UX vs UI – Persamaan dan Perbedaan

UX vs UI – Persamaan dan Perbedaan

Sharing is caring!

Pernahkah Anda melihat sebuah bangunan dan mengaguminya karena kemegahan dan desainnya? Apa yang membuat bangunan fungsional namun elegan? Sementara ada orang lain yang bekerja di gedung, kita dapat mengidentifikasi arsitek dan insinyur sipil sebagai dua pemimpin proyek. Lalu apa hubungan hal tersebut dengan UX dan UI? Yuk baca selengkapnya di Jetorbit tentang UX vs UI – Persamaan dan Perbedaan

Menjelajahi Proses Desain

Tim desain UX yang berbeda mengikuti proses yang berbeda untuk menyelesaikan proyek. Namun, sangat penting untuk memiliki pemahaman tentang semua langkah dan peran yang mungkin termasuk dalam proses desain.

Tim desain yang mengerjakan proyek tertentu mungkin termasuk peneliti pengguna, desainer pengalaman pengguna, desainer interface pengguna, dan pengembang front-end. Namun, kadang-kadang satu individu harus melakukan semua peran tersebut. Itulah sebabnya mengapa memahami perbedaan antara masing-masing peran. Hal ini termasuk memahami perbedaan antara desainer UX dan UI.ux vs ui

Apa Itu UX?

Perancang User Experience (UX) bertanggung jawab untuk merancang pengalaman yang dimiliki pengguna saat berinteraksi dengan suatu produk. Desainer UX fokus pada membuat produk yang mudah digunakan dan dipahami. Desainer UX selalu mengutamakan kebutuhan pengguna ketika mempertimbangkan solusi desain untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dasar-dasar desain UX meliputi:

  • Mendefinisikan masalah
  • Memahami pengguna
  • Membuat personas
  • Menghasilkan alur tugas dan pengguna
  • Membuat sketsa, high and low fidelity wireframes, dan prototipe
  • Pengujian kegunaan

Desainer UX menekankan pengujian dan memvalidasi desain mereka untuk memenuhi harapan pengguna mereka.

Apa Itu UI?

Desain User Interface (UI) berfokus pada penggabungan hierarki visual ke dalam desain untuk diikuti pengguna. Ini sering berarti mengambil ide-ide yang diuraikan dalam bingkai gambar dan membuatnya menjadi desain high-fidelity yang menggabungkan hirarki visual ini.

Desainer UI mengambil desain dengan kualitas sedang dan rendah untuk sebuah proyek dan mulai memperbaiki desain. Desainer UI fokus pada hierarki dan pola visual yang memberikan isyarat visual kepada pengguna. Item tersebut dapat mencakup:

  • Skema warna
  • Typefaces
  • Ikonografi
  • Tata Letak

UX vs UI

Sementara desainer UX dan UI bekerja sama untuk membuat produk akhir, ada beberapa perbedaan utama antara keduanya:

  1. Desainer UX cenderung fokus untuk menciptakan produk yang memecahkan masalah sedangkan desainer UI bekerja pada pola desain dan detail mikro produk.
  2. Desainer UX berpikir secara luas tentang cara terbaik untuk membuat produk mudah digunakan sedangkan desainer UI berpikir secara luas tentang cara terbaik untuk membuat produk menyenangkan dan menyenangkan untuk digunakan.
  3. Desain UX dapat digunakan untuk produk berwujud dan tidak berwujud sedangkan desain UI cenderung terbatas pada interface digital.
  4. UX is what we, sebagai pengguna, pengalaman sedangkan UI adalah apa yang kita lihat saat menggunakan suatu produk.
  5. Desain UX umumnya datang sebelum desain UI dalam proses desain yang ideal.

Menciptakan Keseimbangan

Desain UX dan UI secara konseptual berbeda tetapi mereka saling melengkapi selama proses desain. Untuk membuat produk yang efektif dan sukses, UX dan UI harus ada. Ada banyak contoh produk yang terlihat mengkilap dan cantik tetapi gagal lepas landas karena desain produk UX. Demikian pula, ada banyak produk yang mudah digunakan tetapi tidak memiliki faktor “wah” yang ditambahkan oleh UI yang baik ke suatu produk.

Sebagai contoh adalah Google Maps vs Apple Maps. Orang tidak terlalu sering menggunakan peta Apple di ponsel mereka. Mengapa pengguna memilih aplikasi pihak ketiga daripada aplikasi default yang terpasang pada ponsel mereka? Jawabannya adalah kegunaan – kombinasi UX yang baik dan UI yang baik.

Aplikasi Google Maps tidak hanya mudah dan intuitif untuk digunakan tetapi juga menawarkan hasil lokal dan kontekstual yang disajikan dengan cara yang menyenangkan secara visual. Aplikasi Apple Maps, di sisi lain, menawarkan fungsionalitas terbatas dan relatif janggal untuk digunakan.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.5 / 5. Jumlah rate 10

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
UX vs UI - Persamaan dan Perbedaan
Artikel
UX vs UI - Persamaan dan Perbedaan
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apa hubungan hal bangunan dan kemegahannya dengan UX dan UI? Yuk baca artikel UX vs UI - Persamaan dan Perbedaan di Jetorbit
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like