Penyebab Sinyal WiFi Lemah Padahal Dekat dan Solusinya

Pernah mengalami sinyal WiFi lemah padahal dekat? Sebal, kah? Jadi, penyebabnya dapat muncul dari faktor internal maupun eksternal. Kendala ini dapat terjadi, apalagi saat ini sudah banyak pengguna yang memasang WiFi di rumah. Okay, tanpa berlama-lama, langsung simak sampai kelar yuk Penyebab Sinyal WiFi Lemah Padahal Dekat dan Solusinya

Penyebab Sinyal WiFi Lemah Padahal Dekat

Dikutip dari laman Hitrontech, sinyal WiFi lemah padahal dekat terjadi karena terlalu banyak orang atau perangkat yang terhubung ke satu jaringan. 

Jika bandwidth sudah mencapai batas maksimal, koneksi Internet yang dimiliki pasti akan melambat bahkan terputus. Sinyal lemah bisa terjadi karena ditransmisikan router yang usang atau perangkat yang tak mendukung jaringan tersebut.

Nah, kemungkinan lainnya, jaringan gelombang radio WiFi yang dipakai terganggu dengan gelombang lain. Biasanya, karena ada barang elektronik dengan jaringan yang menyerupai radio WiFi dalam jarak dekat.

Driver WiFi yang sudah usang bisa menjadi salah satu penyebab kenapa sinyal WiFi lemah. Oleh karena itu, perlu memutakhirkan driver yang dipakai.

Cara Mengatasi Sinyal WiFi Lemah Padahal Dekat

Dirangkum dari laman HosTdime, solusi sinyal WiFi lemah padahal dekat bisa menggunakan beberapa metode berikut ini:

1. Batasi pengguna WiFi

Pengguna yang terlalu banyak dapat menghambat koneksi internet seseorang. Nah, kalian bisa mengganti kata sandi WiFi yang dipakai sehingga yang terhubung dengan jaringan hanya perangkat yang diizinkan.

2. Ubah posisi router

Posisi router atau modem internet sangat berpengaruh pada kekuatan sinyal WiFi. Pindahkan router ke tempat terbuka seperti dekat jendela. Selain itu, perhatikan antena router agar bisa menyesuaikan sinyal.

Selanjutnya, dekatkan perangkat seperti gawai atau laptop pada router tersebut. Semakin dekat jarak antara perangkat dengan router, semakin baik kualitas sinyal yang diperoleh.

3. Restart router WiFi

Alternatif lainnya, mulai ulang atau reboot router hingga sinyal yang diterima memiliki kualitas bagus. Kalian bisa melakukan cara ini secara manual atau menggunakan aplikasi tambahan jika meletakkan router di tempat yang sulit dijangkau.

4. Cek router apakah perlu update Firmware

Sinyal WiFi yang lemah bisa terjadi karena perangkat router membutuhkan pembaruan firmware. Kalian bisa mengeceknya melalui situs web resmi router yang dipakai.

5. Gunakan penguat WiFi

Menggunakan penguat WiFi bisa membantu mendapatkan jangkauan WiFi terbaik dan kinerja koneksi internet yang kuat. Ada berbagai jenis penguat WiFi yang bisa dipilih, mulai dari Wireless Repeaters, Wireless Range Extenders, Wireless Network Extenders, MoCA Adapters, dan Mesh WiFi.

Selain perangkat, kalian juga bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal WiFi, seperti Master Key, WiFi analyzer, dan WiFi Manager Pro. 

Semua aplikasi tersebut bisa diunduh melalui aplikasi Play Store maupun App Store. 

6. Mengubah Setting HP

Selanjutnya, demi bisa mengubah sinyal WiFi yang lemot menjadi lebih cepat terutama secara rutin, maka silakan memeriksa bagian HP. Apalagi terkadang masalah terbesar tidak terletak pada WiFi, jadi bisa mencoba mengubah setting pada HP dan mengatasi koneksi yang buruk.

7. Memeriksa Bagian Frekuensi

Ada solusi mudah lainnya untuk sinyal WiFi lemah padahal dekat dengan melakukan proses perubahan pada bagian frekuensi dari WiFi. Nanti coba gunakan saja frekuensi sekitar 2,4 GHz dan tunggu selama beberapa menit sebelum mencoba menghidupkan kembali WiFi dan menikmati sinyalnya.

8. Mengganti Case HP

Solusi menarik lainnya adalah hanya dengan memeriksa bagian case yang sedang dipakai di perangkat HP untuk beberapa hari ini. Nantinya, coba periksa apakah pengguna case tersebut justru memberikan efek yang buruk sehingga ada kendala dalam menikmati sinyal yang cepat.

Jika sudah ditemukan jawabannya maka bisa langsung mencoba untuk mengganti jenis case yang dipakai untuk HP dengan bahan yang lebih elastis. Apalagi jika memilih untuk memakai bahan yang berat seperti logam maka bisa menjadi penyebab utama mengapa sinyal WiFi menjadi lemot.

Itulah solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi sinyal WiFi lemah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Simpulan

Okay, jadi silakan solusi yang tepat untuk sinyal WiFi lemah padahal dekat di atas bisa sesuai dengan kondisi kalian, ya. Bisa memulai untuk mengganti bagian case yang dipakai di HP sampai pada mengunduh aplikasi khusus untuk bisa memperkuat sinyal WiFi.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment