Pengertian Web Hosting dan Cara Kerjanya

Pengertian Web Hosting

Salah satu hal yang wajib anda ketahui sebagai seorang web development adalah terkait web hosting, yang mana web hosting itu sangat penting untuk mengonline kan aplikasi dab web anda.

Pada artikel panduan ini kami akan membahas secara lengkap terkait Pengertian Web Hosting.

Pengertian Web Hosting

Pengertian web hosting adalah tempat dimana website berada, dimana website bisa diakses oleh pengunjung di seluruh dunia. Hosting sendiri dalam bentuk sebenarnya adalah server (komputer) yang didalamnya terdapat file-file website dan server ini terhubung ke jaringan yang terhubung ke berbagai tempat, sehingga pengunjung dapat dengan mudah melakukan akses ke website tersebut.

Tanpa web hosting ini, anda tidak memiliki tempat untuk menampung/menaruh website anda sehingga bisa online.

Jetorbit menawarkan berbagai macam paket web hosting murah yang bisa anda pilih, mulai dari kategori shared hosting maupun reseller hostingdan pada shared hosting itu sendiri pun ada paketnya lagi yang bisa disesuaikan dengan penggunaan anda.

Nah anda sudah tahu tentang pengertian web hosting, lalu apa itu domain? Mari baca artikel ini tentang apa itu domain.

Cara Kerja Web Hosting

Berikutnya setelah anda mengetahui apa itu web hosting, tentu anda juga ingin mengetahui bagaimana cara kerja Hosting.

Web hosting terjadi ketika file yang membentuk situs web diunggah dari komputer lokal ke server web. Resource server, (RAM, ruang hard drive, dan bandwidth) dialokasikan ke situs web yang menggunakannya.

Pembagian Resource server bervariasi tergantung pada jenis paket hosting yang dipilih. Untuk memilih paket hosting yang sesuai, Anda harus terlebih dahulu membedakan antara paket yang tersedia.

Secara Singkat Cara kerja web hosting adalah sebagai berikut. Diumpamakan anda adalah pebisnis yang menjual peralatan mobil (otomotif), dimana anda butuh tempat (hosting) untuk menjajakan produk peralatan mobil anda. Sehingga hosting ini bisa anda sewa, dan akan aktif ketika ada website (produk) anda. dan melalui web hosting ini, anda bisa memberi tahukan ke semua orang di dunia bahwa anda memiliki produk peralatan mobil tanpa harus membicarakan nya ke orang satu demi satu.

Jenis-Jenis Web Hosting

Ada beberapa jenis web hosting yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda, berikut diantaranya :

  • Shared Hosting. Ini adalah layanan paket hosting terendah di mana dengan layanan ini anda akan mendapatkan paket hosting di mana di server nya juga memiliki banyak Paket-paket hosting lain selain anda, singkatnya seperti anda memiliki satu tempat yang di dalamnya terdapat banyak orang yang menyewa ruangan di tempat anda.
  • virtual private server (VPS) adalah langkah yang bagus dari shared hosting. Dengan VPS, pengguna terisolasi satu sama lain. Anda memiliki tetangga, tetapi tidak terlalu bergantung pada mereka, dan Anda dapat melakukan perubahan (kustomisasi) apa pun sesuka Anda dan mengatur workstation sendiri.
  • Dedicated Server. Paket ini adalah paket yang sangat tinggi dimana anda memiliki satu server yang hanya anda sendiri miliki dan tidak orang lain yang mengusik server anda, ini di ibaratkan anda memiliki satu gedung utama yang hanya anda pemilik nya, tanpa di sewakan.

Kesimpulan

Web hosting adalah tempat di mana anda bisa mengonlinekan semua layanan lokal anda, seperti web dan aplikasi.

Web hosting sangat berperan penting dalam berkembang nya bisnis online yang anda miliki, jadi pastikan memilih layanan yang tepat.

Demikian artikel pandua Terkait Pengertian Web Hosting dan Cara Kerjanya, smeoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.6 / 5. Jumlah rate 31

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

11 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.