9 Cara Tingkatkan Otoritas Domain (Domain Authority)

Sharing is caring!

Ada ratusan faktor yang digunakan Google untuk menentukan peringkat mesin pencari situs web. Satu hal yang sangat penting selama bertahun-tahun adalah otoritas domain situs web. Yuk baca sampai selesai artikel 9 Cara Tingkatkan Otoritas Domain (Domain Authority)

Otoritas domain adalah metrik yang dikembangkan oleh Moz. Semakin tinggi otoritas domain Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi dan menerima lebih banyak lalu lintas web yang lebih baik. Otoritas domain Anda juga merupakan cara yang baik untuk mengukur upaya SEO Anda serta membandingkan kekuatan situs web Anda dengan situs web pesaing Anda.

Otoritas Domain vs Otoritas Halaman (Domain Authority vs Page Authority)

Otoritas halaman adalah metrik yang serupa tetapi alih-alih mengukur kekuatan seluruh domain atau subdomain, ia justru mengukur kekuatan peringkat dari satu halaman web.

Bagaimana Moz Menghitung Otoritas Domain?

Otoritas domain diberi skor pada skala 1 hingga 100 (1 menjadi yang terburuk, 100 menjadi yang terbaik) menggunakan algoritma yang dirancang oleh Moz. Skala logaritmiknya berarti jauh lebih mudah untuk meningkatkan skor Anda jika otoritas domain Anda berada pada 20 atau 30 daripada jika berada pada 70 atau 80. Otoritas domain antara 40 dan 50 dianggap rata-rata, antara 50 dan 60 dianggap bagus dan lebih dari 60 dianggap sangat baik.

Bagaimana tepatnya Moz menentukan skor Domain Authority Anda? Ini menggunakan lebih dari 40 faktor yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa yang paling penting:

  • Menghubungkan Root Domains – Ini adalah jumlah backlink unik yang diperoleh situs web Anda. Jadi jika telah memperoleh 20 tautan eksternal dari dua situs web yang berbeda maka Anda hanya memiliki dua tautan domain. Menghasilkan beberapa tautan dari situs web yang berbeda akan meningkatkan peringkat Anda lebih dari mendapatkan banyak tautan dari situs web yang sama.
  • MozRank – MozRank adalah metrik yang digunakan untuk menilai kekuatan tautan eksternal situs web Anda. Ini memperhitungkan tidak hanya jumlah tautan yang mengarah kembali ke situs Anda tetapi juga kualitas tautan tersebut. Kualitas cenderung mengalahkan kuantitas, yang berarti bahwa satu tautan eksternal yang baik lebih baik daripada dua tautan berkualitas rendah. MozRank menggunakan skala 0-10 (dengan 10 sebagai yang tertinggi). Peringkat MozRank rata-rata untuk situs web adalah 3.
  • MozTrust – Seperti MozRank, MozTrust adalah metrik yang digunakan untuk membantu menentukan kualitas tautan eksternal Anda. Namun, ini sedikit lebih spesifik karena mengukur seberapa dekat situs web Anda terhubung ke situs web tepercaya. Situs web tepercaya adalah situs .edu atau .gov. Bahkan jika situs .edu atau .gov tertaut ke situs yang kemudian menautkan Anda, itu dianggap sebagai tanda kepercayaan yang membantu meningkatkan MozTrustrating Anda, yang juga didasarkan pada peringkat 0-10.
  • Konten Berkualitas – Konten adalah salah satu faktor utama yang mendasari peringkat mesin pencari situs web, sehingga tidak mengherankan jika kualitas konten situs web Anda merupakan faktor dalam menentukan otoritas domainnya. Meskipun otoritas domain dapat membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, namun juga berkorelasi erat dengannya.
  • Sinyal Sosial – Google menggunakan sinyal sosial sebagai salah satu faktor utama dalam mengidentifikasi konten berkualitas baik. Misalnya, aman untuk berasumsi bahwa sepotong konten yang dibagikan, disukai, dan dikomentari ratusan kali harus berkualitas. Moz menggunakan sinyal sosial yang sama dalam menentukan otoritas domain.
  • Keramahan Mesin Pencari – Ini mengacu pada penggunaan SEO serta struktur situs dan keramahan pengguna situs web Anda. Struktur situs dapat secara langsung mempengaruhi kegunaan dalam struktur situs yang buruk membuat situs Anda sulit dinavigasi. Ini juga menyulitkan mesin pencari untuk merayapi dan mengindeks situs Anda dengan benar, yang dapat merusak peringkat Anda. Ini juga penting untuk otoritas domain Anda.

Bagaimana Moz Menghitung Otoritas Halaman?

Meskipun otoritas domain memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja seluruh situs web Anda tetapi tidak berarti bahwa otoritas halaman tidak berguna.

Moz menggunakan skala yang sama sebagai otoritas domain untuk mencetak otoritas halaman, yang berarti skala 100 poin, skala logaritmik. Ingatlah bahwa meskipun Anda belum melakukan apa pun pada halaman, nilainya mungkin masih berfluktuasi karena fakta bahwa Moz terus memperbarui algoritma mereka.

Berikut ini adalah beberapa faktor peringkat yang digunakan Moz untuk menentukan otoritas halaman:

  • Sinyal sosial, seperti jumlah Google+1’sFacebook LikesTwitter Retweets atau LinkedIn Shares yang diterima halaman.
  • Jumlah domain root yang tertaut ke halaman.
  • Jumlah domain root yang tertaut ke halaman menggunakan kecocokan sebagian anchor text.
  • Jumlah subdomain yang tertaut ke halaman.
  • Jumlah situs web berkualitas yang menghubungkan ke halaman.
  • Jumlah tautan eksternal yang dimiliki halaman.

9 Cara Meningkatkan Otoritas Domain Anda

Berikut ini adalah 9 langkah yang harus Anda ikuti untuk meningkatkan otoritas domain sejak awal pembuatan situs Anda:

Langkah 1: Pilih Nama Domain yang Baik

Jika Anda baru memulai, maka pilih nama domain yang relevan dengan situs web Anda. Ini harus menjadi sesuatu yang relatif mudah diingat sehingga pengunjung tidak akan memiliki masalah kembali ke situs Anda karena mereka lupa nama domain Anda.

Jika Anda sudah memiliki domain, pastikan domain itu tidak akan segera kedaluwarsa dengan memperbarui setidaknya tiga hingga lima tahun.

Langkah 2: Optimalkan Konten di Halaman Anda

SEO penting untuk peringkat mesin pencari Google serta otoritas domain Anda, jadi pastikan Anda mengoptimalkan semua kode pada halaman, termasuk tag judul, tag alt gambar, dan konten itu sendiri.

Selain itu, sertakan variasi kata kunci utama Anda, pertahankan semua tautan permanen Anda pendek dan relevan, dan buat bagian sidebar untuk posting baru.

Langkah 3: Buat Konten yang Dapat Ditautkan

Untuk mendapatkan tautan berkualitas tinggi dari banyak domain, yang digunakan baik oleh MozRank dan MozTrust sebagai faktor penting, Anda perlu membuat konten berkualitas tinggi yang diterbitkan secara berkala.

Semakin baik konten Anda, semakin besar kemungkinan situs otoritatif lain akan menautkannya. Ini berarti bahwa konten Anda harus relevan dengan merek dan audiens Anda, informatif, kreatif, dan ditulis dengan baik.

Langkah 4: Tingkatkan Struktur Penghubung Internal Anda

Internal link membantu mengarahkan pengunjung ke apa yang ingin mereka temukan sehingga meningkatkan pengalaman pengguna mereka.

Tautan internal memberi pembaca Anda opsi membaca lebih lanjut dan membantu mempromosikan konten yang lebih lama.

Tautan internal membantu mencegah pengunjung keluar dari frustrasi dan juga membantu membuat mereka tetap terlibat dengan situs web Anda pada saat yang sama. Selain itu, tautan internal memudahkan mesin pencari untuk mengindeks seluruh situs Anda.

Langkah 5: Hapus Tautan Buruk dan Beracun

Sekali-sekali, Anda harus melihat profil tautan Anda dan mencari tautan balik yang buruk atau beracun. Ini akan memungkinkan Anda untuk menghapus tautan dari sumber yang buruk yang pada akhirnya dapat merusak otoritas domain Anda alih-alih membantunya.

Anda juga harus menghapus semua tautan yang diposting di seluruh situs web Anda yang mengarah ke situs yang buruk atau rusak karena ini akan berdampak negatif juga.

Langkah 6: Pastikan Situs Web Anda Mobile-Friendly

Untuk memeriksa apakah situs web Anda ramah seluler atau tidak, Anda dapat mengunjungi halaman Mobile-Friendly Test by Google Developers . Ini akan menganalisis halaman web Anda dan memberi tahu Anda seberapa ramah situs Anda dengan seluler.

Sangat penting untuk memiliki situs yang ramah seluler sekarang karena lebih banyak pengguna yang menjelajahi internet dengan smartphone mereka.

Langkah 7: Menjadi Otoritas di Dalam Niche Anda

Ini hanya dapat dilakukan dengan membuat konten hebat dan terlibat dengan followers dan konsumen Anda di media sosial dengan cara yang bermakna.

Dengan meningkatkan reputasi Anda sebagai otoritas, Anda akan memperkuat identitas merek Anda, yang tidak hanya akan membantu meningkatkan lalu lintas, tetapi juga meningkatkan jumlah tautan eksternal yang Anda peroleh dari sumber berkualitas tinggi lainnya.

Cara lain untuk meningkatkan otoritas situs web Anda adalah dengan membuat blog tamu di situs web lain yang relevan dengan industri Anda.

Langkah 8: Tingkatkan Kecepatan Pemuatan Halaman Web Anda

Kecepatan pemuatan yang buruk dapat berdampak buruk pada rasio pentalan Anda.

Anda juga dapat memeriksa kecepatan pemuatan situs web Anda dengan  PageSpeed tool by Google Developers. Tidak hanya akan menganalisis kecepatan situs Anda namun juga akan mengidentifikasi beberapa cara bagi Anda untuk membuat situs Anda lebih cepat dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Langkah 9: Promosikan Konten Anda melalui Media Sosial

Posting tautan ke konten Anda di berbagai halaman media sosial Anda dan pastikan untuk mendorong pengikut untuk menyukai, berbagi atau mengomentarinya. Anda juga harus memasukkan tombol social share langsung di halaman web Anda.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
9 Cara Tingkatkan Otoritas Domain (Domain Authority)
Artikel
9 Cara Tingkatkan Otoritas Domain (Domain Authority)
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Satu hal yang sangat penting selama bertahun-tahun adalah otoritas domain situs web. Yuk baca 9 Cara Tingkatkan Otoritas Domain (Domain Authority)
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

2 thoughts on “9 Cara Tingkatkan Otoritas Domain (Domain Authority)”

Leave a Comment