Ketahui Alasan Mengapa Router Menjadi Hardware yang Cukup Penting

Ketahui Alasan Mengapa Router Menjadi Hardware yang Cukup Penting

Ada yang masih asing dengan istilah router? Router ini akan membantu kalian terhubung ke internet. Lantas, apakah kalian tahu bagaimana cara kerja router? Okay, simak yuk sampai kelar Ketahui Alasan Mengapa Router Menjadi Hardware yang Cukup Penting

Apa Itu Router?

Router adalah hardware jaringan yang digunakan untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet hingga ke beberapa perangkat lain melalui proses routing. Proses routing sendiri adalah proses dimana paket data diteruskan dari satu dengan jaringan yang lain.

Maka, dapat didefinisikan bahwa router adalah perangkat jaringan fisik yang digunakan untuk melakukan beberapa aktivitas seperti menerima, menganalisis, dan meneruskan paket data antarjaringan komputer. 

Router biasanya disamakan dengan switch. Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda, loh. Router adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan satu LAN (Local Area Network) dengan LAN yang lain.

Sedangkan switch adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer untuk membentuk LAN. Mudahnya, switch bisa dianalogikan sebagai sebuah jalan dan router sebagai penghubung antarjalan. 

Fungsi Router 

Fungsi router yang utama adalah mengelola lalu lintas jaringan dan juga membagikan koneksi internet ke perangkat lain. Eitss, masih ada fungsi router yang lain lho yang harus kalian ketahui. 

1. Menghubungkan Jaringan

Fungsi router adalah sebagai penghubung antarjaringan. Router memiliki fungsi untuk mengirimkan paket data atau suatu informasi melalui internet atau jaringan dari jaringan tertentu ke jaringan lainnya.

Khusus bagi router WiFi, router ini bisa mengirimkan paket data atau internet dari modem ke perangkat melalui IP Address. Dengan begitu, perangkat yang terhubung bisa mengakses internet. Banyak jenis perangkat yang bisa dihubungkan ke router, misalnya laptop, komputer, smartphone, tablet, hingga smart tv.

2. Mentransmisikan Informasi

Fungsi router selanjutnya adalah sebagai alat untuk mentransmisikan informasi atau data dari jaringan yang satu ke jaringan lainnya. 

Misalkan, jika tinggal di rumah 2 lantai, rerata pernah berfikir dengan cara apa koneksi internet bisa sampai di lantai 2 rumah? Apakah koneksi dari internet tersebut bisa terjangkau ke seluruh rumah? 

Nah, di situlah router bekerja. Dengan memasang router di lantai 1 dan lantai 2 rumah maka router utama akan mentransmisikan informasi atau data tersebut ke router selanjutnya yang menyebabkan koneksi internet dapat tersebar ke seluruh bagian rumah.

3. Menganalisis Paket Data

Router juga dapat melakukan analisis paket data atau memfilter paket data. Fungsi router ini bertujuan agar mencegah koneksi internet dari trafik yang besar yang nantinya bisa membuat koneksi tersebut melambat. Penyaringan ini dilakukan dengan aturan melalui alamat IP, port UDP, dan port TCP.

4. Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi selanjutnya adalah sebagai jembatan atau penghubung antara jaringan dengan DSL (Digital Subscriber Line) sehingga dapat terpasangnya firewall yang berfungsi sebagai penyaring dari data-data yang akan diteruskan. Dengan dapat dipasangnya firewall maka akan mencegah dari serangan cyber crime dan mencegah adanya broadcast storm yang bisa memperlambat kinerja jaringan. 

5. Membaca Alamat IP

Membaca alamat IP. Wait, ini maksud gimana ya? Router bisa membaca alamat IP dari sumber yang mengirim dan tujuannya. Fungsi dari pembacaan alamat IP ini adalah menentukan routing dari node ke node lainnya pada sebuah jaringan. 

Cara Kerja Router

Cara kerja router adalah memandu serta mengarahkan sebuah paket data melalui jalur terbaik untuk mencapai tujuan akhirnya. Paket data tersebut berisi berbagai informasi, salah satunya berisi informasi pengenal seperti pengirim, tipe data, ukuran, dan alamat IP yang dituju.

Setiap bagian ini nantinya akan dibaca oleh router dan akan ditentukan rute terbaik untuk setiap proses transmisi data. Sederhananya sih, paket data yang diterima router akan langsung diperiksa alamat tujuannya kemudian router akan menentukan jalur mana yang akan dilewati untuk menghasilkan koneksi tercepat.

Jenis Router

Berikut ini beberapa jenis router:

1. Router Wireless

Perlu kalian ketahui bahwa router jenis ini tidak menggunakan kabel untuk perangkat lain yang ingin terhubung. Router wireless adalah jenis router yang menawarkan konektivitas Wifi ke perangkat pengguna dengan berbasis pada jaringan internet dari Wifi tersebut.

Oia,rRouter ini juga dapat menyediakan routing ethernet standar untuk sejumlah sistem jaringan kabel. Router nirkabel mampu menghasilkan sinyal nirkabel di rumah dan kantor secara efektif dan menjangkau sejumlah perangkat.

Anyway, router jenis ini dapat pula digunakan untuk router bisnis dengan memanfaatkan kinerja nirkabel dan kontrol konektivitas serta keamanan yang baik.

2. Router Kabel

Sama seperti kabel wireless, jenis router kabel ini membutuhkan kabel ethernet untuk terhubung ke modem. Perbedaannya terletak pada perangkat yang terhubung harus menggunakan kabel. Router jenis ini bisa membuat jaringan LAN dan menghubungkan perangkat ke internet.

3. Core Router

Core router adalah jenis router yang beroperasi pada jaringan inti dan digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan volume pengiriman data yang tinggi. Jenis ini tidak berkomunikasi dengan jaringan eksternal.

4. Virtual Router

Virtual router adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membagi koneksi internet melalui Wifi. Aplikasi ini nantinya akan mengubah komputer menjadi virtual Wifi hotspot sehingga orang lain bisa terhubung ke komputer dan menggunakan internet.

Virtual router tersedia secara gratis dan bersifat open source untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 7 dan Windows Server 2008 R2.

5. Edge Router

Jika core router bekerja secara eksklusif untuk mengelola lalu lintas data dalam jaringan skala besar, edge router berkomunikasi dengan router inti dan jaringan eksternal. Sesuai namanya edge router menggunakan “edge” jaringan dan menggunakan BGP (Border Gateway Protocol) untuk mengirim dan menerima data dari LAN dan WAN yang lain.

Perbedaan Router dan Modem

Router dan modem merupakan dua perangkat yang berbeda loh baik dari segi perangkat hingga fungsinya. Lalu, apa perbedaannya?

Router bertugas untuk membentuk jaringan dan mengelola aliran data di dalam dan di antara suatu jaringan. Di sisi lain, modem menjalin koneksi ke internet dengan mengubah sinyal dari penyedia layanan internet menjadi sinyal digital yang dapat digunakan oleh berbagai perangkat. 

Mudahnya begini, si A memiliki router tetapi tidak memiliki modem. Si A dapat membuat jaringan local area network dan mengirim data antarperangkat di jaringan itu. Namun, si A tidak akan dapat menghubungkan jaringan tersebut ke internet.

Di sisi lain, si B memiliki modem tetapi tidak memiliki router. Si B dapat menghubungkan satu perangkat ke internet tetapi tidak dapat mendistribusikan koneksi internet itu ke beberapa perangkat.

Gimana, udah paham kan terkait router? Semoga yang tadinya tak tahu apapun tentang router, bisa terjawab setelah membaca artikel ini, ya.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like