Cara Memilih Lokasi Server Hosting Terbaik untuk Website

Memilih Lokasi Server hosting sangatlah penting untuk mengoptimalkan website atau blog yang anda kelola.Karena dengan lokasi yang benar maka akan berdampak pada SEO dan Kecepatan website anda.

Lokasi Yang paling umum di pilih oleh seorang developer website biasanya terdapat 3 lokasi utama, Yakni Server indonesia,Singapura dan Juga amerika.

Untuk ketiga server di atas bisa anda Pilih berdasarkan kebutuhan dan target traffic pada website.

Agar tidak salah pilih, pada panduan kali ini kami akan membahas Cara Memilih Lokasi Server Hosting Terbaik untuk Website.

Cara Memilih Lokasi Server Hosting Terbaik untuk Website

Sebelum melangkah lebih jauh, anda perlu memahami bahwa Lokasi server sangatlah penting untuk anda tentukan.

Ada beberapa aspek yang akan menjadi Perbandingan anda untuk memilih Lokasi server hosting, Seperti halnya Lokasi, Latensi jaringan dan Geo lokasi pengunjung web yang anda targetkan.

Berikut beberapa aspek yang bisa anda gunakan untuk memilih lokasi server Hosting.

Lokasi Server Berdampak pada Keceepatan Web ?

Jawaban singkatnya adalah Ya. Lokasi server memang berdampak pada kecepatan web dari sudut pandang visitor.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat menghosting web adalah menentukan dari mana sebagian besar traffic berasal. Mengapa ini sangat penting? Karena lokasi server tempat Anda meng-host web memainkan peran penting dalam latensi jaringan dan TTFB secara keseluruhan.

Latensi Jaringan & TTFB

Latensi jaringan mengacu pada waktu perjalanan yang terlibat dalam transmisi data dari browser web ke server melalui jaringan. Semakin jauh jarak yang harus ditempuh data, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuannya. Latensi jaringan biasanya diukur dalam milidetik namun, itu bisa berlangsung hingga beberapa detik tergantung pada jaringan.

Untuk mengecek latensi, anda bisa menggunakan tools berikut dari Bunnycdn

Cara Memilih Lokasi Server Hosting Terbaik untuk Website

TTFB (time to the first byte) mengukur jumlah waktu yang diperlukan ketika browser web mengirim permintaan ke server dan ketika menerima byte data pertama. Semakin jauh jarak data yang harus ditempuh, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk melayani halaman website.

yang perlu Anda ingat adalah bahwa latensi jaringan dan TTFB harus serendah mungkin.

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan mempertimbangkan untuk memilih lokasi server yang dekat dengan visitor website.

Geolokasi Visitor Website

Cara mudah untuk menemukan tentang geolokasi pengunjung web Anda adalah dengan memeriksa akun Google Analytics.

Arahkan ke Pengguna > Demografi > Detail Demografi

Di sini Anda akan dapat melihat negara dari mana traffic berasal. Jika Anda menjalankan bisnis lokal, Anda dapat mempersempit hasil dengan memfilter ke kota.

Cara Memilih Lokasi Server Hosting Terbaik untuk Website

Dalam contoh kami, Anda dapat melihat bahwa lebih dari 90% pengunjung berasal dari Indonesia. Jadi, Pastikan jika ingin menghosting maka lebih baik Menggunakan server lokal Indonesia.

Jika Anda menargetkan audiens global, Anda dapat memanfaatkan jaringan pengiriman konten (CDN). Seperti cloudflare, Yang terpenting adalah anda memikirkan sumber traffic utamanya terlebih dahulu.

Kesimpulan

Di atas sudah di jelaskan dengan jelas pentingnya Lokasi server,Latensi server dan TFFB. jadi Bisa di simpulkan jika anda ingin memilih hosting untuk Website, maka silahkan lakukan komparasi atau perbandingan dari aspek-aspek di atas.

Singkatnya, kami biasanya memilih lokasi Server Berdasarkan Bahasa website yang akan di pakai, karena dengan menentukan bahasa website maka akan jelas target Visitor yang akan kita tuju.

Demikian panduan terkait Cara Memilih Lokasi Server Hosting Terbaik untuk Website, semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 64

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.