Apa Itu TikTok Creative Center, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Saat ini TikTok sekarang dipakai untuk lapak bisnis. Potensi eksposurnya memang sangat besar, sih. Hanya saja potensi tersebut harus dimbangi dengan konten-konten promosi yang berkualitas. Okay, tanpa berlama-lama, langsung simak ulasan selengkapnya saja yuk mengenai Apa Itu TikTok Creative Center, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Apa Itu TikTok Creative Center?

Dilansir dari website resmi TikTok, TikTok creative center merupakan fitur yang memungkinkan untuk melihat secara gratis iklan-iklan yang ada di dalam platform TikTok. 

Adanya fitur ini bisa kalian gunakan untuk hal-hal berikut ini: 

  • Mengikuti perkembangan tren yang sedang terjadi dalam TikTok.
  • Melihat contoh-contoh iklan dari brand-brand perusahaan yang lain.
  • Mencari ide-ide konten yang segar untuk website kalian sendiri.  

Manfaat TikTok Creative Center

Berikut ini manfaat-manfaat yang terdapat dalam TikTok creative center:  

1. Mencari Inspirasi Membuat Konten-Konten Baru

Bagi seorang pembuat marketing content, tentu pekerjaan tersebut tidaklah mudah karena dituntut membuat konten setiap harinya dan harus tetap menarik bagi audiens.

Makanya orang-orang yang berkecimpung di dunia tersebut biasanya mengalami kebuntuan dalam mencari inspirasi. Nah, berdasarkan masalah itulah TikTok creative center akhirnya bisa memberikan bebermanfaatan. Kumpulan-kumpulan iklan yang ada di situ dapat menjadi sumber inspirasi bahkan untuk konten kalian sendiri. 

2. Mengikuti Perkembangan Tren

Kalian pasti juga menyadari bahwa tren yang ada di internet dapat berubah dengan begitu cepatnya dan mau tidak mau wajib diikuti. Alasannya adalah audiens secara umum lebih suka konten yang relevan dengan tren yang sedang terjadi. Semakin relevan maka semakin tinggi pula potensi kesuksesan konten untuk bisa menarik lebih banyak engagement.

FYI, untuk dapat melihat tren apa saja yang sedang terjadi melalui TikTok creative center, silakan masuk ke menu “trend discovery”. Kalian akan menemukan informasi tentang hashtag, lagu, atau video yang sedang populer. 

3. Membantu Proses Pembuatan Video

Siapa nih yang ingin mempromosikan bisnis melalui TikTok tetapi belum memiliki skill editing yang memadai? Tak usah khawatir ya karena TikTok creative center merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut.

Jadi, tersedia berbagai tools yang sangat mudah dipelajari oleh orang awam. Dengan begitu kalian tidak perlu membutuhkan waktu terlalu lama untuk membuat suatu konten iklan. Keren, kan? 

4. Memetakan Strategi Kompetitor Sesuai Iklan yang Mereka Tampilkan

Semua iklan dari brand perusahaan manapun yang mengunggah iklannya dalam aplikasi buatan bytedance ini pasti akan tampil dalam TikTok creative center tanpa terkecuali. Hal ini menjadi kesempatan untuk melihat dan menganalisis seperti apa strategi dari kompetitor. Kalian pun bisa memetakan kelebihan dan kekurangan dari kompetitor. 

5. Mengevaluasi Performa Konten

Selain menampilkan sekumpulan konten video iklan, TikTok creative center juga secara lengkap memberikan data tentang performanya. Seperti, data mengenai berapa banyak orang yang melihat, berapa banyak yang berinteraksi, dan sebagainya. Data-data tersebut tentunya sangat berharga guna membantu menganalisis performa dan membuat perbaikan dari situ. 

Fitur dan Cara Menggunakan TikTok Creative Center

Fitur-fitur yang terdapat dalam TikTok creative center terbagi menjadi 3 kategori, yaitu:

Kategori Inspirasi

Tools yang terdapat dalam kategori ini meliputi: 

Top Ads

Top ads berisi sekumpulan iklan yang performanya bagus. Jenis iklan bisa disaring sesuai kebutuhan berdasarkan wilayah, jenis industri, tujuan promosi, dan sebagainya. 

Keyword Insight

Keyword insight merupakan tools yang menginformasikan tentang kata kunci seperti apa yang sedang banyak dipakai untuk menarik audiens.

tiktok creative center

Boleh saja memakai kata kunci yang sama supaya konten kalian juga mendapatkan popularitas namun sebaiknya pahami dulu ya konteks penggunaannya dalam iklan-iklan yang sudah ada. 

Creative Insight

Fitur yang menyajikan sekumpulan data untuk membantu dalam memahami elemen-elemen apa yang membuat suatu konten dikatakan menarik atau tidak.

Secara lebih spesifik, data-data yang menjadi parameter penilaian tersebut adalah gaya video, elemen visual, dan komponen apa yang mendorong performa. 

Top Product

Menyoroti produk-produk tren yang sedang laris saat ini dalam  aplikasi TikTok. Informasi ini bermanfaat untuk menentukan produk mana yang akan disebarluaskan, terutama melalui iklan berbayar.  

Kategori Creative Tools

Tools yang ada di dalam sini antara lain: 

Editor Video dan Template Video

Editor Video adalah alat pengeditan video yang memberikan kebebasan untuk mengedit dan menyesuaikan suatu konten dengan elemen gaya TikTok. Misalnya dengan menambahkan font teks, warna teks, dimensi kreatif, dan sebagainya. 

Selain itu, editor video turut menyediakan berbagai template iklan siap pakai. Dengan demikian, bisa lebih cepat dalam membuat video yang disesuaikan dengan hanya memilih template dan mengunggah foto, teks, dan video yang ada.

Add-on Interaktif

Add-on Interaktif membantu dalam  memahami secara visual semua format iklan TikTok yang inovatif dan berbagai fiturnya. Nah, dari sini kalian juga bisa sambil melihat preview iklan dengan add-on seperti yang akan terlihat saat ditayangkan secara langsung.

Script Maker

Script maker adalah alat yang menghasilkan skrip iklan dengan memanfaatkan kekuatan teknologi pintar. Melalui inilah kalian bisa mendapatkan ide-ide pembuatan skenario iklan dalam hitungan detik. 

Cukup kalian masukkan data mengenai di bidang apa bisnis kalian bergerak, nama produk, dan deskripsinya.

Nah, script maker secara otomatis akan mengolahnya menjadi sebuah skenario iklan yang terbagi menjadi bagaimana pengadeganannya, rekomendasi visual yang cocok, voice over, dan overlay text-nya.  

Commercial Music Library 

Merupakan direktori audio yang bisa ditambahkan dengan berbagai jenis lagu yang memang TikTok khususkan untuk kebutuhan iklan komersial.

Silakan tentukan sendiri lagu yang diinginkan sesuai dengan aspek tema, genre, suasana hati, dan durasi untuk menemukan yang paling cocok untuk mengiringi iklan kalian.

Kategori Pendidikan

Tools yang terdapat dalam kategori ini mencakup:

Creative Strategy

Creative strategy adalah sumber informasi yang pasti dibutuhkan terutama bagi yang masih baru terjun dalam marketing TikTok. Nah, di sini terdapat buku yang khusus memberikan panduan terkait tata cara pembuatan konten yang baik, yang disukai algoritma TikTok.

Creative Assistant

Santuy, kalian tak akan pusing-pusing lagi membuat konten TikTok. Sebab, ada fitur “creative assistant” yang akan menolong kalian dalam berkreasi. 

Di sini ia sudah merupakan pengembang desain sedemikian rupa untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber. Kemudian, memberikan berbagai rekomendasi tentang bagaimana pembuatan dan penyempurnaan konten, baik dari segi isi maupun visual. 

Waoww, ternyata manfaat dari TikTok creative center memang beneran memudahkan promosi dan mencapai engagement, ya?

Tunggu apa lagi, segera manfaatkan karena kalian akan rasakan bagaimana lebih efisiennya membuat konten dengan bantuan fitur ini! 

Oia, miliki website dan langsung online sekarang juga, yuk!

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, Jetorbit siap membantu onlinekan website idaman kalian dan menjadikan usaha kalian dikenal oleh seluruh dunia. Jetorbit tidak hanya membangun website atau aplikasi namun juga mengembangkan bagian bisnis kalian.

Salah satu alasan kalian harus membuat website di Jetweb adalah kami memberikan solusi pada apa yang kalian inginkan melalui website dan aplikasi dengan desain, ide, serta kemungkinan yang tak terbatas lainnya. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment