Cara Menambahkan dan Mengubah DNS Record Di Cpanel

Pengenalan

DNS atau domain Name System berfungsi sebagai server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host melalui host name-nya.

DNS ini sangatlah penting karena jika ada error pada DNS maka domain yang diarahkan menggunakan DNS tersebut tidak dapat diakses.

Saat kita mengarahkan suatu domain pada server hosting maka kita memerlukan NAMESERVER namun pada Kebanyakan kasus mengarahkan domain dengan DNS juga bisa menambahkan kecepatan suatu website.

Dalam DNS terdapat banyak Record yakni A, AAA, CAA, CNAME, MX, SRV, TXT.kita dapat mengedit dan Menambahkan DNS di cpanel.

Langkah Menambah dan Mengedit DNS Record Pada CPanel

Sebelum mulai mengedit ataupun menambah dns record pada cpanel pastikan anda harus mempunyai Cpanel Terlebih dahulu anda bisa Memilih jetorbit sebagai pilihan hosting terbaik anda.

1. Login Cpanel

Anda bisa mengikuti panduan berikut untuk login pada Cpanel anda cara login ke cpanel.

2.Cari Menu Zone Editor

Setelah berhasil masuk pada Cpanel langkah berikutnya adalah anda mencari menu “zone editor”.

3.Memilih Domain

Setelah anda berhasil masuk pada menu zone editor langkah berikutnya adalah memilih domain yang akan anda Edit pada zone editor kemudian klik “manage” disini saya memilih domain writer.jetweb.id.

4.Menambahkan Record Baru

Berikutnya adalah anda klik Add Record.

5.Memasukan Type Record

Kemudian masukan Record yang anda di inginkan. untuk Type Record bisa di ubah sesuai yang dibutuhkan  A, AAA, CAA, CNAME, MX, SRV,  atau TXT. Jika telah selesai klik add record.

Catatan : untuk bagian name,type record wajib anda isi.

6.Mengedit Zone Editor

Kemudian untuk meng-edit dns record anda hanya perlu klik edit pada DNS record yang sudah ada.

7. Preview Hasil Edit

anda dapat mengubah DNS dengan mengubah TYpe,name dan Record  Setelah anda selesai mengedit yang anda perlukan langkah terakhir adalah save record.

Selesai, perlu diingat biasanya waktu propagasi saat anda mengubah DNS record ini memerlukan waktu paling tidak 24 jam untuk memastikan DNS record sudah terhubung dengan baik. anda juga dapat menghapus DNS record yang tidak diinginkan dengan menu delete pada Zone Editor.

 

 

 

 

 

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan