Perbedaan Internet dan Intranet

Sharing is caring!

Zaman sekarang, internet bahkan menjadi konsumsi primer dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang telah menggunakan layanan internet untuk membantu kebutuhan sehari-hari, seperti mencari berita online, melamar pekerjaan, menghubungi kerabat, dan sebagainya. Yuk baca perbedaan internet dan intranet sampai selesai.

Selain internet, ternyata ada jaringan yang bernama intranet yang masih asing di pendengaran bahkan sebagian orang belum memahami sama sekali tentang apa itu intranet. Bisa jadi banyak yang masih menganggap sama padahal tidak demikian.

Nah, di sini akan dijelaskan pengertian dan perbedaan antara internet dan intranet.

Pengertian Internet dan Intranet

Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.

Intranet adalah jaringan pribadi yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal, contohnya adalah perusahaan, kantor, universitas, dan lain-lain. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.

Sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet untuk membangun sebuah intranet, yakni protokol internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien, dan server.

Protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (FTPPOP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Perbedaan Internet dan Intranet

Berikut ini perbedaan detailnya:

InternetIntranet
1. Bersifat publik ( dapat digunakan untuk umum)1. Bersifat pribadi (hanya untuk kepentingan suatu organisasi/perusahaan tertentu)
2. Jaringan luas karena mencakup seluruh dunia2. Jaringan sempit karena mencakup daerah lokal tertentu
3. Informasi di dalamnya dapat diakses oleh semua orang3. Informasi di dalamnya hanya dapat diakses oleh user di dalam ruang lingkup jaringan tersebut
4. Berisi hampir seluruh jenis file, konten atau dokumen4. Biasanya diatur hanya untuk beberapa jenis konten saja
5. Dapat diakses kapan dan di mana saja5. Hanya dapat diakses pada lokasi lokal jaringan tersebut
6. Data disimpan pada server hosting yang bersifat umum (share global)6. Data disimpan pada server sendiri yang tidak bersifat share global
7. Kurang terjamin7. Terjamin
8. Memiliki lebih banyak lalu lintas karena merupakan jaringan di seluruh dunia8. Memiliki lalu lintas minimum karena jumlah pengguna lebih sedikit

Itulah perbedaan internet dan intranet, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda ya. Yuk share informasi ini ke teman, facebook atau whatsapp anda.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 1 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

2 thoughts on “Perbedaan Internet dan Intranet”

Leave a Comment