Apa Itu Virtual Host?

Sharing is caring!

Sudah pernah dengar tentang apa itu virtual host? Atau, justru sudah paham sekali dengan detailnya virtual host? Nah, bagi yang belum pernah dengar atau belum tahu sama sekali tentang virtual host, yuk baca Apa Itu Virtual Host?

Pengenalan tentang Virtual Host

Virtual host, pada awalnya, dimulai dengan tujuan hosting lebih dari website (misalnya website1.example.com, website2.example.com, dan lain-lain) pada satu mesin. Hal itu juga berarti berbagi sumber daya mesin tunggal, seperti memori dan CPU. Sumber daya yang dibagi dan digunakan sedemikian rupa sehingga efisiensi maksimal dapat tercapai.

Sekarang dengan penemuan cloud computing, virtual sekarang melayani lebih banyak tujuan daripada sebelumnya, seperti solusi di hosting aplikasi virtual, hosting server virtual, hosting penyimpanan virtual dan kadang-kadang juga virtual/seluruh hosting pusat data.

Bekerja dari Virtual Host

Ada banyak cara untuk mengkonfigurasi virtual host dan sebagian besar cara yang digunakan saat ini, berupa 3 poin di bawah ini:

  • IP Based

Ini merupakan salah satu metode paling sederhana di antara ketiganya dan dapat digunakan untuk menerapkan arahan yang berbeda berdasarkan alamat IP. Dalam virtual hosting berbasis IP, kami menggunakan IP yang berbeda untuk setiap domain.

Beberapa IP sebenarnya akan menunjuk ke domain unik di server dan hanya akan ada satu IP untuk server. Virtual hosting ini dicapai dengan membuat beberapa alamat IP untuk server tunggal.

  • Port-Based

Port-based virtual hosting juga mirip dengan virtual hosting berbasis IP. Perbedaannya adalah alih-alih menggunakan alamat IP yang berbeda untuk masing-masing virtual host, ada penyedia jasa hosting menggunakan port yang berbeda yang mana server dikonfigurasi untuk menanggapi beberapa website yang bergantung pada port server.

  • Name Based

Name-based virtual host adalah teknik virtual hosting yang paling umum dan sering digunakan saat ini. Name-based virtual host akan menggunakan alamat IP tunggal untuk semua domain di server yang diberikan.

Saat browser mencoba untuk terhubung ke server, itu akan mengirim pesan ke server yang memberitahukan tentang nama domain yang dia coba sambungkan. Ketika nama domain diberikan, server memeriksa konfigurasi host sehingga mengembalikan permintaan dengan website yang benar.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. 

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Virtual Host?
Artikel
Apa Itu Virtual Host?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sudah pernah dengar tentang apa itu virtual host? Nah, bagi yang belum pernah dengar atau belum tahu sama sekali, yuk baca Apa Itu Virtual Host?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment