by

silvia

cron-job

Pernah mendengar istilah cron job kah? Bagi yang sudah pernah mendengar dan tahu istilah tersebut, boleh sharing ke kawan-kawan lain. Lalu bagaimana yang belum tahu sama sekali? Makanya, yuk baca Apa Itu Cron Job?

Cron Job Adalah …

Cron job adalah perintah Linux untuk menjadwalkan tugas yang akan dieksekusi suatu saat nanti. Ini biasanya digunakan untuk menjadwalkan pekerjaan yang dieksekusi secara berkala, misalnya untuk mengirim pemberitahuan setiap pagi.

Beberapa script, seperti Drupal, WHMCS mungkin mengharuskan Anda mengatur cron job untuk menjalankan fungsi tertentu.

Untuk sebagian besar cron job, ada tiga komponen yang ada:

  1. Script yang akan dipanggil atau dieksekusi.
  2. Perintah yang mengeksekusi script secara berulang. Ini biasanya diatur dalam cPanel.
  3. Tindakan atau output dari script, yang tergantung pada apa script dipanggil, tidak. Seringkali, script yang disebut sebagai cron job memodifikasi file atau database. Namun mereka dapat melakukan tugas lain yang tidak mengubah data di server, seperti mengirim pemberitahuan email.

Sebagian besar script yang mengharuskan penggunaan cron job akan memberi Anda instruksi spesifik tentang apa yang perlu disiapkan, sering memberikan contoh.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

3 responses to “Apa Itu Cron Job?”

  1. […] job, akan saya jelaskan sedikit ya, tapi versi agak nyontek di wikipedia 😀 haha… Jadi, cron job itu adalah perintah Linux untuk menjadwalkan tugas yang akan dieksekusi suatu saat nanti. Maksudnya […]

    1. silvia Avatar

      terima kasih atas insight nya, Kak :).. terima kasih Kak, sudah berkunjung ke blog kami 🙂

  2. […] Cron job adalah task yang dijalankan berdasarkan waktu tertentu dan terjadwal pada OS berbasis UNIX. Penggunaan umumnya adalah untuk mengotomatisasi task / perintah yang dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu.  […]

Leave a Comment