membuat website company profile-1

Era digital sekarang ini membuat website menjadi kebutuha penting bagi perusahaan. Website menjadi sebuah media efektif untuk menunjukkan profil perusahaan ke masyarakat agar meninggalkan kesan di benak masyarakat. Hal ini membuat jasa pembuatan website semakin marak di masyarakat. Berikut kami berikan ulasan terkait membuat website company profile yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Website menjadi kebutuhan penting bagi perusahaan untuk menampilkan citra terbaiknya di dunia maya. Apalagi saat ini, masyarakat pun selalu mengecek apa saja melalui internet. Informasi seputar perusahaan, seperti identitas perusahaan, foto produk dan jasa serta informasi lainnya mudah didapatkan dengan cara mengakses website perusahaan yang mempunyai konten unik dan khas.

Cara paling efektif agar perusahaan Anda muncul di hasil pencarian adalah dengan memiliki website. Apabila perusahaan Anda tidak memiliki website maka kemungkinan muncul di hasil pencarian Google sangat kecil. Apabila muncul di hasil pencarian Google, kredibilitas perusahaan Anda juga meningkat.

Apa Itu Website Company Profile

Ada dua jenis website untuk bisnis, yaitu website toko online dan website perusahaan atau website company profile. Artikel ini akan membahas terkait bagaimana membuat website perusahaan atau website company profile.

Website company profile bertujuan untuk menampilkan profil perusahaan untuk membangun kredibilitas di dunia maya. Meskipun tidak mendatangkan pendapatan secara langsung seperti website toko online namun website company profile menjadi sumber informasi tepercaya terkait perusahaan Anda sehingga menjadi poin penting.

Melalui website company profile pula, Anda dapat membangun citra bisnis seperti yang Anda inginkan dan ingin Anda tunjukkan ke dunia karena website company profile merupakan media publikasi terbesar.

Cara Membuat Website Company Profile Menggunakan WordPress

Siapapun bisa membuat website company profile, termasuk Anda karena bukan lagi eksklusif bagi para developer dan programmer saja. Di artikel ini, akan kami jelaskan langkah-langkah membuat website company profile menggunakan WordPress.

  1. Install WordPress. Ikuti panduan disini : Cara Install WordPress di Hosting Cpanel Jetorbit

Memulai membuat website company profile, lebih dahulu Anda harus memiliki WordPress. Domain dan hosting juga diperlukan agar website Anda bisa diakses secara online. Anda dapat mengunjungi https://www.jetorbit.com/ untuk memilih hosting sesuai kebutuhan Anda dengan harga terjangkau.

  • Login ke Dashboard WordPress

Setelah sukses instal WordPress, langkah selanjutnya adalah membuka dashboard WordPress. Melalui dashboard WordPress, Anda dapat mengelola website Anda dengan mudah, mulai dari mengganti tema, menambah plugin, menerbitkan blogpost, dan lain-lain. Anda hanya perlu menambahkan wp-admin di belakang domain Anda, misal www.namadomainanda.com/wp-admin. Selanjutnya di layar akan muncul seperti di bawah ini.

Membuat Website Company Profile

Masukkan username dan password yang sudah Anda buat ketika menginstall WordPress. Jika login Anda sukses maka akan muncul dashboard seperti di bawah ini.

Membuat Website Company Profile
  • Pilih Tema, Instal, dan Aktivasi Tema

Tema WordPress terbagi menjadi beberapa kategori, yakni kategori blog pribadi, kuliner, traveling, toko online hingga perusahaan. Anda dapat mencari tema dengan memasukkan kata kunci di search theme. Setelah menemukan tema yang cocok dengan perusahaan, Anda bisa menginstal tema tersebut kemudian mengaktifkannya. Berikut caranya:

Membuat Website Company Profile
Membuat Website Company Profile

Setelah selesai proses instalasi, Anda dapat langsung mengaktifkan atau melihat preview terlebih dahulu. Di tutorial ini kami menggunakan tema Zerif Lite sebagai percobaan. 

  • Lengkapi Identitas Perusahaan

Setelah berhasil menginstal tema, selanjutnya adalah melengkapi identitas perusahaan Anda (nama perusahaan, tagline perusahaan, logo perusahaan, dan sebagainya). Hal ini penting agar pengunjung dapat mengingat nama dan logo perusahaan ketika membuka website company profile Anda.

Berikut ini adalah cara menambahkan nama perusahaan dan sebagainya di website Anda:

  • Buka Appearance => Customize
Membuat Website Company Profile
  • Klik Site Identity
Membuat Website Company Profile

Setelah memilih Site Identity, akan muncul tampilan di bawah ini:

Membuat Website Company Profile
  • Pilih Site Title

Tulis nama perusahaan Anda di menu ini

  • Pilih Tagline

Tulis tagline perusahaan Anda

  • Pilih Logo

Unggah logo perusahaan Anda

  • Pilih Site Icon

Site icon atau favicon adalah gambar yang muncul di tab browser. Anda bisa mudah menggantinya dengan fitur ini.

Jika tema Anda tidak mendukung untuk mengunggah site icon/favicon secara langsung, masih ada berbagai cara untuk membuat favicon.

  • Buat Halaman

Setidaknya ada tiga halaman penting yang harus dibuat untuk website company profile Anda, yaitu halaman About Us, Contact Us, dan produk atau layanan. Secara teknis, membuat halaman untuk ketiganya adalah sama, yaitu sebagai berikut:

  • Masuk Dashboard WordPress
  • Pilih Page => Add New
Membuat Website Company Profile
  • Tulis judul dan deskripsi halaman
Membuat Website Company Profile

Cara di atas dapat Anda gunakan untuk membuat halaman About Us, Contact Us, produk atau layanan, dan halaman lain jika dibutuhkan. Anda pun perlu memahami konten ideal untuk halaman About Us, Contact Us, dan produk/layanan.

Halaman About Us

Laman About Us atau Tentang Kami bertujuan untuk menampilkan profil perusahaan, mulai dari sejarah, latar belakang perusahaan, visi dan misi perusahaan.

Halaman Contact Us

Jangan lupa untuk menambahkan halaman Contact Us atau Kontak Kami agar pengunjung mudah untuk menghubungi perusahaan Anda.

Halaman Produk dan Layanan

Tampilan halaman ini adalah jenis-jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan.  Anda menjabarkan produk atau layanan Anda dalam kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Anda pun perlu menambahkan gambar atau ilustrasi yang menggambarkan masing-masing produk atau layanan Anda.

  • Atur Homepage atau Halaman Utama

Setelah Anda membuat identitas website company profile dan halaman penting lainnya, saatnya untuk membuat homepage atau halaman utama. Halaman utama adalah halaman yang muncul ketika orang-orang membuka website company profile Anda. 

Biasanya laman utama website company profile tidak berubah-ubah. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah mode homepage atau laman utamanya menjadi static. Berikut ini adalah caranya:

  • Buka Appearance => customize
Membuat Website Company Profile
  • Klik Homepage Settings
Membuat Website Company Profile
  • Pilih A static page
membuat website company profile
  • Pilih Sample Page

Beberapa tema menyediakan sample page yang memudahkan Anda untuk membuat homepage website company profile yang menarik. Zerif Lite, tema yang  kami gunakan pun menyediakan sample page.

Sample page ini adalah template dasar dari tema Zerif Lite yang dapat menampilkan nama perusahaan, About Us, produk/layanan, anggota tim, testimoni dari konsumen hingga Contact Us.

Tampilan yang disediakan tema Zerif Lite adalah sebagai berikut:

Membuat Website Company Profile

Anda bisa mengubah konten dari sample page sesuai dengan perusahaan Anda dengan mengakses menu Front Page. Berikut ini adalah cara untuk mengganti konten di sample page menjadi konten perusahaan Anda: 

  • Tampilkan Identitas Perusahaan

Anda hanya perlu mengganti nama perusahaan di sample page menjadi nama perusahaan Anda. Seperti yang kami lakukan di bawah ini:

Membuat Website Company Profile

Kami mengganti dengan JETORBIT dan juga mengganti di kolom Red Button Label dan Green Button Label.

  • Tambahkan Deskripsi Singkat Perusahaan

Tambahkan deskripsi singkat perusahaan Anda. Di tema Zerif Lite, Anda bisa menambahkan deskripsi singkat tentang perusahaan dengan menyunting sample page di editor halaman. Pertama, buka editor halaman WordPress, lalu klik sample page:

Membuat Website Company Profile

Yang Anda lakukan adalah menyunting konten di sample page sesuai dengan deskripsi singkat perusahaan Anda.

Tambahkan Deskripsi Singkat Produk/Layanan

Anda dapat mengubah konten dan ilustrasinya sesuai perusahaan Anda melalui editor di sebelah kiri. Pada Sample page dari tema Zerif Lite, dapat Anda lihat seperti di bawah ini:

Membuat Website Company Profile
  • Tampilkan Anggota Tim

Untuk menambah kepercayaan konsumen terhadap perusahaan, Anda dapat menampilkan profil anggota tim perusahaan Anda seperti di bawah ini. Anda pun dapat menambahkan widget di area yang telah disediakan dengan masuk ke Testimonial section:

Membuat Website Company Profile
  • Tampilkan Timbal Balik Konsumen

Anda dapat menambah kredibilitas perusahaan dengan menampilkan konsumen yang puas dengan layanan atau produk Anda. Tema Zerif Lite pun menyediakan fitur tersebut melalui sample page. Anda dapat menggantinya dengan testimoni dari konsumen Anda. Anda pun dapat menambahkan widget di area yang telah disediakan dengan masuk ke Testimonial section:

Membuat Website Company Profile
  • Tambahkan Menu

Supaya pengunjung website Anda mudah untuk menemukan informasi yang mereka perlukan, sebaiknya Anda juga menambahkan menu, baik menu utama yang terletak di bagian atas maupun footer menu yang terletak di bagian bawah website. Caranya cukup mudah.

  • Buka Customize
  • Pilih Menus
Membuat Website Company Profile
  • Tulis Nama Menu dan Pilih Letak Menu

Anda bisa bebas menulis Menu Name dan bisa meletakkan menu di atas sebagai menu utama (Primary Menu).

Membuat Website Company Profile
  • Add Item
Membuat Website Company Profile

Setelah itu akan muncul pilihan untuk menambahkan halaman-halaman yang ingin ditampilkan. Tambahkan halaman-halaman yang ingin Anda tampilkan di menu, seperti halaman About Us, Contact Us, halaman produk/layanan, dan lain-lain.

Tambahkan WhatsApp

Selain menambahkan contact form, Anda juga bisa menambahkan media komunikasi lainnya untuk menghubungi perusahaan Anda. Salah satu media populer saat ini adalah WhatsApp dan banyak perusahaan yang memanfaatkan aplikasi ini agar tetap terhubung dengan konsumennya.

Berikut adalah cara memasang aplikasi WhatsApp di website company profile Anda:

Anda bisa memilih maksimal dua aplikasi untuk versi gratis.

Membuat Website Company Profile
  • Tulis CTA

Di versi gratis Anda hanya bisa mengubah konten CTA. Untuk mengubah warna dan konten sapaan, Anda perlu membeli versi premium.

Membuat Website Company Profile
  • Dapatkan Kode

Isi alamat email agar mendapatkan kode untuk memasang aplikasi chat di website company profile Anda.

Membuat Website Company Profile

Contoh Website Company Profile

Berikut ini beberapa contoh website company profile dari beberapa brand ternama dunia.

 Walt Disney

website company profile walt disney

Walt Disney merupakan salah satu raksasa dunia hiburan ini ternyata mempunyai website company profile yang cukup sederhana tapi tetap mempertahankan identitas Walt Disney sebagai perusahaan “semua umur”. 

Kombinasi warnanya terhitung cerah dan dihiasi dengan foto-foto karakter ikonik Disney. Sedangkan dari kontennya Anda bisa menemukan berita-berita terbaru, event yang akan datang hingga real-time counter harga saham Walt Disney. 

Bloomberg

membuat website company profile

Website company profile Bloomberg menggunakan video untuk menceritakan perusahannya. Suatu keputusan yang pantas diacungi jempol. Sebab, menurut penelitian, 9 dari 10 orang ingin menonton video dari suatu brand.

Dari sisi desainnya sendiri, website menggunakan kombinasi warna yang “kalem,” yakni hitam, abu-abu, dan putih. Sedangkan konten terdapat beberapa statistik, peluang karir, dan link ke berbagai artikel tentang Bloombreg.

Nike

company profile nike

Website company profile Nike benar-benar menunjukkan visi dan misi Nike, yaitu olahraga untuk kesehatan orang-orang. Anda akan menemui beberapa foto dan video dari orang-orang berbagai usia, gender, dan kewarganegaraan.

Selain itu, Nike juga menggunakan kombinasi warna yang beragam. Mulai dari pink, biru, orange, dan masih banyak lainnya. Lalu, terdapat juga link ke artikel yang berhubungan dengan Nike. Misalnya, pencapaian Nike tahun lalu dan target beberapa tahun ke depan.

Sedangkan gambar di bawah ini adalah contoh website company profile yang kami buat menggunakan tema Zerif Lite.

Membuat Website Company Profile

Era serba online sekarang ini, menuntut untuk memiliki online presence, termasuk bisnis Anda. Bisnis yang tidak melakukan transaksi secara online pun juga dituntut untuk go online karena masyarakat cenderung melakukan riset online dahulu sebelum melakukan pembelian.

Oleh karena itu, website company profile adalah solusi efektif untuk mendapatkan eksposur di dunia maya. Website company profile merupakan pondasi Anda dalam membangun citra perusahaan secara online. Jadi tunggu apa lagi? Adakah di antara Anda sekalian atau kawan Anda yang masih bingung terkait perbedaan blog dan website? Jika masih ada, cukup klik link berikut agar mendapatkan pencerahan https://www.jetorbit.com/blog/perbedaan-blog-dan-website/ Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.Hal ini dikarenakan salah satu faktornya adalah pengguna internet Indonesia sudah menembus 150 juta penduduk. Tahun 2018 masih berjumlah 143 juta. Artinya pengguna ini merupakan pasar potensial bagi dunia bisnis. Maka tidak ada salahnya menjemput bola dengan cara menciptakan alat-alat bisnis online, seperti website, media sosial, messenger, Google Bisnisku lalu ciptakan strategi! Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

 

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 5

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Pilot

Drove Jetorbit to be the best technology solution for business every human on planet.

Bagikan:

Leave a Comment