10+ Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Terpercaya

10+ Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Terpercaya

Sharing is caring!

Di era serba online ini, hampir semua bisnis membutuhkan website. Dengan adanya website, bisnis akan terlihat lebih profesional dan tentunya lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki sebuah bisnis, sangat disarankan untuk membuat website yang baik dan profesional untuk bisnis Anda. Okay, mari simak tips memilih jasa pembuatan website di artikel 10+ Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepercaya

Sekilas Tentang Desain Website

Membuat website bukanlah pekerjaan yang mudah sehingga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, terlebih jika berkaitan dengan desain website itu sendiri. Web desain merupakan bentuk grafis dalam membuat halaman web.

Prinsip dasar desain website hampir sama dengan membangun sebuah rumah, yang mana kalian harus bisa memadukan fungsi dan unsur estetika agar website tidak hanya bisa digunakan tetapi juga memiliki tampilan yang menarik.

Saat hendak membuat desain sebuah website, kalian tak perlu lagi stres karena bisa dengan mudah menemukan jasa pembuatan website profesional. Kini ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan website sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu dan organisasi, termasuk Jetorbit

Pentingnya Loading Website yang Cepat

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam merancang website adalah memastikan bahwa desain tersebut user-friendly. Selain itu, loading website juga harus cepat. Ada beberapa alasan loading website harus cepat, di antaranya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) yaitu sebuah upaya optimasi agar website berada di halaman teratas hasil pencarian Google. Faktanya, kecepatan website menjadi salah satu faktor bagi Google untuk memberi peringkat halaman web.

Mempengaruhi User Experience

Kecepatan website menjadi alasan lain kenapa loading website harus cepat. Website dengan loading yang lambat akan membuatnya terlihat tidak profesional dan pengunjung akan pergi mencari website lain. 

Memperbesar Peluang Konversi

Website dengan loading yang cepat memberikan peluang konversi yang lebih besar. Konversi adalah situasi yang mana pengunjung website melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Untuk menggunakan jasa pembuatan website, memang harus mengeluarkan sejumlah uang. Akan tetapi, kalian bisa mendapatkan ROI (Return on Investment) yang tinggi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba dalam memilih jasa pembuatan website di Indonesia.

1. Perhatikan Budget

Hal paling penting dalam memilih jasa pembuatan website adalah memperhatikan budget yang dimiliki. Jadi, jangan sampai memaksakan memilih jasa yang mahal namun di luar budget yang kalian miliki. Silakan pertimbangkan beberapa perusahaan penyedia jasa pembuatan website murah. Kemudian, pilih satu yang paling bisa memenuhi kebutuhan kalian.

2. Perbanyak Membaca Referensi di Internet

Saat ini, berbagai jenis dan ukuran bisnis memanfaatkan internet sebagai media pemasaran dan promosi produk dan layanan. Sehingga tidak sulit bagi kalian untuk bisa menemukan jasa pembuatan web melalui internet dengan membaca referensi dan testimoni.

3. Lihat Profil dan Legalitas Perusahaan

Tidak semua perusahaan benar-benar menawarkan produk atau jasa yang dibutuhkan. Dalam beberapa kasus, banyak lho pengguna internet yang merasa tertipu saat memilih penyedia layanan. Lihat profil dan legalitas perusahaan sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan jasa mereka dalam pembuatan web.

Informasi seputar profil perusahaan biasanya ada di halaman Tentang Kami sebuah website. Kalian juga bisa menghubungi pihak perusahaan untuk mendapatkan informasi tambahan termasuk legalitas bisnis.

Memastikan legalitas sebuah perusahaan yang akan menjadi partner dalam membangun dan mengembangkan bisnis online sangatlah penting. Saat kalian membutuhkan bantuan terkait web yang dibuatnya, mereka akan selalu siap membantu.

Legalitas juga menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut resmi dan diakui di Indonesia. Oleh karena itu, kalian bisa terhindar dari penipuan perusahaan abal-abal. Tentunya ini menjadi poin yang bisa membangun kepercayaan pelanggan.

4. Periksa Portofolio Perusahaan

Agar semakin yakin bahwa penyedia jasa pembuatan website itu benar ada dan memiliki legalitas, jangan sampai lupa untuk memeriksa portofolionya. 

Saat memilih jasa pembuatan website, pastikan selalu mengecek website mereka dengan sangat hati-hati. Juga pastikan bahwa mereka memiliki portofolio atau kumpulan project website yang sudah atau sedang dikerjakan. Selain kuantitas, kalian juga harus mempertimbangkan kualitas dan kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa mereka.

5. Cek Spesifikasi Hosting Perusahaan

Membuat website tentu saja membutuhkan hosting. Saat melakukan riset, kalian bisa mulai mengecek spesifikasi website hosting yang mereka tawarkan, yang biasanya berisi kuota upload (disk space), kuota klik (bandwidth), RAM, CPU, dan fitur auto backup file. 

Selanjutnya, sesuaikan dengan kebutuhan website serta budget yang dimiliki. Semakin besar kuota yang ditawarkan, semakin tinggi harga yang mereka tawarkan. 

6. Memastikan Website yang Dibuat Mendukung SEO

Search Engine Optimization (SEO) menjadi kebutuhan penting bagi website agar bisa tampil di halaman depan mesin pencari. Bagaimana bisa website kalian berada di hasil pencarian jika tidak SEO-friendly

Website yang ramah SEO akan semakin mudah muncul di beberapa mesin pencari, termasuk Google, Bing, dan Yahoo! Ini menjadi hal lain yang harus kalian perhatikan dalam memilih jasa pembuatan website.

7. Dapatkan Desain Website yang Tepat

Saat membuat website, kalian membutuhkan desain jadi pilih desain website yang sesuai dengan kebutuhan dan image yang ingin kalian tonjolkan pada situs web. Kalian bisa berkonsultasi dengan pembuat website agar mendapatkan desain yang cocok sehingga tidak keluar dari jalur bisnis kalian.

8. Buat Daftar Hal Apa Saja yang Harus Ada di Website

Kalian ingin website seperti apa, sih? Nah, pertanyaan ini bisa membantu kalian membuat daftar hal apa saja yang harus ada di website. Kalian bisa menuliskan sebanyak mungkin hal yang penting untuk website, mulai dari desain logo, pembuatan konten, keamanan web, hingga kebutuhan pemasaran dan promosi produk secara online.

Untuk perihal keamanan website, kalian bisa membaca artikel tentang apa itu SSL agar kalian juga tahu tipe SSL apa yang paling tepat untuk bisnis yang sedang dijalankan. Jenis web yang berbeda tentunya membutuhkan tingkat keamanan yang berbeda. 

9. Lihat Fitur pada Website

Website itu unik dan berperan dalam melakukan brand awareness sebuah bisnis. Oleh karena itu, tiap situs web membutuhkan fitur yang berbeda. Untuk mendapatkan apa yang kalian butuhkan dan inginkan, lihat dengan jelas fitur apa saja yang bisa kalian dapatkan dari website yang akan dibuat.

Apabila ada beberapa fitur yang terlalu rumit, kalian bisa lho meminta agar website designer menggantinya dengan yang lebih mudah dan sederhana. 

10. Jangan Lupakan Lisensi Template Website

Tips lain dalam memilih jasa pembuatan website adalah memastikan bahwa template yang digunakan memiliki lisensi. Template yang baik seharusnya bersih dari spam dan terupdate secara otomatis. Tujuannya adalah agar memudahkan kalian dalam mengurus toko online dalam berbagai keperluan, seperti mengiklankan atau melakukan optimasi website.

11. Dapatkan Estimasi Waktu Pengerjaan Website

Dalam memilih jasa pembuatan website, mengetahui estimasi waktu pengerjaan website merupakan salah satu hal wajib. Ingin segera memiliki website bukan berarti harus terburu-buru. Ya karena membuat website tidak semudah yang kalian pikirkan.

Namun, kalian seharusnya juga tidak membiarkan pengerjaan berjalan sangat lambat dalam waktu yang lama. Tanyakan pada website desainer berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk mengerjakan situs web kalian.

12. Cari Tahu Biaya Pembuatan Website

Biaya pembuatan website harus jelas dengan semua fitur dan layanan yang bisa kalian nikmati. Kalian harus memastikan apakah biaya yang mereka tawarkan masuk akal atau tidak. Atau, apakah ada kemungkinan mereka membebani dengan biaya tambahan di akhir pengerjaan website.

Akan lebih baik jika biaya sudah mencakup semua hal, termasuk maintenance. Maintenance seringkali luput dari perhatian orang-orang yang mencari jasa pembuatan website. Mereka mungkin tidak tahu bahwa pengelolaan website tidak hanya berhenti sampai website sudah selesai dibuat dan terindeks di halaman mesin pencari.

Maintenance website sangat bermanfaat dalam menarik serta mempertahankan pelanggan dan peringkat di mesin pencari.

13. Tanyakan Berapa Biaya Perpanjangan Tiap Tahun

Website akan terus dibutuhkan selama bisnis berjalan. Makanya, kalian harus melakukan perpanjangan domain dan hosting setiap tahunnya. Apabila penyedia jasa pembuatan website tidak memberikan informasi mengenai biaya perpanjangan tersebut, kalian harus menanyakannya. 

Kalian bisa memilih memperpanjang layanan hosting perbulan atau pertahun, sedangkan untuk perpanjangan domain dilakukan pertahun. Untuk mengetahui masa aktif domain, buka Whois record dan ketikkan nama domain kalian.

14. Temui Desainer Website Secara Langsung

Semua yang tertulis di website memang menarik tapi belum tentu mewakili kualitas dan profesionalisme desainer website. Sebaiknya kalian bisa bertemu dengannya setidaknya satu kali agar kalian bisa memastikan bahwa ia memang sesuai dengan harapan kalian. Setuju? 

15. Kemampuan Komunikasi Desainer Website 

Apakah web desainer yang kalian pilih komunikatif? Komunikasi adalah hal penting dalam kerjasama jenis apapun. Kalian bisa menilai kemampuan komunikasi calon partner pembuatan website saat pertama kali berbincang baik melalui telepon maupun secara langsung. 

Perhatikan bagaimana ia menyampaikan semua informasi. Pertimbangkan apakah kalian bisa memahaminya dengan mudah, apakah kalian juga merasa yakin bahwa ia adalah orang yang komunikatif sehingga tidak sulit untuk berbicara dengannya di kemudian hari setiap kali ada kebutuhan perbaikan atau pemeliharaan pada situs web.

16. Jangan Mudah Tergiur

Setiap penyedia jasa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mereka juga memberikan penawaran yang berbeda untuk bisa menarik hati para pelanggan mulai dari harga yang murah hingga pengerjaan yang cepat.

Meski kedua hal tersebut terdengar menarik tapi jangan sampai kalian mudah tergiur. Bandingkan beberapa penyedia jasa dan cari tahu apakah mereka memang cocok dengan kebutuhan kalian dalam pembuatan website.

17. Bandingkan Beberapa Penyedia Jasa Pembuatan Website

Dengan banyaknya perusahaan penyedia jasa pembuatan website, kalian memiliki kesempatan untuk mendapatkan kualitas terbaik. Di sisi lain, kalian juga bisa terjerumus dan memilih partner yang salah.

Jangan berasumsi bahwa perusahaan pertama yang kalian temui adalah pilihan yang paling tepat. Coba terlebih dahulu dengan membandingkan beberapa penyedia jasa pembuatan website dan lakukan pengecekan pada masing-masing perusahaan, mulai dari portofolio, harga, hingga layanan tambahan. 

18. Lihat Demo Website

Kalian bisa meminta desainer website untuk menunjukkan demo website agar tahu apakah vendor bisa menyediakan sesuai dengan keperluan kalian atau tidak. Website yang hendak dibuat adalah jenis situs yang harus dibuat dengan tampilan menarik untuk bisa mendatangkan pengunjung.

Okay, jadi bisa disimpulkan bahwa memilih jasa pembuatan website memang tidak boleh sembarangan. Hal ini karena sudah banyak sekali kasus orang menggunakan jasa pembuatan website tapi website yang mereka dapatkan jauh dari kata berfungsi sebagai penunjang bisnis. Kami berharap, dengan beberapa tips memilih jasa pembuatan website tadi, kalian bisa jadi lebih selektif dan matang agar terhindar dari kerugian materiil dan immateriil. Semoga bermanfaat, ya.

Have a nice day 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10+ Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepercaya
Artikel
10+ Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepercaya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Di era serba online, hampir semua bisnis membutuhkan website. Simak tipsnya di artikel 10+ Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepercaya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like