Cara Menambah dan Mengubah DNS Record di Directadmin

DNS atau domain Name System berfungsi sebagai server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host melalui host name-nya.

DNS ini sangatlah penting karena jika ada error pada DNS maka domain yang diarahkan menggunakan DNS tersebut tidak dapat diakses.

Saat kita mengarahkan suatu domain pada server hosting maka kita memerlukan NAMESERVER namun pada Kebanyakan kasus mengarahkan domain dengan DNS juga bisa menambahkan kecepatan suatu website.

Dalam DNS terdapat banyak Record yakni A, AAA, CAA, CNAME, MX, SRV, TXT.kita dapat mengedit dan Menambahkan DNS di directadmin.

Cara Menambah dan Mengubah DNS Record di Directadmin

Sebelum kita mulai Panduanya terlebih dahulu anda harus memiliki layanan hosting yang menggunakan control panel directadmin, Anda dapat memilih jetorbit.

jika sudah maka anda bisa mulai mengikuti panduan berikut :

1. Login ke akun hosting directadmin

Untuk  login ke akun Directadmin anda. biasanya menggunakan Port 2222 maka anda dapat menggunakan namadomainanda.com:2222. masukan username dan password anda kemudian login.

2. Pilih DNS Management

Berikutnya anda dapat mencari Fitur “dns Management”, jika kesusahan anda dapat menggunakan Fitur Search kemudian Ketikan “DNS” secara otomatis Fitur akan muncul.

3. Menambahkan dan Mengubah DNS record

Untuk menambah dan mengubah DNS record sangatlah mudah. anda cukup klik add record kemudian akan terdapat banyak record pilihan :

Untuk mengubah DNS record anda Dapatmengklik Ico pen pada setiap record yang sudah ada.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai record A, AAAA, CAA, CNAME, MX, SRV, TXT :

  • A record .Berfungsi untuk memetakan domain atau subdomain ke IPv4 yang tercantum di Dalamnya. IPv4 adalah alamat IP 32 bit dengan format penulisan aaa.bbb.ccc.ddd.MX Record .berisi informasi lokasi mail server yang digunakan oleh domain tersebut, ini biasanya akan otomatis Terisi ketika kita menghubungkan domain ke layanan hosting menggunakan Nameserver
  • PTR Record . PTR Record kebalikan dari A record. Jadi dia berfungsi mengarahkan IP menjadi sebuah domain atau hostname. Dengan PTR Record, kita bisa mengetahui siapa pemilik IP tertentu.
  • NS Record . NS record atau catatan server nama memetakan sebuah nama domain ke dalam satu daftar dari server DNS untuk Domain tersebut. bergantung kepada record NS, contoh Record NS adalah Sebagai Berikut ns1.jetorbit.net dan Ns2.jetorbit.net
  • TXT Record . TXT Record mengijinkan administrator untuk memasukan data acak ke dalam catatan DNS, catatan ini juga Digunakan di spesifikasi Sender Policy Framework.Txt record ini biasanya digunakan para developer untuk Memverifikasi domain mereka di search console.
  • MX Record .berisi informasi lokasi mail server yang digunakan oleh domain tersebut, ini biasanya akan otomatis Terisi ketika kita menghubungkan domain ke layanan hosting menggunakan Nameserver
  • CName Record . CNAME sering digunakan untuk mengarahkan beberapa domain atau subdomain ke webhosting yang sama. misal Untuk mengarahkan www.jetorbit.com ke jetorbit.com (tanpa www) digunakan CNAME dengan format www.jetorbit.com. 14400 IN CNAME jetorbit.com.com

Itulah Beberapa penjelasan dari setiap record yang ada Di Directadmin.

Kesimpulan

Setelah anda selesai menambah dan mengubah DNS record maka memerlukan waktu biasanya sampai 24 jam untuk masa Propagasi DNS. pada Masa propagasi ini biasanya website akan menemukan sedikit masalah ketika diakses.

Anda Juga dapat menghapus DNS dengan Mencentang DNS yang ada kemudian KLik delete.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan

Leave a Comment