apa-itu-cyber-crime

Apa Itu Cyber Crime?

Sharing is caring!

Apakah Anda prihatin dengan cyber crime? Memahami dengan tepat apa itu cyber crime, jenis-jenisnya, dan bagaimana melindungi diri Anda dari kejahatan itu akan membantu menenangkan pikiran Anda. Yuk baca sampai selesai Apa Itu Cyber Crime?

Apa Itu Cyber Crime?

Cyber crime adalah aktivitas kriminal yang menargetkan atau menggunakan komputer, jaringan komputer, atau perangkat berjaringan.

Kebanyakan tetapi tidak semua, cyber crime dilakukan oleh penjahat dunia maya atau hackers yang ingin menghasilkan uang. Cyber crime dilakukan oleh individu atau organisasi. Beberapa penjahat dunia maya memang terorganisir, menggunakan teknik-teknik canggih, dan sangat terampil secara teknis. Jarang sekali cyber crime bertujuan merusak komputer untuk alasan selain keuntungan.

apa-itu-cyber-crime-1

Jenis Cyber Crime

Berikut ini ada beberapa contoh spesifik dari berbagai jenis cyber crime:

  • Penipuan internet dan email.
  • Penipuan identitas (informasi pribadi dicuri dan digunakan).
  • Pencurian keuangan atau data pembayaran kartu.
  • Pencurian dan penjualan data perusahaan.
  • Cyber Extortion (menuntut uang untuk mencegah ancaman serangan).
  • Serangan ransomware (sejenis cyber extortion).
  • Crypto Jacking (hackers menambang cryptocurrency menggunakan sumber daya yang tidak mereka miliki).
  • Cyber Espionage (tempat hackers mengakses data pemerintah atau perusahaan).

Kebanyakan cybercrime termasuk dalam dua kategori utama:

  • Aktivitas kriminal yang menargetkan.
  • Aktivitas kriminal yang menggunakan komputer untuk melakukan kejahatan lainnya.

Cyber crime yang menargetkan komputer seringkali melibatkan virus dan jenis malware lainnya.

Penjahat dunia maya dapat menginfeksi komputer dengan virus dan malware untuk merusak perangkat atau menghentikannya dalam bekerja. Mereka juga dapat menggunakan malware untuk menghapus atau mencuri data.

Cyber crime yang menghentikan pengguna menggunakan mesin atau jaringan, atau mencegah bisnis yang menyediakan layanan software kepada pelanggannya disebut Denial-of-Service (DoS) attack.

Cyber crime yang menggunakan komputer untuk melakukan kejahatan lain, mungkin melibatkan penggunaan komputer atau jaringan untuk menyebarkan malware, informasi ilegal, atau gambar ilegal.

Terkadang penjahat dunia maya melakukan kedua kategori cyber crime sekaligus. Mereka mungkin menargetkan komputer dengan virus terlebih dahulu. Kemudian, menggunakan mereka untuk menyebarkan malware ke mesin lain atau melalui jaringan.

Penjahat dunia maya juga dapat melakukan apa yang dikenal sebagai Distributed-Denial-of-Service (DDos) attack. Ini mirip dengan serangan DoS tetapi penjahat dunia maya menggunakan banyak komputer yang disusupi untuk melakukannya.

Contoh Cyber Crime

Serangan Malware

Serangan malware adalah ketika sistem komputer atau network terinfeksi virus komputer atau jenis malware lainnya. Komputer yang disusupi oleh malware dapat digunakan oleh penjahat dunia maya untuk beberapa tujuan. Ini termasuk mencuri data rahasia, menggunakan komputer untuk melakukan tindakan kriminal lainnya atau menyebabkan kerusakan data.

Contoh serangan malware yang terkenal adalah serangan ransomware WannaCry, cyber crime global yang dilakukan pada Mei 2017.

Ransomware adalah jenis malware yang digunakan untuk memeras uang dengan menahan perangkat atau data korban untuk ditebus. WannaCry adalah jenis ransomware yang menargetkan kerentanan di komputer yang menjalankan Microsoft Windows.

Ketika serangan ransomware WannaCry melanda, 230.000 komputer terdampak di 150 negara. Pengguna dikunci dari file mereka dan dikirimi pesan yang menuntut mereka membayar tebusan BitCoin untuk mendapatkan kembali akses mereka.

Phishing

Kampanye phishing adalah saat email spam atau bentuk komunikasi lainnya dikirim secara massal, dengan tujuan menipu penerima agar melakukan sesuatu yang merusak keamanan mereka atau keamanan organisasi tempat mereka bekerja.

Pesan kampanye phishing mungkin berisi lampiran yang terinfeksi atau link ke situs berbahaya. Atau, mereka mungkin meminta penerima untuk menanggapi dengan informasi rahasia

Contoh penipuan phishing yang terkenal dari tahun 2018 adalah yang terjadi selama Piala Dunia. Menurut laporan Inc, penipuan phishing Piala Dunia melibatkan email yang dikirim ke penggemar sepak bola. Email spam ini mencoba memikat penggemar dengan perjalanan gratis palsu ke Moskow, tempat diselenggarakannya Piala Dunia. Orang-orang yang membuka dan mengklik tautan yang terdapat dalam email ini telah kehilangan data pribadinya.

Jenis kampanye phishing lainnya dikenal sebagai spear-phishing. Ini adalah kampanye phishing bertarget yang mencoba mengelabui individu tertentu agar membahayakan keamanan organisasi tempat mereka bekerja.

Tidak seperti kampanye phishing massal yang gayanya sangat umum, pesan spear-phishing biasanya dibuat agar terlihat seperti pesan dari sumber terpercaya. Misalnya, mereka dibuat agar terlihat seperti berasal dari CEO atau manajer TI. Mereka mungkin tidak mengandung petunjuk visual apapun bahwa sebenarnya mereka palsu.

Distributed DoS (DDoS) Attacks

Distributed DoS (DDoS) attacks adalah jenis serangan cyber crime yang digunakan oleh penjahat dunia maya untuk menjatuhkan sistem atau jaringan. Terkadang perangkat IoT (internet of things) yang terhubung digunakan untuk meluncurkan serangan DDoS.

Serangan DDoS membanjiri sistem dengan menggunakan salah satu protokol komunikasi standar yang digunakannya untuk mengirim spam ke sistem dengan permintaan koneksi. Penjahat dunia maya yang melakukan pemerasan maya dapat menggunakan ancaman serangan DDoS untuk meminta uang. Sebagai alternatif, DDoS dapat digunakan sebagai taktik pengalih perhatian saat jenis cyber crime lainnya terjadi.

Bagaimana Melindungi Diri Anda dari Cybercrime

Selalu perbarui software dan sistem operasi

Menjaga software dan sistem operasi Anda tetap mutakhir, dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan keuntungan dari patch keamanan terbaru untuk melindungi komputer Anda.

Gunakan anti-virus software dan selalu perbarui

Menggunakan anti-virus atau solusi keamanan internet komprehensif, seperti Kaspersky Total Security adalah cara cerdas untuk melindungi sistem Anda dari serangan. Anti-virus software memungkinkan Anda memindai, mendeteksi, dan menghapus ancaman sebelum menjadi masalah. Memiliki perlindungan ini membantu melindungi komputer dan data Anda dari cyber crime sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Jika Anda menggunakan anti-virus software, pastikan Anda terus memperbaruinya untuk mendapatkan tingkat perlindungan terbaik.

Gunakan password yang kuat

Pastikan untuk menggunakan password  yang kuat yang tidak akan ditebak orang dan jangan merekamnya di mana pun. Atau, gunakan password manager terkemuka untuk membuat password yang kuat secara acak untuk membuatnya lebih mudah.

Jangan pernah membuka attachments di email spam

Cara klasik agar komputer terinfeksi oleh serangan malware dan bentuk cyber crime lainnya adalah melalui lampiran email di email spam. Jangan pernah membuka lampiran dari pengirim yang tidak Anda kenal.

apa-itu-cyber-crime-2

Jangan mengklik tautan di email spam atau situs tidak terpercaya

Cara lain orang menjadi korban cyber crime adalah dengan mengklik tautan di email spam atau pesan lain atau situs yang tidak dikenal. Hindari melakukan ini agar tetap aman saat online.

Jangan memberikan informasi pribadi kecuali aman

Jangan pernah memberikan data pribadi melalui telepon atau email, kecuali Anda benar-benar yakin bahwa line atau email tersebut aman.

Hubungi perusahaan secara langsung tentang permintaan yang mencurigakan

Jika Anda dimintai data dari perusahaan yang telah menelepon Anda, tutup telepon. Hubungi mereka kembali menggunakan nomor di situs resmi mereka untuk memastikan Anda berbicara dengan mereka dan bukan penjahat dunia maya.

Idealnya, gunakan telepon yang berbeda karena penjahat dunia maya dapat menahan sambungan telepon. Jika Anda merasa telah menelepon kembali, mereka dapat berpura-pura berasal dari bank atau organisasi lain yang menurut Anda sedang Anda ajak bicara.

Perhatikan URL situs mana yang Anda kunjungi

Perhatikan URL yang Anda klik. Apakah mereka terlihat sah? Hindari mengklik link dengan URL yang tampak asing atau berisi spam. Jika produk keamanan internet Anda mencakup fungsionalitas untuk mengamankan transaksi online, pastikan itu diaktifkan sebelum melakukan transaksi keuangan secara online.

Awasi statement bank Anda

Tips kami akan membantu Anda menghindari cybercrime. Namun, jika semuanya gagal, penting untuk mengetahui bahwa Anda telah menjadi korban cyber crime dengan cepat. Pantau laporan bank Anda dan tanyakan transaksi yang tidak biasa dengan bank tersebut. Bank dapat membantu untuk menyelidiki apakah mereka curang.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Cyber crime?
Artikel
Apa Itu Cyber crime?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah Anda prihatin dengan cyber crime? Yuk baca sampai selesai Apa Itu Cyber Crime? hanya di Jetorbit agar bisa menenangkan pikiran Anda
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo