Taktik Pemasaran Nirlaba Setiap Bisnis yang Dapat Dipelajari (1)

Sharing is caring!

Bisnis sedang berjuang dalam pandemi dan belum ada akhir yang jelas dalam periode kekacauan ini. Perusahaan besar dan kecil perlu mencari tahu bagaimana mereka akan terus tumbuh dan menghasilkan pendapatan. Yuk baca Taktik Pemasaran Nirlaba Setiap Bisnis yang Dapat Dipelajari (1)

Pendekatan khas untuk pemasaran dan periklanan tidak akan berhasil. Mengapa? Karena kebutuhan orang-orang telah berubah secara drastis dan orang-orang terbiasa dengan pemasaran yang dipersonalisasi.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan secara efektif dengan audiens yang lebih sulit untuk terhubung saat ini?

Dapatkan inspirasi dari sumber yang tidak terduga: nirlaba.

pemasaran-nirlaba-1

Apa yang Membuat Pemasaran Nirlaba Istimewa?

Pemasaran nirlaba terjadi dengan sumber daya terbatas, tim kecil individu yang melakukan berbagai peran, dan banyak kompetisi.

Selain itu, apa yang mereka “jual” tidak penting, yakni barang sosial. Jadi apa yang membuat organisasi nirlaba begitu efektif dalam pemasaran? Kemampuan mereka untuk terhubung pada tingkat emosional. Mungkin lebih mudah bagi organisasi nirlaba untuk terhubung dengan audiens mereka secara emosional karena organisasi ini melayani barang sosial.

  • Storytelling Nirlaba

Storytelling adalah cara efektif untuk mengkomunikasikan informasi. Data dan statistik sendiri tidak membangkitkan respons emosional seperti yang dilakukan oleh cerita. Memenangkan orang-orang secara emosional adalah apa yang membuat mereka peduli tentang suatu tujuan. Dalam hal bisnis, produk atau layanannya.

Setiap produk memiliki kisah di baliknya. Sekarang, bagaimana Anda menceritakan kisah yang bagus? Melalui visual!

Mari kita simak narasi terkait World Bicycle Relief. Para pekerja menghadapi tantangan yang tidak dapat mereka atasi sendiri. Selanjutnya dengan sepeda itulah, mereka berhasil dan mengalami perubahan. Orang dapat menumbuhkan kerjasama mereka, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kehidupan.

Mengapa berhasil? Melihat orang menggambarkan pengalaman mereka, hal tersebut dapat menggerakkan kita secara emosional. Perasaan transformasi dan harapan itu adalah sesuatu yang dapat kita nikmati juga.

Video bukan satu-satunya media bercerita di luar sana. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin sedikit mahal untuk diproduksi atau pihak Anda tidak memiliki tim yang mampu melakukannya.

Infografis nirlaba adalah contoh yang bagus tentang bagaimana visualisasi data dapat digunakan untuk menceritakan sebuah cerita juga.

Mengapa infografis dapat berhasil? Infografis mengambil masalah yang begitu luas sehingga kita hampir tidak bisa membungkus pikiran kita di sekitarnya. Akan tetapi, hal itu membingkai solusi dengan cara yang sangat sederhana.

Bagaimana Ini Semua Berhubungan dengan Pemasaran Nirlaba?

Dalam konteks bisnis, storytelling perlu mengatasi masalah yang berkaitan dengan audiens target Anda. Ada masalah yang dihadapi sebagian besar eksekutif bisnis kecil, yang berbeda dari masalah yang dihadapi pemasar pemula, atau yang dihadapi eksekutif penjualan B2B.

Storytelling dalam pemasaran merupakan proses tiga langkah, yakni:

  • Identifikasi masalah yang dihadapi audiens target Anda.
  • Posisikan produk Anda sebagai solusi.
  • Ilustrasikan ke kehidupan setelah menemukan produk Anda.

Mampu memahami pengalaman pasar target Anda memungkinkan Anda membangun hubungan emosional. Anda menunjukkan bahwa Anda benar-benar memahami masalah yang dihadapi pelanggan potensial Anda dan Anda telah membuat solusi khusus untuk mereka.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

to be continued..

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
 Taktik Pemasaran Nirlaba Setiap Bisnis yang Dapat Dipelajari (1)
Artikel
Taktik Pemasaran Nirlaba Setiap Bisnis yang Dapat Dipelajari (1)
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bisnis sedang berjuang dalam pandemi dan belum ada akhir yang jelas. Yuk baca Taktik Pemasaran Nirlaba Setiap Bisnis yang Dapat Dipelajari (1)
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Taktik Pemasaran Nirlaba Setiap Bisnis yang Dapat Dipelajari (1)”

Leave a Comment