aplikasi ujian online gratis

Dalam mendukung terciptanya aktivitas pembelajaran jarak jauh secara nyaman, deretan aplikasi ujian online terus bermunculan sebagai salah satu solusi digitalisasi yang tepat. Saat ini banyak rekomendasi aplikasi ujian online gratis dan berbayar dengan berbagai fitur menarik. Tak usah berlama-lama, baca sampai selesai yuk 19 Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Gratis Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Gratis Terbaik

Banyak aplikasi ujian online yang bisa kalian akses secara gratis:

Testmoz

Testmoz merupakan aplikasi ujian online gratis yang bisa digunakan oleh siswa-siswi dengan kapasitas maksimum pertanyaan sebanyak 50 soal. Kalau ingin mendapatkan keleluasaan kapasitas soal untuk keperluan ujian online di Testmoz, kalian diharuskan untuk membayar sekitar Rp 700.000,- /tahun.

aplikasi testmoz

Dengan menggunakan aplikasi ujian online Testmoz, kalian dapat dengan mudah mengatur soal yang akan diajukan dengan berbagai macam jenis. Misalnya, soal pilihan ganda, fill the blank, pengunggahan gambar dan video sebagai pendukung pilihan jawaban, dan sebagainya.

ThatQuiz

Aplikasi ujian online berbasis Android yang bisa diandalkan saat ingin membuat soal ujian adalah ThatQuiz. Dengan tampilan yang cukup sederhana, ThatQuiz menghadirkan jenis soal dalam bentuk penjabaran (essay) dan pilihan ganda.

aplikasi thatquiz

Namun, aplikasi ujian online satu ini masih cukup terbatas untuk tema-tema soal tertentu. Misalnya, seperti mata pelajaran geografi (benua, samudera, dan berbagai macam wilayah), matematika (geometri dan aljabar), dan bahasa (Jerman, Inggris, Perancis hingga Spanyol).

Quizizz

Aplikasi ujian online berbasis web gratis yang mempunyai tampilan menarik dan tentunya nggak akan menjadikan para peserta ujian bosan adalah Quizizz. Hanya perlu mengunjungi situsnya, kalian bisa secara bebas menambahkan animasi hingga audio sehingga memberikan kesan lebih interaktif.

aplikasi ujian online 3

Kalau kehabisan materi untuk membuat soal seperti apa, aplikasi ujian online Quizizz mempunyai bank soal yang bisa digunakan sesuai dengan mata pelajaran yang ingin diujikan secara realtime.

Google Form

Sebagai platform yang populer, Google Form menjadi aplikasi ujian online gratis favorit karena mudah untuk diakses dan para pembuat soal pun dapat dengan mudah untuk menyajikan soal dalam bentuk pilihan ganda hingga essay

Selain itu, Google Form juga bisa digunakan untuk membuat survey tentang keefektifan penyampaian materi di kelas. Cara membuat aplikasi ujian online ini pun sangat simpel, lho.

Zoho Challenge

Zoho Challenge, kalian dapat menambahkan berbagai macam media untuk disertakan pada setiap soalnya, mulai dari audio, gambar hingga video.

Aplikasi ini juga memudahkan untuk membuat soal dengan berbagai macam jenis, baik pilihan ganda dan essay. Bahkan, bentuk soal seperti fill the blank pun bisa kalian gunakan. 

QuizEgg

Apabila kalian tidak punya kapasitas penyimpanan folder yang cukup untuk membuat soal maka QuizEgg dapat menjadi solusinya. Dengan menyediakan link unik maka kalian dapat copy-paste dan membagikannya kepada para siswa yang akan mengerjakan soal-soal ujian.

Di QuizEgg, kalian bisa melakukan kustomisasi dengan mudah, mulai dari melakukan grade-ing di setiap soal, menampilkan jawaban benar atau salah hingga memberikan catatan kepada setiap para peserta ujian setelah selesai mengerjakan soal-soal ujian.

ProProfs

aplikasi ujian online 4

Meskipun harus melakukan versi upgrade untuk melakukan features unlock supaya kapasitas peserta ujian bisa ditambah. Tahukah kalian bahwa yang menarik dari ProProfs adalah setelah para siswa selesai mengerjakan soal, hasil yang didapatkan berupa piagam atau sertifikat dengan skor sesuai dengan jawaban yang dikerjakan.

QuizStar

Sebenarnya aplikasi QuizStar bisa diakses melalui berbagai macam perangkat, seperti smartphone maupun personal computer. Namun, disarankan untuk tidak menggunakan smartphone karena tampilannya kurang membuat nyaman saat mengakses QuizStar.

aplikasi quizstar

Sebagai salah satu aplikasi ujian online yang sering direkomendasikan, QuizStar mempunyai beberapa fitur menarik, seperti melakukan penilaian secara otomatis, bentuk soal multimedia serta bisa digunakan tidak hanya untuk murid, melainkan juga para guru.

Quia Web

Kalau belajar identik dengan kegiatan yang membosankan maka Quia Web hadir untuk mengubah persepsi tersebut. Kalian bisa membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan dikemas dalam bentuk permainan.

aplikasi ujian online 6

Kalian juga bisa melakukan modifikasi berbagai macam soal yang tersedia di Quia Web sehingga tak perlu khawatir jika tidak sempat membuat soal. Hanya perlu memilih jenis soal seperti apa yang dibutuhkan maka Quia Web dapat memenuhi kebutuhan kalian.

TCExam

TCExam bersifat open source sehingga kalian bisa menggunakannya dengan gratis. Aplikasi ini tidak bisa kalian gunakan secara langsung, melainkan install sendiri pada server hosting yang dimiliki.

aplikasi ujian online 7

Nantinya kalian akan diberikan file dari GitHub dengan panduan instalasinya. Pastikan kalian sudah memiliki layanan hosting yang kuat atau VPS Server sehingga tidak bermasalah saat melakukan ujian online.

Edbase

Edbase memiliki slogan “cara termudah untuk membuat ujian online”, memang semudah apa sih cara membuatnya? Aplikasi Edbase merupakan perangkat terbaik untuk membuat ujian online bagi para guru, sekolah dan perusahaan.

aplikasi ujian online 8

Tampilan interface yang dimiliki sangat menarik sehingga memberikan 55% waktu luang untuk menjawab pertanyaan.

Sistem ujian pun juga menarik, bisa menggunakan multimedia dan grafis sehingga lebih interaktif.

Virtualx

Aplikasi Virtualx ini tidak gratis seperti aplikasi lainnya.

aplikasi ujian online 9

Aplikasi ini menjadi salah satu pilihan untuk membuat ujian onlie atau pekerjaan rumah bagi para siswa di sekolah.

Cara menggunakannya hanya butuh 3 langkah saja, yaitu mendaftar, setting, dan luncurkan soal ujian.

Zenius

Rekomendasi aplikasi ujian online terbaik pertama yang pas dijadikan sebagai media untuk belajar dan ujian ada yang namanya Zenius. Di aplikasi ini ada berbagai macam soal, khususnya untuk SD, SMP, dan SMA. Tentunya kalian bisa mengerjakan soal secara online maupun offline. 

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi juga dengan modul yang berwujud video maupun ebook. Dengan menggunakan perangkat android saja, mau di manapun dan kapanpun itu kini sudah bisa mengerjakan soal.

Quipper

Mungkin sebagian dari kalian tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Dengan memanfaatkan fitur quipper quiz, nantinya fitur ini akan memberikan beberapa jenis soal dengan berbagai macam tingkat kesulitan. 

Menariknya layanannya juga sudah diklaim sesuai dengan kurikulum pelajaran yang telah berlaku di Indonesia.

Ujione

Ujione merupakan aplikasi ujian online berbasis cloud untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK dan non-formal. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur seperti pembuatan soal ulangan harian, tugas, quiz, UTS, maupun UAS, pengaturan waktu pengerjaan tugas atau ujian, format latex untuk simbol matematika, fisika, dan kimia, bank soal, grafik riwayat nilai siswa, nilai yang bisa dengan mudah dilihat, tanggapan yang diberikan guru atas pekerjaan yang dikerjakan siswa, hingga fitur rapor.

aplikasi ujian online gratis

Aplikasi pelaksanaan ujian online ini mampu menampung 5000 siswa yang mengerjakan tugas atau ujian dalam satu waktu. Fitur-fitur dari Ujione.id juga selalu mengalami perbaikan secara berkala agar pengguna semakin nyaman. Oia, aplikasi ini dapat diakses melalui Android, IOS, serta Web Apps sehingga mampu membuat pengajar merasa mudah dalam mengoperasikan serta tetap mampu menjalin komunikasi yang baik dengan para siswa. Agar bisa merasakan pengalaman menggunakan aplikasi ini, Jetorbit menyediakan uji coba gratis selama 30 hari.

Bank Soal Ujian SD

Jika kebanyakan aplikasi ujian online lebih dikhususkan untuk para pelajar yang duduk di bangku SMP dan SMA, maka Bank Soal Ujian SD bisa menjadi pilihan kalian dan dapat diunduh dengan mudah melalui Play Store bagi para pengguna Android.

Tersedia soal dalam pilihan ganda dan cerdas cermat, Bank Soal Ujian SD membantu guru hingga orang tua memberikan latihan soal sesuai tingkatan kelas siswa di Sekolah Dasar.

Soal Online

Kalau kalian membutuhkan aplikasi ujian online CBT maka kalian dapat memanfaatkan Sevima. Di Sevima, kalian tidak hanya bisa membuat soal CBT, melainkan dapat server yang bisa digunakan untuk mengujikan berbagai macam soal, seperti TOEFL dan IELTS, CASN dan SKD Kedinasan hingga UTBK.

Soal Ujian SD

Aplikasi Soal Ujian SD bisa kalian unduh di Play Store bagi para pengguna perangkat Android. Di Soal Ujian SD, kalian akan disuguhkan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disesuaikan dengan standar kurikulum yang berlaku. Dikemas secara interaktif sehingga memberikan kesan menyenangkan dan jauh dari rasa tegang karena harus menjawab pertanyaan.

Soal Ujian SMP

Soal Ujian SMP menghadirkan berbagai macam soal untuk siswa yang duduk di kelas 7-9. Menariknya, para siswa bisa bermain bersama teman-temannya dan bersaing mendapatkan skor terbaik setelah menjawab deretan soal yang disediakan.

Soal Ujian Sekolah

Tampilan aplikasi soal ujian sekolah sangat sederhana. Para siswa hanya perlu memasukkan informasi data diri dasar dan kode ujian. Nantinya, aplikasi ini akan menampilkan sejumlah soal dan cara menjawabnya bisa dalam bentuk pilihan ganda maupun uraian.

Soal UN SMA

Aplikasi ujian online php yang bisa kalian manfaatkan untuk mengerjakan soal di taraf SMA, khususnya soal Ujian Nasional (UN) adalah Aila CBT. Keunggulannya adalah para siswa dapat mengaksesnya dengan mudah melalui komputer maupun smartphone dan tersedia bank soal yang bisa digunakan untuk latihan para siswa.

Okay, jadi itulah 19 rekomendasi aplikasi ujian online gratis terbaik yang bisa dicoba guna mendukung pembelajaran jarak jauh. Oia, setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga silakan menyesuaikan dengan kebutuhan kalian, ya. 

Oia Guys, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian beli.

Stay safe and keep healthy 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment