Apakah Anda ingin belajar cara membuat website pribadi namun masih bingung harus mulai dari mana? Semoga inilah jawabannya. Membangun sebuah website dari awal bisa menjadi sesuatu yang menantang, baik bagi pemula maupun yang sudah expert. Anda harus tahu tujuannya apa dan bagaimana cara membangunnya sehingga menjadi suatu website yang bisa dilihat dan diakses dengan nyaman.

Anda bisa saja memiliki lapak online di situs jual-beli online atau situs marketplace maupun akun jualan di situs social media. Namun apabila belum memiliki website sendiri maka daya ungkit bisnis dan promosi online akan kurang optimal.

Mudah-mudahan setelah Anda mengikuti seri tutorial cara membuat website pribadi ini, akan memudahkan Anda dalam  menjalankan lapak online.

Apa Itu Website?

Sebelum Anda berpikir bagaimana cara menata tampilan website, ada baiknya kami ulas sedikit tentang apa itu website dan elemen-elemen pembentuknya.

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang menyajikan informasi serta diletakkan di dalam sebuah server atau hosting yang mana untuk mengaksesnya melalui halaman depan (home page) menggunakan jaringan internet. Website seringkali disebut sebagai web, site, situs atau situs web. Agar dapat diakses di internet maka sebuah website membutuhkan 2 komponen yang harus ada, yaitu domain dan hosting.

Beberapa jenis website yang dapat Anda temukan, di antaranya adalah website Company Profile, website toko online, blog, web portal, social media, dan lain-lain.

Mengapa Harus Punya Webite Sendiri?

Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda memiliki website sendiri:

  1. Meningkatkan Kredibilitas dari Bisnis

Saat ini, semakin banyak orang mengakses internet untuk mencari informasi terkait produk dan jasa. Jika tidak memiliki website, calon konsumen atau konsumen akan lari ke kompetitor Anda.

Apabila Anda memiliki website sendiri lalu menata dengan tampilan profesional untuk menjual produk atau jasa, bisnis Anda akan terlihat lebih baik dan mendapat kepercayaan dari pelanggan.

2. Menghemat Uang

Awalnya orang berpikir jika membuat website profesional membutuhkan biaya mahal. Sebenarnya ini justru biaya yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan tidak memiliki website sama sekali.

Coba bandingkan dengan biaya iklan di koran. Ketika Anda melihat ada pasar potensial yang bisa dijangkau oleh website Anda maka itu adalah cara efektif untuk memperluas jaringan bisnis Anda.

  1. Website Dapat Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Website adalah media sempurna memasarkan produk Anda ke pasar yang lebih luas, bahkan ke luar negeri. Hal ini dikarenakan pengguna website bisa dari berbagai belahan tanpa terpaut jarak dan waktu selama ada koneksi internet.

Bahkan, dengan website Anda, secara tidak langsung akan menjadi sarana promosi ke kawan Anda yang berada di berbagai belahan dunia.

Hal ini tentu saja bisa karena kawan Anda akan mengingat website atau nama perusahaan Anda sehingga ketika lupa pun, kawan Anda akan melakukan pencarian di mesin pencarian.

  1. Media Katalog Produk dan Jasa

Tak peduli apapun jenis produk bisnis Anda, dengan memiliki website akan jauh memudahkan Anda memperlihatkan karya Anda.

Anda bisa memasukkan galeri foto hasil kerja Anda serta testimoni untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Anda dapat menunjukkan perbedaan bisnis Anda dengan para pesaing Anda.

Jika Anda memasarkan produk atau jasa di iklan koran, akan sangat terbatas space nya dan tidak mudah mengubah informasi terbaru. Namun jika Anda memiliki website sendiri, Anda bisa menambahkan informasi detail terkait produk atau jasa yang ditawarkan.

Baiklah, mari kita mulai…

  1. Tentukan Nama Domain Dan Hosting
  • Menentukan nama domain yang menarik

Bagaimana Mencari Nama Domain yang Baik? Berikut ini merupakan tips memilih domain:

a. Sesuaikan dengan Tema

b. Sesuaikan dengan Isi di Website

Anda dapat menggunakan nama domain yang sesuai dengan isi website sehingga pengunjung dapat memahami garis besar dari website Anda.

c. Gunakan Kata yang Mudah Diingat dan Mudah Diketik

Menggunakan kata yang mudah diingat maka pengunjung akan lebih mudah mengingat dan mudah mengetik di mesin pencarian sehingga hal ini akan meningkatkan traffic website Anda.

d. Hindari Angka dan Tanda Baca

Hindari nama domain yang menyulitkan pengunjung karena dapat menyebabkan traffic website Anda menurun. Contohnya adalah Facebook. Apabila dari awal menggunakan domain Face-book atau misalkan facebook813, mereka mungkin tidak akan terkenal sampai sekarang.

e. Hindari Nama yang Terlalu Panjang

Gunakan nama domain tidak lebih dari 15 karakter karena akan menyulitkan jika terlalu Panjang. Nama domain memang merepresentasikan bisnis Anda namun akan membingungkan jika terlalu panjang karakternya.

f. Pilih Ekstensi yang Tepat

Ekstensi domain adalah tipe domain, contohnya seperti .com, .co.id, .id, dan lain-lain. Ekstensi yang populer di dunia adalah .com dan .net. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kedua ekstensi tersebut untuk website bisnis Anda. Tujuan utama menggunakan ekstensi domain popular adalah agar lebih mudah dikenali oleh banyak orang. Namun jika keduanya tidak tersedia maka Anda dapat menggunakan ekstensi local, seperti .id atau .co.id.

g. Gunakan Nama Domain yang Kreatif dan Brandable

Sebaiknya Anda gunakan nama domain yang kreatif dan brandable sehingga lebih mudah untuk branding. Domain Anda akan lebih mudah diingat, dicari, dan tentunya lebih mudah disebarkan oleh pengunjung website Anda.

h. Pastikan Belum Digunakan oleh Pihak Lain

Anda dapat melakukan research untuk mengetahui apakah nama domain Anda sudah digunakan oleh pihak lain atau belum. Pastikan nama domain yang Anda pilih tidak mirip dengan brand lain.

  • Memilih paket hosting yang cocok
  1. Install WordPress

Silakan Anda ikuti panduan di bawah ini:

  1. Buka domainanda.com/cpanel

Lalu masukkan username dan password yang diberikan saat membeli hosting

website pribadi

  1. Cari dan klik logo WordPress. Jika tidak ada, pilih “Softaculous Apps Installer” (softaculous adalah aplikasi untuk menginstal berbagai platform website, salah satunya adalah WordPress)

website pribadi 2

  1. Klik tombol biru “install now”

website pribadi 3

4. Isi informasi yang dibutuhkan (perhatikan gambar). Setelah semua terisi, klik tombol “Install”

website pribadi 4

  1. Tunggu 1-2 menit sampai website Anda terinstal WordPress dengan sempurna.

website pribadi 5

     6. Setting Website, Install Plugin, dan Themes

  • Atur menu General Setting pada WordPress

website pribadi 6

  • Install Plugin Standar

Salah satu keunggulan WordPress yang diinstal di domain dan hosting sendiri (self hosted), adalah penggunaan PLUGIN yang memungkinkan kita untuk menambahkan fungsi tertentu sesuai kebutuhan.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi plugin WordPress yang dapat Anda install, yakni WordPress SEO by YOAST, Contact Forms 7, Jetpack, iThemes Security

  • Atur Layout dengan Mengatur Themes

Untuk mengganti template, langkah pertama yang wajib Anda lakukan tentu saja login akun WordPress dan masuk dashboard. Untuk login ke WordPress, akses ke https://domainnya.com/wp-admin

website pribadi 7

website pribadi 8

Selanjutnya, setelah berhasil masuk maka langsung menuju menu appearance di sebelah kiri lalu pilih themes kemudian pilih add new. Singkatnya adalah appearance => themes => add new.   

website pribadi 9

Setelah klik add new, akan muncul banyak sekali pilihan template secara gratis dan Anda langsung bisa memilih. Anda bisa mencari dan menemukan template sesuai kebutuhan Anda lalu pilih Install untuk mengaktifkan template baru tersebut. Anda dapat mengecek apakah template sudah berubah atau belum dengan cara mengunjungi domain Anda sendiri.

Kurang lebih itu beberapa langkah dasar cara membuat website secara cepat dan praktis.

Jika langkah-langkah di atas sudah selesai Anda lakukan maka selanjutnya Anda bisa mulai mengupload konten yang ingin ditampilkan pada website, seperti gambar, artikel atau profil usaha Anda.

Salah satu indikasi website yang sangat bagus ialah website mobile friendly. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna smartphone di Indonesia semakin bertambah. Sebagaimana kita ketahui bahwa menggunakan smartphone semakin ke sini semakin lebih mudah dan simple.

Oleh karena itu, membuat website mobile friendly sangatlah penting dengan tujuan untuk semakin mengembangkan bisnis yang Anda kelola melalui website tersebut. Berikut kami sajikan tips membuat website mobile friendly https://www.jetorbit.com/blog/7-tips-membuat-website-yang-mobile-friendly/

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit dengan tanpa mengurangi kualitas, Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan dan sukses dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.3 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

4 responses to “Cara Membuat Website Pribadi”

  1. […] diri kita. Memiliki website pribadi membuat kesan yang lebih profesional. Anda bisa mencoba membuat website sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website, seperti […]

    1. silvia Avatar

      Terima kasih ya Kak udah mampir ke blog kami, semoga bermanfaat ya 🙂

  2. […] ini tersedia berbagai layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat website pribadi, mulai dari yang gratis sampai layanan berbayar. Anda harus bersedia memiliki alamat website […]

    1. silvia Avatar

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami, Kak 🙂

Leave a Comment