Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Website atau Situs

Sharing is caring!

Saat orang mengakses internet, pasti di otaknya akan menyangkut hal lain yang berdekatan, yaitu website. Sering kita mendengar orang berkata, “Cari saja materinya di internet …” atau “Aku baru saja menemukan referensi baru dari internet …”, yang mungkin saja maksud orang tersebut “Aku baru saja menemukan referensi baru dari website X …” atau bahkan “Cari saja materinya di website Yahoo atau website Google …”. Yuk cari tahu terkait Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Website atau Situs.

Melalui artikel ini, kami akan membahas tentang pengertian website atau situs, jenis website, fungsi, dan cara kerja website.

Apa Itu Website?

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang menyajikan informasi serta diletakkan di dalam sebuah server atau hosting yang mana untuk mengaksesnya melalui halaman depan (home page) menggunakan jaringan internet. Website seringkali disebut sebagai web, site, situs atau situs web. Agar dapat diakses di internet maka sebuah website membutuhkan 2 komponen yang harus ada, yaitu domain dan hosting.

Contoh alamat website Jetorbit adalah https://www.jetorbit.com/  maka jika diakses akan tampil home page seperti gambar di bawah ini. Halaman web adalah bagian yang diberi tanda kotak berwarna merah yang ketika diklik akan mengarah ke halaman baru berupa informasi yang berbeda dengan home page.

Cara Membuka Website

Website dapat dibuka dengan dibutuhkannya sebuah browser seperti Firefox, Edge atau Chrome. Anda cukup mengetikkan URL di kolom browser untuk dapat membuka website. Sebagai contoh, silakan ketikkan URL https://www.jetorbit.com/ di kolom browser maka akan tampil halaman depan dari website Jetorbit.

Website pun dapat diakses dengan mencari kata kunci tertentu di mesin pencarian seperti Google. Contohnya Anda ketikkan kata kunci “fungsi website” di Google maka akan muncul beberapa website dan Anda pun dapat memilih salah satu website yang tampil di hasil pencarian.

Jenis Website

Beberapa jenis website yang dapat Anda temukan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Company Profile
  • Toko Online
  • Blog
  • Web Portal
  • Search Engine
  • Forum
  • Sosial Media, dll

Jenis website baru pun terus bermunculan seiring dengan kebutuhan manusia, seperti Media Sharing (Youtube, Imageshack), Cloud (Google Drive, Dropbox), Web Application, dan sebagainya.

Pada artikel ini, akan membahas beberapa website yang paling umum, yaitu website pribadi, company profile, toko online, dan blog.

  • Website Pribadi

Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat website pribadi, mulai dari yang gratis sampai layanan berbayar. Anda harus bersedia memiliki alamat website seperti www.namawebsite.blogspot.com untuk yang gratis.

Biasanya penyedia layanan website gratis akan memberikan resource terbatas sehingga alamat website seperti contoh di atas tidak disarankan jika Anda ingin memiliki konten lengkap seperti video dan gambar dalam jumlah banyak.

Kami sarankan Anda untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting seperti Jetorbit sehingga alamat website Anda akan sulit bersaing di mesin pencari.

  • Website Company Profile

Website Company Profile adalah sebuah website yang berisi tentang informasi dari sebuah perusahaan. Website company profile bertujuan untuk menampilkan profil perusahaan untuk membangun kredibilitas di dunia maya. Melalui website company profile pula, Anda dapat membangun citra bisnis seperti yang Anda inginkan dan ingin Anda tunjukkan ke dunia karena website company profile merupakan media publikasi terbesar.

Menurut hasil riset Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017, pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 143,26 juta. Apabila saat ini Anda belum memiliki Company Profile maka kemungkinan besar Anda telah melewatkan banyak sekali segmen pasar baru yang penting dalam pertumbuhan bisnis Anda.

Company Profile merepresentasikan sebuah perusahaan dan memiliki peranan sangat penting karena menjadi kesan pertama perusahaan kepada calon pelanggan atau rekan bisnis. Oleh karena itu, beberapa hal yang diperlukan dalam sebuah Company Profile, yaitu:

  • Sejarah berdirinya perusahaan
  • Struktur organisasi perusahaan
  • Kualitas sumber daya perusahaan
  • Kinerja perusahaan
  • Produk atau jasa perusahaan
  • Kontak perusahaan

Silakan ikuti tutorial mengenai cara membuat website company profile yang sudah kami buat sehingga dapat dengan mudah dipahami langkah-langkahnya.

  • Website Toko Online

Toko online adalah tempat di mana terjadinya suatu transaksi penjualan barang atau jasa di internet. Meskipun, tidak menutup kemungkinan proses pembayaran juga dapat dilakukan secara offline yang biasa dikenal dengan istilah COD (Cash on Delivery), yaitu pembayaran dilakukan bersamaan saat barang telah diterima oleh pembeli.

Online shop tidak harus ada di website karena bisa saja Anda dapat membuka toko online di sosial media, seperti Facebook dan Instagram. Melalui sistem online shop ini, pembeli dapat menyampaikan pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung melalui BBM, LINE atau Whatsapp.

Apabila Anda ingin membuat toko online dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan toko online yang ada saat ini maka Anda membutuhkan sebuah tool yang tepat. Anda dapat membuatnya dalam hitungan jam bahkan menit dan website toko online Anda dapat diakses melalui internet.

Melihat pertumbuhan belanja online yang makin pesat, tentu saja hal ini menjadi potensi yang sangat besar untuk Anda. Lalu, apa saja yang perlu ada di dalam sebuah website toko online?

Di dalam sebuah website toko online terdapat gambar dari produk-produk yang dijual sehingga terlihat menarik dan website toko online juga menyediakan layanan Customer Service.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus ada di dalam sebuah website toko online:

  • Daftar produk-produk yang Anda jual
  • Penjelasan detail dari sebuah produk
  • Informasi mengenai promo dan produk best seller
  • Halaman untuk melakukan order/pemesanan
  • Kontak Customer Service
  • Blog

Blog merupakan singkatan dari web log merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Di dalam dunia internet marketing, blog merupakan salah satu cara untuk mendatangkan calon pelanggan. Melalui blog, Anda dapat menyampaikan berbagai informasi yang relevan dengan produk yang Anda miliki, baik barang maupun jasa. Anda pun dapat membangun branding perusahaan maupun personal Anda melalui blog.

Fungsi Website

Bagi Anda yang memutuskan untuk membuat website tentunya memiliki sebuah tujuan tertentu. Apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari sebuah website? Apa yang dapat dilakukan dengan sebuah website?

  • Informasi : lebih menekankan pada kualitas kontennya karena tujuan situsnya adalah menyampaikan isi. Apabila orang lain ingin mengetahui informasi atau pesan dari Anda maka orang tersebut cukup membuka alamat website Anda.
  • Komunikasi : merupakan situs web dinamis yang dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting, forum serta lainnya untuk memudahkan dalam berkomunikasi.
  • Entertainment : memberikan fungsi hiburan, seperti game online, film online, musik online, dan sebagainya.
  • Transaksi : situs web ini menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer bahkan dengan cara membayar secara langsung.
  • Promosi : sebagai sarana untuk promosi dari suatu perusahaan atau perorangan yang menjalankan bisnis online.

Cara Kerja Website

Penjelasan untuk gambar cara kerja web diatas adalah USER atau pengguna yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui Web Browser (media untuk menuju URL yang diakses).

Selanjutnya Web Browser tersebut mengirimkan permintaan berupa HTTP request kepada Web Server melalui layer-layer TCP/IP kemudian Web Server memberikan Web files yang di-request jika ada. Web files yang telah diberikan tidak langsung ditampilkan/di-display begitu saja namun Web Server memberikan respon kembali ke Web Browser melalui HTTP response yang juga melalui layer-layer TCP/IP. Kemudian baru diterima oleh Web browser lalu dikirimkan kepada USER berupa Display.

Secara umum cara kerja web adalah sebagai berikut:

  • Informasi web disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman web (web page).
  • Halaman web tersebut disimpan dalam computer server web.
  • Sementara di pihak pemakai ada komputer yang bertindak sebagai computer client yang mana ditempatkan program untuk membaca halaman web yang ada di server web (browser).
  • Browser membaca halaman web yang ada di server web.

Ada 2 bagian utama dalam aplikasi web, yaitu yang pertama adalah sisi client dan yang kedua ialah sisi server. Sisi client dalam hal ini adalah PC atau bisa disebut juga dengan perangkat mobile yang terhubung ke jaringan internet. Client dapat mengakses aplikasi web melalui web browser, seperti mozilla firefox, google chrome, internet explorer, dan web browser lainnya. Sedangkan server adalah perangkat komputer dengan spesifikasi yang bagus dan digunakan untuk menyimpan aplikasi web beserta database server yang siap untuk diakses oleh client. Client bertugas meminta halaman web browser melalui web browser lalu web browser akan meneruskannya ke server yang mana aplikasi web berada. Selanjutnya komputer server akan mengolah permintaan dari client saat halaman web yang diminta ditemukan maka komputer server akan mengirimkannya ke computer client dan halaman web yang diminta akan ditampilkan di web browser pada computer client.

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a Comment