Pengertian Customer Relationship Management Serta Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Sharing is caring!

Pernah dengar istilah Customer Relationship Management (CRM), kah? Atau, kalian sebenarnya sudah mengaplikasikan CRM di dalam bisnis kalian? Nah, bagi yang belum memahami apa itu CRM, baca sampai selesai yuk Pengertian Customer Relationship Management Serta Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Apa Itu Customer Relationship Management?

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi manajemen hubungan pelanggan dengan perusahaan yang bertujuan untuk mengelola hubungan baik dengan para konsumen atau pelanggan, mengumpulkan semua data pelanggan, lalu merekam aktivitas tenaga penjual, terutama saat berhubungan dengan calon pelanggan atau yang sudah jadi pelanggan tetap.

customer-relationship-management

Tujuan Customer Relationship Management

CRM memiliki empat tujuan, di antaranya:

  • Meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sehingga pendapatan bisa melesat.
  • Ada konsistensi, baik dari pelanggan maupun perusahaan dalam menyampaikan informasi. 
  • Ketika mendapatkan informasi pelanggan, kalian bisa memanfaatkannya untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan saat itu. 
  • Informasi yang lengkap menjadi sarana paling baik untuk meningkatkan penjualan, baik dari up selling maupun cross selling.

Manfaat Customer Relationship Management

Ada enam manfaat yang perlu dipahami, di antaranya:

Mengurangi Biaya

Adanya keterikatan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan membawa keuntungan bagi biaya operasional. Hal ini karena target pasarnya kan sudah pasti sehingga paham mengenai bagaimana menentukan metode yang tepat dalam melakukan promosi. 

Meningkatkan Efisiensi Operasional

Adanya kemudahan yang telah disebutkan di atas tentunya meringankan beban. Benar dong, ya. Kalian tidak perlu khawatir dengan turunnya kualitas pelayanan misalnya atau mengurangi beban cash flow

Mendorong Loyalitas Pelanggan

Hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan akan menimbulkan dampak positif, salah satunya adalah loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, silakan pertahankan kualitas produk dan pelayanan agar pelanggan tidak berpindah ke pesaing kalian. 

Kegiatan Operasional Semakin Efektif

Hadirnya aplikasi CRM akan memberi banyak kemudahan, terutama dalam mengatasi keluhan dari para pelanggan. Kalian tidak perlu lagi nih, mengeluarkan biaya administratif hingga biaya birokrasi yang mungkin saja muncul ketika keluhan mereka tidak teratasi.

Time to Market

Data yang telah dihimpun perusahaan tentunya menjadi bekal untuk strategi promosi karena perusahaan telah mengetahui kapan pelanggan melakukan transaksi. Nah, ketika mengetahui hal tersebut, perusahaan sudah siap menata metode pemasaran yang akan dipakai. 

Meningkatkan Pendapatan

Jika pelanggan merasa percaya dengan perusahaan, tentu loyalitas meningkat dong, maka tinggal menunggu saja efek penjualannya. Iya, kan? Sebab bisa dipastikan bahwa akan terjadi peningkatan pendapatan yang signifikan. Oleh karena itu, mengelola customer relationship management harus konsisten.

Tahapan Dalam Customer Relationship Management

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan, yaitu:

Memperoleh Pelanggan Baru

  • Berikan kenyamanan pada pelanggan saat bertransaksi dengan kalian. Salah satunya ialah silakan memberikan respons yang adaptif ketika pelanggan membutuhkan sesuatu.
  • Lakukan promosi yang baik ketika melakukan pendekatan dengan pelanggan. Jika dari awal sudah baik maka hasil akhir tinggal menunggu. 

Menambah Nilai Pelanggan

  • Up selling: menawarkan produk yang sama namun dengan kualitas lebih ciamik.
  • Cross selling: menawarkan produk tambahan ketika pelanggan telah melakukan transaksi untuk produk tersebut. Misalnya nih, pelanggan membeli handphone maka silakan tawarkan pelindung handphone. 

Mempertahankan Pelanggan

  • Memberikan pelayanan dan aplikasi pendukung yang mencukupi agar loyalitas pelanggan tetap terjaga. 
  • Menyediakan waktu untuk mendengarkan komplain dari pelanggan.

Okay Kawan-kawan, itulah beberapa informasi yang bisa kalian ketahui terkait Customer Relationship Management. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat, ya. Bagi kalian yang ingin sharing tentang CRM nih, misal penerapan CRM di bisnis kalian, boleh banget agar kawan-kawan lain bisa dapat new insight.

Have a good day

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian Customer Relationship Management Serta Manfaatnya Bagi Bisnis Anda
Artikel
Pengertian Customer Relationship Management Serta Manfaatnya Bagi Bisnis Anda
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagi yang belum memahami apa itu CRM, baca sampai selesai yuk Pengertian Customer Relationship Management Serta Manfaatnya Bagi Bisnis Anda
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment