC dan konsol game hingga smartphone terbaru. Bagi yang belum tahu, topik-topik ini padat dengan jargon dan ide-ide yang terdengar abstrak untuk memahami, bahkan pertanyaan dasar seperti “Apa Itu SoC?” Yuk baca Apa Itu SoC? Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Smartphone Chipsets

Apa Itu SoC?

SoC adalah singkatan dari System-on-a-Chip. Seperti namanya, SoC adalah sistem pemrosesan lengkap yang terkandung dalam satu paket. Ini bukan paket chip prosesor tunggal, yang mungkin Anda kenal jika Anda pernah membuat PC. Sebagai gantinya, sebuah SoC berisi beberapa bagian pemrosesan, memory, modem, dan potongan-potongan penting lainnya yang diproduksi bersama dalam satu chip tunggal yang soldered ke circuit board.

System-on-a-Chip adalah Otak Smartphone Anda

Menggabungkan beberapa komponen menjadi satu chip tentunya akan menghemat ruang, biaya, dan konsumsi daya. SoCs terhubung ke komponen lain juga, seperti kamera, layar, RAM, flash storage, dan banyak lagi. Pada dasarnya, SoC adalah otak dari ponsel cerdas Anda yang menangani semuanya, mulai dari sistem operasi Android hingga pendeteksian saat Anda menekan power off button.

Di bawah ini berisi komponen paling umum yang akan Anda temukan di dalam System-on-a-Chip smartphone.

  • Central Processing Unit (CPU) – “Otak” dari SoC. Menjalankan sebagian besar kode untuk Android OS dan sebagian besar aplikasi Anda.
  • Graphics Processing Unit (GPU) – Menangani tugas yang berhubungan dengan grafis, seperti memvisualisasikan interface pengguna aplikasi dan game 2D/3D.
  • Image Processing Unit (ISP) – Mengubah data dari kamera ponsel menjadi file gambar dan video.
  • Digital Signal Processor (DSP) – Menangani fungsi yang lebih intensif secara matematis daripada CPU, termasuk file decompressing music dan menganalisis gyroscope sensor data.
  • Neural Processing Unit (NPU) – Digunakan pada high-end smartphones untuk mempercepat tugas machine learning (AI), termasuk pengenalan suara dan pemrosesan kamera.
  • Video encoder/decoder – Menangani konversi file dan format video yang hemat daya.
  • Modems – Mengubah sinyal nirkabel menjadi data yang dipahami telepon Anda. Komponen termasuk 4G LTE, 5G, WiFi, dan modem Bluetooth.

Akhirnya, berbicara tentang SoCs akan sering menyebutkan sesuatu yang disebut manufacturing process. Itu terdaftar sebagai angka dalam nanometer (nm). Secara umum, semakin kecil ukuran nm, semakin kecil kabel internal SoC. Ini lebih baik untuk efisiensi daya dan ukuran area silikon. Meskipun ada berbagai metode manufaktur yang dapat membuat perbandingan langsung menjadi sulit.

 

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu SoC? Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Smartphone Chipsets
Artikel
Apa Itu SoC? Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Smartphone Chipsets
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Penggemar teknologi senang berbicara tentang kekuatan pemrosesan dan chip. Yuk baca Apa Itu SoC? Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Smartphone Chipsets
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment