Panduan Mengenal dan Membuat Website

Definisi, cara dan tutorial dalam memiliki website, hosting dan domain

Download Ebook Panduan Ini!

Tidak punya waktu saat ini?
Download ebook Panduan Belajar Mengenal dan Membuat Website yang bisa anda baca setiap saat dimana saja, sekarang! Gratis!
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 4.70 out of 5)
Loading...

Belajar Mengenal dan Membuat Website

Apa Itu Domain ?

Pada dasarnya, domain itu menunjukkan alamat website Anda. Domain sangat penting dalam membuat website. Dengan kata lain, domain diasumsikan sebagai alamat fisik website yang Anda sudah buat. Domain awalnya memang dibuat untuk mengganti alamat IP karena alamat IP merupakan kombinasi angka yang membentuk kode-kode untuk menamakan situs Anda maka untuk lebih ringkasnya alamat IP ini diubah menjadi domain.  Di lain sisi, sebuah domain juga memiliki 2 elemen utama, yaitu nama website dan ektensi (akhiran nama website), ekstensi setiap website itu berbeda ada yang .com, .net, .org, dan lain-lain.

Ibarat Sebuah Bangunan, Domain Adalah Alamat Bangunan

Jika website diibaratkan sebagai sebuah bangunan, hosting sebagai lahan bangunan, maka domain di sini diibaratkan sebagai alamat bangunan tersebut.  Tentunya alamat setiap bangunan tidak pernah sama, selalu berbeda satu sama lain. 

Misalnya Anda ingin mencari tentang bagaimana cara membuat kue, pasti Anda akan mengetik sebuah kata kunci di mesin pencari.  Setelah itu, mesin pencari akan menayangkan sejumlah alamat website yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.  Nah, alamat website yang muncul itu adalah domain.

Atau jika Anda sudah menghafal alamat website yang dituju, seperti Anda ingin membuka facebook, Anda tinggal mengetik facebook.com , facebook.com itu adalah sebuah domain.  Alamat domain, alamat website, dan alamat url itu mempunyai pengertian yang sama ya, jadi jangan bingung dengan 3 istilah tersebut.

Cara Beli Domain di Jetorbit.com

  1. Masuk ke https://www.jetorbit.com/domain
  2. Pada bagian ini, ketikkan nama domain yang Anda inginkan beserta ekstensinya.
    Contoh: inibisnisku.com
  3. Jika hasil yang muncul menyebutkan bahwa domain bisa didaftarkan berarti domain tersebut masih tersedia. Kemudian klik tombol “BELI”
  4. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman pengaturan domain.
  5. Pada halaman ini, Anda bisa memilih untuk menambahkan tambahan fitur yang tersedia. Hal ini tidak wajib, Anda bisa tidak memilih pilihan yang ada. Selanjutnya klik “NEXT”
  6. Pada halaman berikutnya, Anda bisa memilih lama rentang pendaftaran Anda. Selanjutnya klik “NEXT”
  7. Di halaman terakhir ini, Anda siap untuk checkout dan melakukan pembayaran sesuai yang tertera pada tampilan.
  8. Kami menyediakan metode pembayaran yang fleksibel. Anda bisa melakukan pembayaran melalui Indomaret, OVO, maupun Bank Transfer. Informasi no rekening bisa Anda lihat di https://www.jetorbit.com/pembayaran
  9. Setelah pembayaran Anda lakukan, Anda bisa melakukan konfirmasi pembayaran dengan menghubungi kami melalui live chat di website kami maupun chat melalui whatsapp kami di 087877405060. Jangan lupa untuk sebutkan nomer invoice Anda untuk memudahkan pengecekan dan pengaktifan domain.
  10. Setelah ini semua, domain Anda siap digunakan! 😉

buat website

Apa itu Hosting dan Fungsinya?

Hosting merupakan hal yang sangat penting di dunia digital sekarang ini. Ketika berbicara tentang website, kamu harus memahami mengenai hosting.  Bisa dibilang hosting adalah hal paling dasar untuk memulai sebuah website.  Jika kamu masih bingung mengenai apa itu hosting ? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah tempat penyimpanan file atau data website Anda. Dengan kata lain, adanya hosting adalah server yang berfungsi untuk membuat website Anda bisa online, bisa diakses di manapun dan bisa memproses perintah transaksi. Hosting inilah yang menjadi tempat menyimpan konten, gambar, video, dan teks yang dimiliki oleh website Anda.Ibarat Sebuah Bangunan, Hosting Merupakan Tanahnya

Pengertian hosting bisa diibaratkan sebagai pondasi sebuah bangunan. Jika website adalah sebuah bangunan maka hosting adalah tanah yang menjadi tempat bangunan (website) Anda berdiri. Karena merupakan hal yang penting, pemilihan tanah (hosting) harus tepat dengan bangunan (website) yang Anda buat. Jika pemilihan tanah (hosting) yang tidak sesuai dengan bangunan (website) tentunya dapat memberikan dampak yang buruk pada kualitas bangunan tersebut.

Fungsi Hosting Untuk Apa?

Untuk lebih memperjelas tentang penjelasan apa itu hosting, Anda juga harus mengetahui fungsi hosting.  Ibaratnya jika Anda mempunyai produk, Anda sudah membuat produk itu sedemikian rupa, dan Anda siap untuk menjual produk tersebut.  Nah, supaya orang tahu tentang produk Anda, tentunya Anda harus menyimpan produk tersebut di toko, swalayan, minimarket, dan sebagainya kan? Sama halnya dengan hosting.  Jika Anda sudah punya sebuah website, entah itu website pribadi, blog, online shop dan sebagainya, tentunya website Anda sudah siap untuk dikunjungi oleh orang, website itu sudah harus disimpan di hosting.

Cara Memesan Hosting dan Domain

Referensi : https://kb.jetorbit.com/cara-memesan-hosting-dan-domain/

Panduan untuk cara memesan layanan hosting dan domain di Jetorbit. Kami akan menjajarkan langkah demi langkah bagaimana cara memesan layanan hosting di Jetorbit. Anda di wajibkan untuk menyiapkan nama domain yang ingin Anda gunakan, esktensi yang dipilih ( .com / .id / .net / dan lain lain ).

Apa yang Anda butuhkan?

Sebelum memulai ini, pastikan bahwa Anda:

  • Merencanakan nama domain yang Anda inginkan dengan ekstensi yang ingin dipilih.
  • Sudah merencanakan paket hosting yang Anda inginkan.

Langkah 1: Pilih Paket Hosting Anda

Anda dapat memilih pake hosting Anda di sini https://www.jetorbit.com/web-hosting/. Kami memiliki dua tipe layanan web hosting yaitu Personal Hosting dan Bisnis Hosting.
Personal Hosting lebih dikhususkan untuk hosting skala kecil seperti Blog, Profil Personal, Web Statik, Web untuk Pemula, dan Toko Online berskala kecil. Sedangkan Bisnis Hosting
lebih dikhususkan untuk web skala besar dari trafik 500 hingga 10.000 per hari.

paket web hosting murah

Silakan pilih paket hosting Anda sesuai kebutuhan Anda, jika Anda bingung dapat bertanya kepada sales agent kami melalui Live Chat atau Whatsapp.

Klik tombol Beli
Anda dapat memilih lokasi hosting saat proses pembelian

Pelajari perbedaan server Indonesia dan Amerika disini

Langkah 2: Pilih Domain yang Anda inginkan

Anda akan di redireksikan ke halaman pemilihan domain, disini Anda memiliki 3 pilihan yaitu:

  • Beli Nama Domain Baru di Jetorbit – Anda membeli nama domain baru di Jetorbit dengan durasi satu tahun.
  • Transfer Nama Domain Saya ke Jetorbit – Jika anda memiliki nama domain di hosting lain dan ingin memindahkan nama domain tsb ke Jetorbit.
  • Gunakan domain yang sudah ada – Anda telah memiliki domain dan hanya ingin order hosting untuk domain tsb.


Silakan ketik domain baru Anda di kolom www. jika ingin membeli domain baru. Atau Anda dapat memilih opsi lain sesuai dengan kebutuhan Anda.
Perlu di ingat bahwa transfer nama domain akan dikenakan biaya perpanjangan domain tersebut untuk satu tahun.

Setelah Anda memasukkan nama domain yang anda inginkan klik tombol “Periksa”. Ini akan melakukan pemeriksaan pada ketersediaan domain Anda di jaringan internet.
Jika nama domain Unavailable artinya domain tersebut sudah di ambil dan tidak tersedia. Silakan pilih nama domain yang baru atau menggunakan ekstensi yang baru.

Jika Domain Tersedia Anda akan melihat gambar ini:

Klik tombol ” Selanjutnya ” atau Anda dapat menambahkan domain lagi dengan ekstensi yang lain.

Langkah 3: Periksa Pesanan dan Pergantian Siklus Hosting

Anda akan di arahkan ke halaman pemeriksaan pesanan, disini Anda dapat melakukan cek ulang pada pesanan Anda.

Saya ingin mengubah siklus penagihan ke bulanan bagaimana cara nya?

Silakan klik edit pada paket hosting Anda. Dalam screenshot di atas adalah Jupiter US silakan klik teks “Edit” di samping Jupiter US.
Lalu klik Pilih Siklus Tagihan seperti pada screenshot di bawah.
Lalu klik tombol “Selanjutnya” dan Anda akan masuk ke halaman konfigurasi domain di sini Anda dapat men-checklist pilihan yang Anda kira di butuhkan lalu klik lagi “Selanjutnya”.
Dan Anda akan masuk kembali ke halaman review. Harga Domain akan otomatis berkurang menjadi 0 jika Anda memilih paket hosting dengan masa perpanjangan satu tahun maka Anda akan mendapatkan gratis domain.

Saya ingin menggunakan kode promo, dimana saya dapat melihat kode promo?

Anda dapat melihat kode promo di halaman promo kami di sini.

Langkah 4: Registrasi dan Checkout

Setelah selesai memeriksa dan melakukan cross check pada pesanan yang Anda inginkan silakan klik tombol “Checkout” di samping. Jika Anda belum mendaftar di Jetorbit. Maka Anda akan di minta untuk mengisi form pendaftaran seperti Nama, Alamat, dan lain lain. Silakan masukkan informasi yang di butuhkan sesuai instruksi form tersebut.

Jika Anda sudah mendaftar di Jetorbit klik tombol “Telah Terdaftar?”. Anda juga akan di minta memilih metode pembayaran, pastikan Anda mencentang “Saya telah membaca dan menyetujui ringkasan diatas dan Aturan Layanan

Langkah 5: Pembayaran

Hore, kita sudah melewati 4 tahap di atas yang pada dasarnya cukup mudah. Sekarang Anda hanya perlu melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi pada tagihan digital. Setelah Anda klik Selesaikan Pesanan Anda akan masuk ke halaman tagihan tersebut.

Setelah mendapatkan tagihan dan melakukan pembayaran, via transfer via atm/internet banking/sms banking atau apapun, sekarang saatnya anda konfirmasi pembayaran anda di sini.
Maksimal konfirmasi pembayaran adalah 24 jam namun biasanya kami proses sangat cepat tidak perlu menunggu 1 jam.
Setelah pembayaran di konfirmasi Anda akan mendapatkan email berisi informasi login cPanel Anda. .

Apa Itu WordPress?

Saya menduga, meskipun Anda sudah pernah mendengar istilah WordPress tapi masih bingung jika ditanya Apa Itu WordPress dan apa saja kegunaannya. Anda juga mungkin bertanya-tanya apa kelebihan dan kekurangan WordPress atau mengapa banyak website menggunakan WordPress sebagai CMSnya. 

WordPress adalah sistem manajemen konten atau CMS yang dipakai oleh kebanyakan orang dalam dunia internet yang mana 30% website yang ada dibuat dengan WordPress dan berdasarkan prediksi dan histori penggunaan sebelumnya, angka ini akan terus meningkat.

WordPress dipilih karena merupakan aplikasi web untuk mengatur, mengelola website, dan penerbitan konten bagi para penulis, owner, editor ataupun author yang mudah dan tidak memerlukan penguasaan bahasa program ataupun istilah teknis. WordPress memiliki interface yang mudah diakses, mudah digunakan, dan intuitif. Pengetahuan dasar yang Anda butuhkan adalah Microsoft Word karena pada dasarnya WordPress digunakan untuk membuat dan menerbitkan konten.

WordPress menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL yang didukung sebagian besar penyedia web hosting. WordPress juga dapat dibuat dan digunakan oleh siapapun karena bersifat open-source yang mana semua orang yang ada di dunia dapat membuat situs WordPressnya sendiri dengan mudah. Hal ini dikarenakan para pengembang WordPress, Matt Mullenweg dan Mike Little, ingin membantu instalasi website yang mudah, dapat digunakan oleh semua orang, dan memiliki banyak fitur yang dapat membantu.

Apa Sih Kegunaan WordPress?

WordPress memiliki 2 domain berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Jika Anda ingin membuat situs website WordPress self-hosted maka WordPress.org adalah jawabannya. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai plugin dan tema secara gratis. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh platform secara cuma-cuma bahkan melakukan kostumisasi sesuai keperluan. Sedangkan WordPress.com adalah hosting yang menggunakan CMS WordPress untuk semua konten ataupun blog yang dibuat di CMS tersebut. Jika Anda membuat blog di website ini, domain yang muncul adalah myblog.WordPress.com tetapi jika Anda ingin mengubahnya, terdapat juga custom domain yang berbayar.

WordPress untuk membuat website memiliki fungsi dan kaya akan fitur sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti blog, yang merupakan tujuan utama dari pembuatan WordPress. Selain itu, WordPress juga dapat digunakan untuk situs bisnis yang kecil dan sederhana, portofolio dari para seniman, fotografer, penulis untuk memamerkan karya-karyanya bahkan toko online. Beberapa penjual e-commerce juga menggunakan WordPress untuk menjual produk-produknya karena pembuatan websitenya sangat mudah dan cepat. Biasanya untuk membuat toko online, dapat menggunakan woocommerce, yang merupakan plugin ecommerce dengan fitur-fitur seperti shopping cart, checkout, one-click refund, dan lain-lain.

Sejumlah situs populer juga memilih WordPress sebagai platform dasarnya, seperti techcrunch yang memberikan informasi teknologi terbaru atau mengenai perusahaan startup. Ada juga white house yang merupakan website resmi yang dikelola pemerintah Amerika Serikat. Hal ini menunjukan jika WordPress tidak hanya mudah dibuat tetapi jika dikelola dengan baik dapat membantu pembuatan website yang indah, berguna, bahkan populer.

Download Panduan Membuat Website Dengan WordPress

Mengoptimalkan Website Anda dengan Webmaster

Bagi Anda para pengelola website, tentunya menginginkan website Anda berada di halaman pertama hasil pencarian Google. Agar bisa tampil di halaman pertama Google, Anda harus melakukan setting webmaster dari engine yang berkaitan. Dalam topik ini, engine yang digunakan adalah Google, maka Anda harus mengerti bagaimana mendaftar hingga mengelola website di Google Webmaster Tools – sekarang jadi Google Search Console.  Untuk memulainya, langsung saja simak penjelasan mengenai Webmaster terlebih dahulu.

Pengertian dan Fungsi Google Webmaster

Google Webmaster Tool atau Google Search Console adalah alat dalam bentuk analitik yang ditawarkan secara langsung oleh Google untuk membantu para pengelola web memantau berbagai parameter webnya. Dengan kata lain, webmaster ini akan membantu mengelola website Anda, misalnya memantau kesehatan web, trafik, tautan yang masuk, spam link, indeks, kata kunci, dan memantau perkembangan website Anda. 

Di lain sisi, webmaster juga berfungsi untuk menjaga website dari kerusakan dan pelanggaran yang datang dari berbagai arah, sehingga dapat meminimalkan risiko kerugian pada website Anda. Ada banyak sekali kegunaan dari GWT – singkatan dari Google Webmaster Tool ini, jadi sayang kalau tidak dimanfaatkan.

Cara Setting Google Webmaster

Untuk melakukan setting webmaster pada Google, yaitu Google Webmaster, pastikan Anda memiliki akun Google (Gmail, kemudian Anda bisa mengakses Google Webmaster Tools di opsi pencarian. Setelah itu, Anda bisa memulai untuk menggunakan Google Webmaster dengan mengklik tombol add a property.  Pada kolom yang tersedia, masukkan alamat website Anda dan klik add. 

cara setting webmaster
cara setting webmaster

Selanjutnya akan muncul halaman untuk memverifikasi kepemilikan dari website yang sudah Anda tambahkan.  Ada dua pilihan metode yang ditawarkan oleh Google Webmaster Tools, yaitu Recommended Method dan Alternate Methods.  Kedua metode ini tentunya memiliki perbedaan dalam pilihan verifikasi yang diberikan. 

Recommended Method

Jika Anda memilih Recommended Method, Anda akan perlu terlebih dulu mengunduh file HTML yang disediakan oleh Google. Setelah mengunduh file tersebut, Anda harus mengunggahnya ke folder root di website Anda. Untuk mengunggahnya ke website, Anda bisa menggunakan FTP atau cPanel dari hosting yang Anda gunakan. Setelah mengunggahnya, Anda dapat langsung melanjutkan ke halaman Google Webmaster Tools dan mengklik tombol verify yang ada.

cara setting webmaster
cara setting webmaster

Alternate Methods

Jika Anda memilih alternate methods, ada empat pilihan metode yang bisa digunakan sesuai dengan CMS yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan CMS WordPress atau Blogger, Anda bisa mengcopy HTML tag untuk menambahkan meta tag pada website Anda. Setelah mengcopy kode HTML tersebut, Anda bisa mempastekan kode tersebut di dalam website Anda dengan membuka di bagian menu Appearance, klik menu Editor, dan cari file header.php. Paste kode di bawah tagyang ada dalam kolom. Setelah itu, silakan kembali ke halaman Google Webmaster Tools dan klik tombol verify untuk memverifikasikan kode webmaster.

cara setting webmaster
cara setting webmaster

Fitur-Fitur yang Disediakan Oleh Webmaster

Selanjutnya akan muncul halaman yang berisi pesan bahwa verifikasi website Anda sudah berhasil.  Anda bisa menikmati berbagai macam fitur Google Webmaster Tools yang memberikan fungsi-fungsi untuk mengembangkan website Anda secara optimal. Beberapa fitur yang disediakan oleh Google Webmaster Tools yaitu Sitemaps. Apa fungsi sitemaps? Sitemaps berfungsi untuk melakukan indeks page yang ada di website Anda. Crawler Access yang berfungsi untuk memantau pergerakan dan akses robot-robot Google dan juga pengunjung.

Sitelinks yang berfungsi untuk mengatur page pada website Anda yang dimunculkan di halaman pencarian. Anda juga bisa menggunakan fitur Search Analytics untuk memonitoring pencarian page website Anda dengan meningkatkan click through rate Anda. Fitur Links to Your Site juga bisa digunakan untuk melihat tautan dari situs lain.

Bagaimana cara pasang atau submit sitemaps?

Langkah selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah submit sitemap atau peta situs ke dalam Google Search Console. Untuk apa? Pengiriman sitemap berguna untuk membantu mesin pencari menelusuri setiap halaman yang valid di dalam web Anda. Hasilnya, web akan makin mudah diindeks oleh Google dan makin mudah dijumpai oleh pengguna.

Untuk submit sitemap, silahkan klik Crawl – Sitemap.

Kemudian klik Add/Test Sitemap, ketika muncul popup masukkan url Sitemap Anda dan klik Submit Sitemap.

cara pasang sitemap webmaster
cara pasang sitemap webmaster

Selanjutnya, tunggu sampai sistem membaca dan menelusuri peta situs yang baru saja Anda kirimkan.

Berapa lamakah yang dibutuhkan oleh Google untuk memverifikasi kevalidan peta situs? Tidak pasti, terkadang cepat tapi kadang juga lambat. Umumnya antara 15 sampai dengan 30 menit.

Setelah sitemap berhasil dikirimkan, apa lagi langkah yang harus kita lakukan?

Ada banyak, tetapi tentu tidak langsung dilakukan sekarang. Karena situs Anda belum secara penuh terbaca oleh system. Butuh 1×24 jam untuk sistem menampilkan semua parameter, mulai dari jumlah indeks, backlink, ada masalah kah, traffic, kueri kata kunci, dan sebagainya.

Mengembangkan Website dengan Menggunakan SEO Dasar

Bagi para blogger maupun pelaku website, tentunya Anda ingin agar trafik website Anda meningkat dan mempunyai visitor dalam jangka panjang bukan ?  Untuk mengoptimalkan sebuah website, Anda harus melakukan satu teknik yang disebut Search Engine Optimization atau disingkat dengan SEO.  Mungkin akan cukup memusingkan jika Anda belajar SEO saat pertama kali. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman terhadap SEO dasar terlebih dahulu, untuk memulainya, langsung simak saja uraian mengenai SEO dasar di bawah ini.

Pengertian SEO

Search Engine Optimization adalah proses untuk membuat halaman di website menjadi mudah ditemukan oleh pelanggan di halaman pencarian pertama. Jadi, ketika melakukan teknik SEO dengan baik dan benar, dipastikan website Anda akan muncul di halaman pertama search engine, seperti Google dan Bing yang cukup populer. Dengan adanya pengoptimalan SEO, tentunya traffik visitor web Anda dapat meningkat secara gratis, tanpa menggunakan jasa pengiklan.  Namun perlu dicatat, untuk pengoptimalan SEO juga berkaitan dengan konten yang berkualitas juga.

Tetapkan Model Bisnis Website Anda

Sebelum memulai membuat website, pastikan Anda harus menentukan tujuan utama pembuatan website Anda. Apakah untuk hobi menulis, bisnis perusahaan atau untuk berbagi ilmu pengetahuan. Setelah menentukan model bisnis website, Anda pasti menentukan target pasar dan target pengunjung Anda. Nah, dua hal ini merupakan hal penting sebelum memulai teknik SEO, sehingga para pengunjung yang membutuhkan produk Anda akan mengunjungi website Anda ketika mengetikkan kata kunci di kolom pencarian search engine. Hal ini tentunya merupakan langkah utama yang penting untuk meningkatkan trafik website Anda.

Penggunaan Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci yang digunakan untuk website Anda menjadi salah satu hal utama dalam melakukan teknik SEO dasar ini.  Anda bisa mengatur penggunaan kata kunci yang tepat dengan bantuan Google Adwords Tool untuk melihat apakah kata kunci yang digunakan termasuk populer dan banyak digunakan atau tidak. Jika Anda sudah melakukan riset terhadap kata kunci yang sudah dipilih, Anda bisa memasukkan kata kunci tersebut pada judul tulisan, tag description, url tulisan, dan isi konten yang Anda buat nantinya. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci pada konten Anda, karena Google akan menganggapnya sebagai Keyword Stuffing yang malah akan berdampak buruk pada website Anda.

Onpage SEO

Langkah selanjutnya untuk melakukan optimasi SEO dasar yaitu dengan menggunakan teknik Onpage SEO dalam website Anda. Jadi, setelah menentukan kata kunci yang tepat, onpage SEO dilakukan dengan metode search query yang membuat konten Anda menjadi relevan sehingga mendapat peringkat bagus di hasil pencarian. 

Dengan menstruktur konten dan internal link dari sisi tema, template maupun kode HTML yang digunakan dapat meningkatkan jumlah page views di website Anda.  Untuk mempelajari tentang onpage SEO, Anda perlu mempelajari sedikit pengetahuan HTML. 

Hal lainnya, untuk mengoptimalkan sisi On page SEO, Anda perlu menuliskan artikel berdasarkan kata kunci yang Anda bidik. Tulislah beberapa artikel Panjang dengan kata kunci tersebut, lalu hubungkan artikel-artikel terkait sehingga menjadi semacam rantai artikel.

Artikel yang ditulis juga tidak sembarangan, pastikan kata kunci yang dibidik ada di beberapa tempat, antara lain:

  • Di judul, disebutkan terlebih dahulu akan lebih baik
  • Di paragraf pertama
  • Di paragraf terakhir
  • Di permalink
  • Di dalam meta description jika Anda menggunakan Yoast atau plugin SEO.
  • Di dalam ALT image

Offpage SEO

Selain teknik onpage SEO, ada juga teknik offpage SEO.  Tahap ini merupakan optimasi dari luar website yang sering dikenal dengan sebutan backlink.  Nah, offpage SEO atau backlink ini berupa link atau vote yang diberikan website lain kepada website Anda karena konten yang Anda miliki bermanfaat dan berkualitas. Itulah mengapa konten yang berkualitas merupakan hal utama untuk melakukan SEO dasar. Dengan link yang tercantum dalam website orang lain yang akan mengarahkan ke halaman website Anda yang berkaitan, tentunya akan menambah trafik view dari website Anda.

Penggunaan Template yang Simple dan Cepat

Dengan adanya banyak template atau theme gratis yang disediakan oleh penyedia layanan hosting, tentunya membuat Anda semakin tertarik untuk mencoba theme tersebut. Namun, Anda harus tahu jika penggunaan template yang terlalu banyak (terutama yang gratis) dapat menyebabkan website kamu menjadi lebih berat sehingga pengunjung web Anda merasa tidak nyaman dan malah meninggalkan halaman web Anda. Oleh karena itu, penggunaan template atau theme website juga berpengaruh terhadap rank website Anda di halaman pencarian Google.

Dengan memahami hal-hal penting yang dijelaskan di atas, tentunya kamu dapat belajar untuk mengembangkan website kamu dengan menggunakan teknik SEO dasar bukan ? Semoga artikel ini dapat membantu memahami SEO bagi pemula sebelum mempelajari teknik SEO level selanjutnya.

Download Panduan Membuat Website Dengan WordPress

Itu lah pengenalan website dan cara membuat website yang telah kami paparkan di artikel ini. 

Kami sediakan promo untuk anda yang ingin langsung terjun dalam membuat website, gunakan kupon : DISC20 saat order untuk dapatkan diskon 20%

Baca Cara Menggunakan Kode Kupon

Sampaikan usul, saran dan kritik anda di komentar dibawah ini.

Leave a Comment