Cara Membuat Cron Job di cPanel

Cron job adalah task yang dijalankan berdasarkan waktu tertentu dan terjadwal pada OS berbasis UNIX. Penggunaan umumnya adalah untuk mengotomatisasi task / perintah yang dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. 

Contoh penggunaan cron job, pada situs yang memuat jadwal pertandingan sepak bola, maka diperlukan update secara berkala jadwal pertandingan, skor pertandingan, dan sebagainya. Nah, agar situs tersebut selalu update dengan jadwal terbaru, maka perlu peran cron job untuk melakukan update data rutin. 

Berikut cara membuat cron job di cPanel:

  1. Login di cPanel dan pilih menu Cron Jobs

  2. Pada halaman berikutnya, disini Anda menentukan kapan waktunya sebuah script dieksekusi, serta perintah apa yang akan dijalankan.
    • Untuk lebih mudahnya, manfaatkan opsi Common Settings kapan script dieksekusi.
    • Pada bagian Command, masukkan perintah yang akan dieksekusi rutin.
    • Tekan Add New Cron Job untuk menyimpan penjadwalan.


  3. Selesai. Cron job berhasil dibuat.

Notes. Contoh pada tutorial diatas menggunakan command “php”, dimana perintah tersebut menjalankan PHP CLI (php yang hanya berjalan di command line). 

Pada kasus tertentu mungkin aplikasi web Anda pada hosting JetOrbit tidak bisa dieksekusi dengan command cron diatas, kemungkinan penyebabnya adalah perbedaan versi PHP CLI dengan PHP akun Anda.  

Solusinya, Anda perlu mengeksekusi perintah PHP sesuai versi yang Anda setting pada menu MultiPHP Manager. Misal, bila menggunakan PHP 7.3, maka command cron menggunakan /usr/local/bin/ea-php73

Contoh command cron job:

Anda selalu dapat menghubungi tim support kami bila menemui kesulitan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.5 / 5. Jumlah rate 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan

Leave a Comment