membuat website restoran

Siapa di antara kalian yang punya hobi masak dan sudah membuka bisnis kuliner sendiri? Sekarang membuka bisnis lebih mudah, apalagi dengan dibukanya lapak-lapak online. Nah, bagi kalian yang memiliki impian membuka restoran online tapi bingung mulai dari mana, kalian mesti membaca artikel ini. Okay, simak sampai selesai yuk 6 Langkah Mudah Membuat Website Restoran Terbaik

6 Langkah Mudah Membuat Website Restoran Terbaik

Tenang, membuat website restoran itu mudah! Okat, tanpa berlama-lama, mari simak resep membuat website restoran berikut ini:

Buat domain yang unik dan mudah diingat

Sebelum membuat website, kalian harus membuat domain terlebih dahulu. Domain adalah nama alamat yang digunakan supaya website dapat ditemukan. Ibaratnya ya lokasi restoran kalian. 

Domain .cafe sepertinya cocok untuk website restoran kalian. Jika ingin melihat domain lain yang bisa digunakan, silakan cek halaman beli domain murah dan masukkan nama domain incaran kalian.

membuat website restoran 1

Oia, kalian tak usah terburu-buru membeli domain. Poin utama yang perlu kalian ingat adalah lakukan riset nama domain lebih dulu saja. Di Jetorbit, dengan langganan paket hosting tertentu kalian bisa mendapatkan domain secara gratis.

Beli hosting yang cocok untuk skala bisnis

Biasanya setelah memilih domain lalu mengakses layanan web hosting, kalian akan ditawarkan beberapa opsi hosting. Hosting ibaratnya adalah tempat penyimpanan yang mana kalian akan meletakkan seluruh data website kalian.

Untuk membuat website restoran, kami sarankan setidaknya hosting kalian menjamin hal-hal berikut ini:

  • Mampu menampung ratusan ribu pengunjung/bulan tanpa membuat website down.
  • Kapasitas disk space besar untuk menyimpan berbagai data konten (teks, gambar, database, dan lain-lain).
  • Bandwidth besar supaya bisa diakses banyak orang dalam waktu bersamaan.
  • Memiliki SSL untuk mengamankan seluruh transaksi dan informasi.
  • Menyediakan fitur backup sehingga ada cadangan ketika website rusak.
  • Menjamin kecepatan website optimal sehingga pengunjung nyaman saat menjelajahi situs.

Nah, jenis hosting yang mampu memenuhi seluruh spesifikasi di atas yaitu WordPress Hosting Jetorbit.

Untuk website restoran kami sarankan kalian memakai Paket Toko Online.

Pasang tema untuk website restoran

Selanjutnya saatnya kalian menentukan tema website.

Jika kalian memilih Paket Toko Online, website pun akan bertemakan e-commerce.

Tenang, kalian tetap bisa mengganti tema situs dengan pilihan lainnya, kok. Nah, beruntungnya Anda yang menggunakan WordPress sebagai CMS, ada ratusan tema gratis yang bisa diterapkan pada website restoran kalian.

Pada menu Appearance, cukup masukkan kata kunci ‘restaurant’. Nantinya, Anda akan mendapatkan rekomendasi tema bernuansa restoran.

mbuat website restoran 2

Selain itu, kalian juga bisa mencari tema relevan dengan memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan restoran atau makanan, seperti food, cafe, cake, dan lain-lain. Hasil yang ditampilkan pun pasti akan berbeda.

Pilih berbagai plugin restoran

Plugin adalah ekstensi atau fungsi tambahan untuk memodifikasi program tertentu. Sama seperti tema, kalian cukup memasukkan keyword pada kotak pencarian di menu Plugins.

Seperti bisa dilihat di bawah ini, hanya dengan menuliskan kata ‘restaurant’, kalian sudah bisa mendapatkan rekomendasi plugin sekaligus rating dan detail lengkapnya.

mbuat website restoran 3

Dengan menginstal plugin restoran, website kalian bisa melakukan fungsi layaknya restoran bintang lima berikut ini:

Membuat menu pada website restoran

Menu di sini bukan berarti daftar makanan, ya. Lebih tepatnya adalah navigasi untuk mengarahkan pengunjung restoran ke halaman tertentu.

Oleh karena itu, silakan kalian membuat menu website yang kemungkinan pengunjung kalian butuhkan. Setidaknya, sajikanlah beberapa menu berikut ini:

Halaman Beranda

Di sini adalah tempat yang mana pelayan membukakan pintu bagi pengunjung restoran. Letakkan informasi penting, seperti promo, hot offers, dan lain-lain.

Halaman Menu

Pajang foto menggoda tentang makanan dan minuman yang disediakan restoran kalian. Berhubung tidak ada pelayan yang bisa menjawab pertanyaan pengunjung, sertakan detail menu yang lengkap sekaligus daftar harganya, ya.

Halaman Order atau Reservasi

Adanya halaman ini akan memudahkan pengunjung yang ingin segera membuat pesanan.

Halaman Kontak

Berikan informasi kontak dan alamat yang lengkap supaya pengunjung tahu ke mana harus menjangkau restoran kalian. Supaya lebih mudah ditemukan, pasanglah Google Maps di website kalian.

Halaman Tentang Kami

Oia, jangan sampai restoran kalian ditinggal sebelum membuat pengunjung jatuh cinta. Bangunlah kedekatan personal dengan pengunjung melalui cerita-cerita tentang restoran kalian. 

Membuat konten kuliner yang menarik

Konten kuliner yang menarik adalah komponen utama sebuah website restoran. Tak harus berupa tulisan, kok. Konten kuliner bisa juga berupa video, poster, podcast, dan sebagainya.

Nah, jangan hanya mengandalkan diri sendiri dalam membuat konten, ya. Kalian perlu mencoba sesuatu yang lagi trend sekarang ini: User Generated Content. Anda bisa “meminta” pelanggan Anda membuat konten untuk dipasang di website. Misalnya, testimoni, video review, atau konten media sosial lainnya. Apalagi netizen jaman now sudah sangat kreatif.

Oia, jangan lupa juga untuk menerapkan SEO supaya website restoran kalian semakin mudah ditemukan daripada restoran tetangga, ya.

Contoh Website Restoran yang Sudah Matang

Berikut ada website restoran yang sudah matang:

Restoran Sederhana

Ketika di jalan, kalian memang bisa menemukan banyak restoran Padang. Tapi, berapakah di antaranya yang juga membuka etalase di website?

Nah, silakan manfaatkan celah itu untuk memperlebar peluang bisnis kalian. Sebagai gambaran akan komponen website apa saja yang bisa Anda adaptasi, silakan kalian bisa melihat pemaparan di bawah ini.

mbuat website restoran 4

Rumah Makan Handayani

Rumah Makan Handayani menyajikan masakan rumahan, lho. 

mbuat website restoran 5

Seperti yang Anda lihat pada foto di atas, menu makanan yang disajikan RM Handayani pasti tidak asing. Yang membuatnya berbeda adalah, RM Handayani terlihat cukup berkelas karena berhasil mengatur website restorannya sedemikian rupa.

Kalian bisa mempelajari beberapa hal berikut ini dari website RM Handayani.

mbuat website restoran 6

Gimana, mudah kan cara membuat website restoran? Nah, setelah menjadi chef di dapur sendiri, kini saatnya meracik website restoran kalian. Semoga bermanfaat dan semangat mencoba!

Oia, bagi kalian yang ingin membuat website khususnya bagi pemula, santuy, Jetorbit punya ebook spesial untuk kalian. Kalian bisa download ebook Panduan Mengenal Website untuk Pemula dengan GRATIS! Kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a lovely day 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment