by

Pilot

perbedaan-internet-dan-intranet

Zaman sekarang, internet bahkan menjadi konsumsi primer dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang telah menggunakan layanan internet untuk membantu kebutuhan sehari-hari, seperti mencari berita online, melamar pekerjaan, menghubungi kerabat, dan sebagainya. Yuk baca perbedaan internet dan intranet sampai selesai.

Selain internet, ternyata ada jaringan yang bernama intranet yang masih asing di pendengaran bahkan sebagian orang belum memahami sama sekali tentang apa itu intranet. Bisa jadi banyak yang masih menganggap sama padahal tidak demikian.

Nah, di sini akan dijelaskan pengertian dan perbedaan antara internet dan intranet.

Pengertian Internet dan Intranet

Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.

Intranet adalah jaringan pribadi yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal, contohnya adalah perusahaan, kantor, universitas, dan lain-lain. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.

Sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet untuk membangun sebuah intranet, yakni protokol internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien, dan server.

Protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (FTPPOP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Perbedaan Internet dan Intranet

Berikut ini perbedaan detailnya:

InternetIntranet
1. Bersifat publik ( dapat digunakan untuk umum)1. Bersifat pribadi (hanya untuk kepentingan suatu organisasi/perusahaan tertentu)
2. Jaringan luas karena mencakup seluruh dunia2. Jaringan sempit karena mencakup daerah lokal tertentu
3. Informasi di dalamnya dapat diakses oleh semua orang3. Informasi di dalamnya hanya dapat diakses oleh user di dalam ruang lingkup jaringan tersebut
4. Berisi hampir seluruh jenis file, konten atau dokumen4. Biasanya diatur hanya untuk beberapa jenis konten saja
5. Dapat diakses kapan dan di mana saja5. Hanya dapat diakses pada lokasi lokal jaringan tersebut
6. Data disimpan pada server hosting yang bersifat umum (share global)6. Data disimpan pada server sendiri yang tidak bersifat share global
7. Kurang terjamin7. Terjamin
8. Memiliki lebih banyak lalu lintas karena merupakan jaringan di seluruh dunia8. Memiliki lalu lintas minimum karena jumlah pengguna lebih sedikit

Fungsi Internet

Fungsi internetdalam kehidupan sehari–hari, yaitu:

Memudahkan Untuk mengakses Informasi
Sekarang kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah hanya dengan menggunakan internet. Bahkan, dulu kita sering mengeluh tidak dapat belajar karena tidak memiliki buku dengan harga yang mahal. Sekarang, kita dapat belajar berbagai hal dengan menggunakan internet di manapun dan kapanpun.

Memudahkan Komunikasi
Jika dulu kita ingin berkomunikasi dengan kawan atau kawan yang berbeda negara maupun beda kota, kita harus terlebih dahulu bertemu langsung untuk dapat berkomunikasi dan membutuhkan banyak biaya dan waktu yang lama. Namun, kini dengan internet kita dapat berkomunikasi setiap saat.

Memudahkan dalam Pekerjaan
Perusahaan banyak menggunakan internet sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah secara cepat dan efisien karena memiliki sistem yang saling berhubungan satu sama lain.

Manfaat Internet

Manfaat internet dalam kehidupan sehari–hari, yaitu:

Manfaat Internet Untuk Bisnis
Pelaku bisnis tidak harus memiliki toko ataupun ruko untuk membuka bisnisnya, melainkan cukup mendaftar tokonya ke media belanja online. Dengan menggunakan proses online, pembeli dapat dengan mudah memilih barang dan toko yang d inginkan tanpa harus datang untuk membeli langsung barang yang di inginkan.

Manfaat Internet Untuk Belajar
Internet dengan metode belajar online memudahkan siswa maupun mahasiswa dalam berinteraksi dan mempelajari pelajaran yang di inginkan secara otodidak. Untuk media pembelajaran online dapat dengan mudah dipelajari hanya dengan menggunakan internet.

Manfaat Internet Untuk Sarana Hiburan
Dalam keuntungan mencari informasi secara cepat, seringkali internet kita gunakan untuk mencari hiburan, seperti youtube, facebook, maupun Instagram. Sarana seperti ini bisa kita gunakan dengan cara gratis maupun berbayar sehingga kita akan dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan dengan adanya internet.

Itulah perbedaan internet dan intranet, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda ya. Yuk share informasi ini ke teman, facebook atau whatsapp anda.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.9 / 5. Jumlah rate 18

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Pilot

Drove Jetorbit to be the best technology solution for business every human on planet.

Bagikan:

2 responses to “Perbedaan Internet dan Intranet”

  1. […] citra terbaiknya di dunia maya. Apalagi saat ini, masyarakat pun selalu mengecek apa saja melalui internet. Informasi seputar perusahaan, seperti identitas perusahaan, foto produk dan jasa serta informasi […]

Leave a Comment