perbedaan-brosur-pamflet-leaflet

Fungsi media cetak tetap bisa hidup berdampingan dengan teknologi. Setuju, kah? Meskipun kini banyak orang menggunakan media sosial namun media cetak juga terus berkembang dan berdampingan dengan media digital sebagai sarana komunikasi dan marketing, di antaranya brosur, pamflet, dan leaflet. Okay, yuk baca Mengenal Perbedaan Brosur, Pamflet, dan Leaflet

Mengenal Pengertian Brosur, Pamflet, dan Leaflet

Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu, biasanya memiliki sampul tapi tidak menggunakan jilid keras.

perbedaan-brosur-pamflet-leaflet-1

Pamflet adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak, tanpa penyampulan maupun penjilidan, yang dicantumkan pada selembar kertas di satu sisi atau kedua sisinya, lalu dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau seperempatnya sehingga terlihat lebih kecil.

perbedaan-brosur-pamflet-leaflet-2

Leaflet adalah suatu alat promosi atau pemasaran yang dicetak di selembar kertas yang umumnya menggunakan art paper atau art carton dan memiliki dua atau lebih lipatan. Biasanya berisi informasi singkat mengenai suatu program, usaha, atau kegiatan yang dilakukan oleh seorang pemilik atau badan usaha, terkait dengan produk, jasa, atau acara yang mereka tawarkan.

perbedaan-brosur-pamflet-leaflet-3

Fungsi Brosur, Pamflet, dan Leaflet

Ketiganya memiliki fungsi masing-masing, lho. Okay, kita ketahui fungsi dari ketiganya yuk:

Fungsi brosur:

  • Biasanya lebih dikaitkan dengan sarana promosi suatu perusahaan.
  • Sebagai sarana marketing untuk menjual barang dari perusahaan. Jika perusahaan memiliki produk atau layanan tertentu biasanya akan dimuat dalam bentuk brosur dan disebarluaskan agar orang mengunjungi tempat atau laman tersebut.
  • Sebagai iklan atau mempromosikan barang yang dijual oleh perusahaan
  • Memberi informasi tentang perusahaan. Brosur dapat dijadikan profile yang memuat tentang perusahaan sehingga pembaca bisa tahu nih, perusahaan seperti apa yang tengah dihadapi.

Fungsi pamflet:

  • Untuk menginformasikan dan bukan untuk menjual. Tentunya ini berbeda dengan brosur, yang mana lebih difokuskan untuk menjual.

Fungsi leaflet:

  • Mempromosikan perusahaan, baik untuk menawarkan jasa, barang, dan lain-lain.
  • Sebagai sarana informasi event perusahaan.
  • Sarana publikasi secara singkat.

Perbedaan Brosur, Pamflet, dan Leaflet

Ketiganya juga memiliki perbedaan yang mana bisa menjadi ciri khas dari masing-masing, yakni sebagai berikut:

Berbeda dari Segi Bentuk

  • Brosur: bentuk biasanya singkat, unik, dan mudah dipahami. Brosur hanya diterbitkan sekali dan tidak diduplikat. Brosur lebih memperinci barang
  • Pamflet: biasanya berbentuk definisi atau kalimat persuasif yang lebih mengajak pada informatif. 
  • Leaflet: berbentuk lebih singkat dengan ukuran 20-30 cm dan merupakan informasi singkat mengenai suatu peristiwa

Beda Tujuan

  • Brosur: bertujuan untuk mempromosikan atau menjual barang dari perusahaan.
  • Pamflet: lebih mengarah sebagai wujud menginformasikan atau protes terhadap suatu hal.
  • Leaflet: bertujuan untuk memberikan informasi singkat mengenai perusahaan atau suatu badan, sebagai profil singkat dari suatu usaha.

Memiliki Perbedaan Unsur

  • Brosur: memiliki unsur informasi produk, membahas rinci produk yang ditawarkan.
  • Pamflet: memiliki unsur informasi produk, walaupun memiliki informasi tapi bukan untuk sarana berjualan.
  • Leaflet: memiliki unsur kejadian-kejadian atau informasi yang sedang update.

Cara Membuat Brosur, Pamflet, dan Leaflet

Untuk proses pembuatan brosur, pamflet, dan leaflet, semuanya hampir mirip-mirip. Tentunya semua diawali dari melakukan desain dulu. Jika kalian tidak memiliki skill desain yang mumpuni maka silakan bisa menggunakan aplikasi desain online yang sudah menyediakan banyak template desain.

Setelah desain jadi, langkah selanjutnya adalah mencetak pada media kertas. Nah, kalian sesuaikan dengan kebutuhan saja, apakah untuk brosur, pamflet, atau leaflet. Jika sudah mencetak maka langkah terakhir adalah melakukan distribusi.

Nah Guys, ketiganya yang bisa kita temui saat ini sudah banyak mengalami inovasi. Hal ini dikarenakan teknologi yang semakin canggih sehingga desain dan teknik editingnya pun semakin baik. Silakan ketiganya dipakai sesuai dengan fungsinya masing-masing, ya.

Good luck

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.3 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment