Cara Membuat Child Nameserver

Bagikan

Membuat child nameserver atau private nameserver sendiri pada layanan hosting yang kita miliki akan membuat terlihat lebih profesional.

Sebagai contoh nameserver jetorbit adalah ns1.jetorbit.net dan ns2.jetorbit.net kemudian anda bisa mengubahnya menggunakan domain sendiri yakni ns1.domainanda.com.

Sebelum lebih lanjut ke pembahasan mari kita mengenal child atau private nameserver terlebih dahulu.

Apa itu child Atau Private nameserver ?

Child atau private nameserver adalah sebuah nameserver di mana kita dapat menggunakan domain sendiri untuk menghubungkan antara hosting dan domain.

Child nameserver sangat berguna bagi anda yang memiliki layanan reseller hosting, karena anda bisa menggunakan nameserver sendiri tanpa mengikuti nameserver penyedia hosting.

Prasayarat Membuat Child Nameserver

Ada beberapa syarat yang harus anda lengkapi sebelum membuat child nameserver, yakni :

  1. Memiliki Nama Domain. Yang pertama anda harus menyiapkan nama domain terlebih dahulu, untuk jenis domainya bebas anda tentukan.
  2. Memiliki IP Address dari VPS atau layanan Dedicated.Syarat wajib kedua adalah anda harus memiliki private IP baik dari layanan VPS maupun dedicated server. karena ini berguna untuk mengarahkan kemana nameserver akan tertuju.

Cara Membuat Child Nameserver

Setelah anda mengenal dan mengetahui Apa itu nameserver dan juga Syarat yang harus di siapkan, maka langkah berikutnya anda bisa langsung mengikuti panduan nya, Yakni :

1. Login Ke Client Area Penyedia Domain

Yang pertama silahkan anda login ke client area penyedia domain anda, jika domain anda ada di jetorbit maka silahkan bisa anda buka tautan berikut https://client.jetorbit.com/clientarea.php kemudian masukan email dan juga password akun anda.

Jika anda menggunakan akun google,facebook,twitter ketika sign up atau registrasi, maka anda bisa langsung klik sign with.

Jika sudah berhasil login ke dashboard area jetorbit, berikutnya silahkan anda pilih bagian Domain

2. Pilih Domain Yang Akan di Gunakan Untuk Child Nameserver

Berikutnya anda akan di tampilkan Dashboard dari domain yang sudah anda beli, untuk melanjutkan silahkan anda pilih salah satu domain yang akan di buatkan child nameserver dengan mengklik Gambar Gerigi

3. Pilih Register Nameserver pada Management Tools

Setelah itu anda akan berada di management domain, untuk melanjutkan membuat Child nameserver, silahkan anda pilih management tools kemudian pilih register nameserver.

4. Membuat Child Atau Private Nameserver

Nah sekarang kita akan langsung masuk ke panduan cara membuatnya. Setelah anda mengklik register nameserver maka akan tampil beberapa fitur dari register nameserver.

untuk membuat child nameserver silahkan anda masukan NS yang ingin anda gunakan dan juga IP dari server VPS atau dedicated pada kolom REGISTER A NAMESERVER NAME, Sebagai contoh seperti pada gambar berikut :

Pada gambar di atas Saya memasukan Nameserver dengan NS1, Dan juga di arahkan ke IP 185.144.31.152. Pada kolom IP address tersebut silahkan anda Masukan IP address tujuan dari VPS atau Dedicated server anda.

Kemudian jika sudah silahkan anda klik Save changes. Maka disini anda telah sukses Membuat NS1.domainanda.com Untuk membuat NS2 silahkan anda ulangi step diatas, namun pada kolom Nameserver Dapat anda Masukan NS2 dan pada Ip address anda masukan kembali IP yang tadi anda gunakan untuk NS1.

Setelah selesai melakukan step diatas maka anda telah selesai membuat NS1.domainanda.com dan NS2.domainanda.com.

Bagaimana Cara memastikan Pembuatan NS sudah benar ?

Untuk dapat memastikan apakah NS yang sudah anda buat sudah benar, maka anda bisa menggunakan salah satu tool yakni https://dnschecker.org/ns-lookup.php.

Masukan nama domain anda, kemudian klik Show NS record maka akan terlihat NS yang sudah teregistrasi

Kesimpulan

Child atau private nameserver adalah sebuah nameserver di mana kita dapat menggunakan domain sendiri untuk menghubungkan antara hosting dan domain.

Penggunaan Nameserver juga tidak selalu per paut pada Ns1 dan NS2 anda juga bisa menggunakan DNS1 dan DNS2, sebagai contoh DNS1.domainanda.com dan NS2.domainanda.com

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Comment