8 Tips SEO Google Agar Website berada di Halaman Pertama

Sharing is caring!

Persaingan untuk mendapatkan tempat di halaman pertama Google bisa sangat sengit tetapi dengan kerja dan usaha SEO yang tepat, hal itu dapat dicapai. Oke, yuk baca 8 Tips SEO Google Agar Website berada di Halaman Pertama

8 Tips SEO Google Agar Website berada di Halaman Pertama

Mari kita lihat beberapa metode terbaik dan terbukti untuk membantu halaman kalian agar sampai di sana:

Tingkatkan Tautan Internal (Internal Linking)

Struktur tautan internal situs kalian adalah salah satu cara utama Google menilai tentang situs kalian. Tentunya, semakin baik Google memahami bahwa semakin banyak hal yang mungkin mereka ranking untuk kalian.

Selain itu, penautan yang diterapkan secara strategis di antara halaman kalian, dapat membuat kalian membangun otoritas topikal yang lebih baik untuk topik utama kalian dan bisa meningkatkan kemungkinan bahwa Google ingin memberi kalian peringkat lebih tinggi untuk topik tersebut.

Tautan internal yang strategis berarti menautkan halaman bersama di tempat yang paling masuk akal bagi pengunjung kalian. Dengan kata lain, ini bukan hanya menautkan halaman manapun ke halaman lain manapun.

Pengguna kalian tidak hanya akan mendapat manfaat dari akses ke informasi yang lebih relevan tetapi mesin pencari juga menghargainya.

Tautan strategis semacam ini juga menunjukkan kepada Google bahwa kalian memiliki cakupan topik yang menyeluruh serta  memberi mereka lebih banyak keyakinan bahwa pengguna yang mereka kirim ke situs kalian akan merasa puas dan senang.

Temukan Halaman Ambang Batas (Threshold Pages) Kalian

Halaman ambang batas adalah halaman yang saat ini berada tepat di bawah halaman satu (biasanya, posisi 11 hingga 20).

Mereka mungkin menghasilkan sedikit atau tidak ada traffic untuk kalian tetapi dengan sedikit penyesuaian, mereka dapat naik ke “money” positions di halaman pertama.

Kalian mesti menjadikan poin ini di daftar prioritas yang tinggi karena berusaha untuk memposisikan halaman ini ke halaman satu, biasanya lebih mudah daripada peringkat konten baru.

Mulailah dengan menggunakan alat pelacak peringkat pilihan kalian untuk mengelompokkan halaman kalian dengan peringkat keyword di posisi 11 hingga 20. Selanjutnya, silakan urutkan berdasarkan volume pencarian untuk membawa halaman dengan potensi pengembalian tertinggi ke atas.

Riset Konten Kompetitif

Jika kalian memiliki halaman penting yang tidak masuk ke halaman satu, ada suatu fakta sederhana dan benar adanya yang memang harus kalian terima, yakni yang lain memiliki poin unggul yang tidak kalian miliki.

Itu berarti kalian harus meluangkan waktu untuk melihat landing page untuk semua peringkat hasil di atas kalian dan dengan hati-hati membandingkannya dengan halaman kalian. Berikut ini ada beberapa pertanyaan untuk ditanyakan tentang setiap halaman kompetitif:

  • Apakah kualitas konten terasa lebih baik (lebih lengkap, memancarkan otoritas tanpa membicarakan audiens yang dituju, menyertakan informasi dan sumber yang lebih relevan)?
  • Apakah lebih baik memang ditulis?
  • Apakah itu berisi keyword/topik yang tidak dimiliki halaman kalian?
  • Apakah itu memiliki tautan internal yang lebih baik ke halaman lain di situs mereka? Apakah halaman lain yang relevan tertaut ke sana?
  • Apakah profil tautan eksternal (backlinks) lebih besar dan/atau berkualitas lebih tinggi?
  • Apakah itu berisi “tambahan” yang mungkin bermanfaat bagi pengunjung (gambar, bagan, video, tabel, dan lain-lain)?

Memindahkan Suatu Halaman Penting Menjadi Lebih Tinggi di Navigasi Situs

Teknik ini tidak dapat digunakan untuk setiap halaman di situs kalian tetapi dapat melakukan banyak hal untuk halaman terpenting kalian.

Salah satu cara Google menilai kepentingan relatif suatu halaman adalah jaraknya dari halaman beranda melalui navigasi internal kalian. Beranda kalian biasanya mendapatkan tautan eksternal paling banyak dan karena itu otoritas halaman tertinggi di situs kalian.

tips-seo-google-1

Memindahkan halaman paling penting kalian lebih dekat ke halaman beranda akan meningkatkan otoritas mereka dan karena itulah kemampuan mereka untuk memperoleh suatu peringkat juga lebih tinggi.

Jadikan Situs Kalian Ramah Seluler

Mobile-friendliness adalah bagian dari Page Experience update dan masuk akal kan jika Google akan memberikan preferensi pada konten yang ramah untuk seluler, apalagi bagi orang yang memang sedang mencari sesuatu di perangkat seluler.

Apapun yang dapat kalian lakukan untuk membuat situs kalian lebih ramah pengguna akan semakin sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan Google untuk algoritma peringkat pencariannya.

Dapatkan/Bangun Lebih Banyak Tautan

Menghasilkan tautan berarti membuat konten yang sangat bagus dan berwibawa sehingga situs lain ingin menautkannya sebagai referensi sementara membangun tautan melibatkan pencarian peluang secara aktif untuk tautan yang relevan dari situs terpercaya.

Kejar Featured Snippets

Bergerak sampai ke posisi peringkat merupakan pekerjaan yang sulit namun memang diperlukan. Featured Snippets adalah fitur Google Search yang mana salah satu hasil teratas dipromosikan ke kotak rich snippet di bagian atas laman hasil penelusuran.

tips-seo-google-2

Sementara kutipan rich snippet mungkin sangat membantu untuk memuaskan permintaan pencari, pengalaman dari sekian banyak SEO menunjukkan bahwa Featured Snippets seringkali mengarahkan banyak traffic karena pengguna ingin tahu lebih banyak daripada yang ditampilkan dalam cuplikan (snippet).

Tidak ada cara yang dijamin untuk ditampilkan dalam Featured Snippet tetapi berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang kalian:

  • Lihat variasi keyword kalian di pencarian Google untuk melihat apakah Featured Snippet ditampilkan untuk salah satu dari mereka untuk mengidentifikasi peluang. Beberapa alat SEO akan mengidentifikasi peluang ini untuk kalian secara otomatis. Featured Snippets paling sering ditampilkan untuk keyword dengan maksud informasional atau yang kuerinya berupa pertanyaan.
  • Di mana Featured Snippets ditampilkan, amati struktur konten unggulan. Apakah itu tabel, teks paragraf, daftar peluru, video, atau jenis lainnya? Meskipun mungkin tidak perlu menyalin formatnya, hal ini mungkin memberi kalian petunjuk tentang jenis konten yang disukai Google untuk kueri ini.
  • Lihat halaman peringkat teratas kalian untuk kueri. Lihat bagaimana kalian dapat meningkatkannya agar lebih menarik bagi Google untuk dimasukkan ke dalam Featured Snippets.

Perlu diingat bahwa untuk Featured Snippets, Google menginginkan konten yang jelas, ringkas, dan akurat dalam menjawab maksud kueri.

Refresh Penampil (Performers) Sebelumnya

Konten yang paling sukses memiliki siklus hidup yang terlihat seperti di bawah ini:

tips-seo-google-3

Beberapa saat setelah konten diterbitkan, peringkatnya mulai meningkat. Oleh  karena itu, terjadilah lalu lintas. Tapi hampir tak terhindarkan, seiring waktu, lalu lintas yang dikendarai pun akan mulai mengalami kerusakan.

Mengapa ini terjadi? Beberapa ada kemungkinan alasan, termasuk:

  • Konten otoritas yang lebih baru, lebih baik, dan/atau lebih tinggi telah diterbitkan oleh orang lain.
  • Maksud kueri telah berubah seiring waktu.

Konten Splice Keyword-Rish 

Penyambungan (splicing) adalah salah satu metode untuk diterapkan ketika konten kalian masih berkinerja dengan baik. Hal ini dapat membantu karya itu terus berkembang daripada mengalami penurunan.

Teknik penyambungan melibatkan pengidentifikasian halaman di situs kalian yang diberi peringkat untuk jumlah keyword yang lebih tinggi dari rata-rata.

Hal itu mungkin terdengar seperti hal yang baik tetapi sebenarnya merupakan peluang yang terlewatkan karena pasti beberapa dari keyword tersebut tidak mendapat peringkat setinggi mungkin.

Untuk menyambung, kalian perlu mengidentifikasi keyword berperforma lebih rendah untuk halaman saat ini yang masih memiliki potensi. Ini mungkin pertanyaan di mana peringkat halaman di halaman dua dari hasil atau di mana peringkatnya rendah tetapi ada permintaan yang tinggi.

Setelah mengidentifikasi peluang tersebut, buatlah halaman konten baru yang berfokus pada maksud spesifik dari keyword tersebut lalu hubungkan halaman tersebut dengan halaman asli kalian yang saat ini berperingkat.

Hal tersebut memberi Google target landing page yang lebih baik untuk grup topik yang mana kalian sudah terbukti berwibawa dan dapat dipercaya.

Perluas (Expand) dan Perkaya (Enrich

Jika konten kalian sudah dalam tahap kerusakan dari siklus hidupnya, kalian mungkin perlu mempertimbangkan untuk mematikannya (terutama jika terlalu usang atau tidak relevan untuk dipulihkan).

Namun, kalian mungkin dapat membangun atau menyegarkan kembali dengan meningkatkan halaman agar lebih kompetitif di lingkungan SERP saat ini.

Untuk melakukan ini, cari keyword utama yang kalian ingin halaman tersebut diprioritaskan agar memperoleh peringkat serta silakan kalian meluangkan waktu untuk memeriksa konten semua halaman yang peringkatnya di atas kalian.

Tanyakan pada diri kalian, apa yang mereka sertakan di halaman kalian. Apakah ada keyword, topik, fitur (gambar, video, dan lain-lain), tautan, atau elemen lain yang dapat kalian tambahkan ke halaman kalian?

Idenya di sini bukan untuk menyalin dengan tepat apa yang dilakukan halaman pesaing melainkan untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang mungkin dilihat Google pada mereka yang membuatnya lebih berharga dibandingkan dengan halaman kalian saat ini.

Baiklah kawan-kawan, semoga bermanfaat ya untuk kalian semua. Apabila kalian ingin sharing nih terkait pembahasan yang kami sampaikan, silakan tinggalkan komentar di kolom komentar ya 🙂 

Have a nice day and always keep healthy

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
8 Tips SEO Google Agar Website berada di Halaman Pertama
Artikel
8 Tips SEO Google Agar Website berada di Halaman Pertama
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Persaingan mendapatkan tempat di halaman pertama Google bisa sangat sengit. Yuk baca 8 Tips SEO Google Agar Website berada di Halaman Pertama
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment