personal-branding

Pentingnya Personal Branding sebagai Profesional dan Bagaimana Melakukannya!

Sharing is caring!

Tahukah Anda bahwa personal branding dapat menjadi aspek “berhasil atau hancur” dalam karier profesional Anda? Saat Anda bertemu orang dan berinteraksi secara online dan offline, Anda menunjukkan kepada dunia siapa Anda sebenarnya. Namun apakah Anda menunjukkan kepada dunia versi terbaik dari diri Anda? Yuk baca detailnya di Pentingnya Personal Branding sebagai Profesional dan Bagaimana Melakukannya!

Sebagai seorang profesional, membuat hubungan yang bermakna merupakan batu loncatan yang penting untuk menuju kesuksesan. Anda menciptakan koneksi yang bermakna di banyak titik dalam perjalanan profesional Anda, terutama melalui networking dan interaksi pribadi dengan profesional lain. Dalam artikel ini kita akan melihat betapa pentingnya personal branding untuk memajukan karier profesional Anda. 

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah cara Anda menggambarkan diri dan keterampilan Anda kepada dunia. Itu semua tentang bagaimana Anda ingin agar dunia melihat dan memandang Anda. Dalam beberapa kasus, personal branding muncul secara alami melalui kepribadian unik seseorang.

Personal branding didasarkan pada kisah Anda sebagai seorang profesional dan manusia. Mengintegrasikan brand Anda dengan gaya hidup Anda adalah cara termudah untuk menciptakan personal brand. Jika memiliki personal brand yang tidak sesuai dengan kehidupan Anda maka akan sulit dipertahankan. Apabila orang lain memperhatikan, itu akan membuat Anda terlihat tidak jujur ​​dan palsu. Personal brand  Anda harus jujur, dapat dihubungkan (relatable), dan asli.

Contoh luar biasa dari personal branding yang sukses adalah Neil Patel. Dia adalah wajah dan pusat dari blog atas namanya sendiri. Sepanjang perjalanan profesionalnya, Neil Patel selalu jujur ​​tentang kisah pribadinya. 

Perbedaan dan Persamaan antara Personal Branding dan Corporate Branding

Personal branding dan corporate branding mirip tapi tidak sama. Perbedaan utama adalah pada namanya. Personal branding adalah untuk individu dan corporate branding adalah apa yang mewakili keseluruhan perusahaan. Kesamaannya adalah keduanya mewakili nilai dan misi, baik bagi seseorang maupun perusahaan.

Strategi branding untuk perusahaan dan individu tidak saling bergantung satu sama lain. Faktanya adalah ketika CEO sebuah perusahaan memiliki personal branding yang baik, hal itu dapat membantu branding perusahaan secara eksponensial. Hal tersebut juga sama berlakunya untuk posisi selain CEO. 

Dalam beberapa kasus, Anda adalah perusahaan Anda. Banyak profesional menggunakan nama mereka sebagai nama perusahaan mereka. Di sinilah persimpangan antara personal branding dan corporate branding dapat benar-benar membawa Anda ke posisi teratas di industri Anda.

Mulailah Perjalanan Personal Branding Anda

Membuat personal brand untuk diri Anda sendiri sebagai seorang profesional bukan menjadi suatu tugas yang rumit. Dengan mengikuti serangkaian langkah serta pedoman, Anda dapat memiliki personal brand yang percaya diri dalam waktu singkat.

Faktanya, penghalang terbesar menuju personal branding yang sukses adalah tidak tahu harus mulai dari mana.

Berikut ini adalah langkah-langkah utama untuk membantu Anda memulai perjalanan pencitraan personal branding Anda:

Langkah 1: Temukan Keunikan Anda

Keunikan pribadi bisa menjadi salah satu dari banyak hal berikut ini:

  • Gaya kerja Anda
  • Cara Anda berkomunikasi
  • Kemampuan Anda
  • Bagaimana Anda membantu orang
  • Kisah hidup Anda
  • Values Anda
  • Aspek lain dalam hidup Anda yang membuat Anda berbeda…

Intinya, keunikan Anda adalah satu hal yang membuat Anda berbeda. Percaya atau tidak, menemukan keunikan Anda dipengaruhi oleh kesehatan mental.

Langkah 2: Tentukan Kisah Anda

Langkah kedua dalam branding pribadi Anda adalah storytelling. Penting untuk diketahui bahwa cerita Anda dapat diceritakan dengan berbagai cara. Idenya adalah agar cerita dapat dikaitkan dengan audiens target Anda. 

Ketika Anda menggunakan hidup Anda sebagai bagian dari kisah personal branding Anda, Anda akan lebih selaras dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Anda dapat menceritakan kisah pribadi Anda dengan berbagai cara, di blog Anda sendiri, melalui video YouTube, dengan mengadakan Ted Talks, menulis buku serta selalu terbuka dan jujur.

Langkah 3: Bangun Brand Anda

Setelah Anda menentukan apa yang membuat Anda dan pekerjaan Anda menonjol serta cerita Anda memiliki tujuan, sekarang saatnya untuk benar-benar membangun brand.

Dalam banyak kasus, personal brand berkembang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Secara organik, personal brand Anda dapat membangun dirinya sendiri saat Anda tumbuh dalam karir Anda. Apabila Anda baru saja memasuki industri yang kompetitif, Anda harus melakukan lebih banyak pekerjaan. Cara yang bagus untuk memulai adalah dengan visual moodboard.

Pastikan semua profil media sosial Anda memiliki nama yang benar dan semuanya ditautkan ke profil Linkedin atau situs WordPress pribadi Anda. Tulis semua profil media sosial Anda untuk mewakili Anda dan visi unik Anda. Pastikan bahasa yang Anda gunakan selalu konsisten di seluruh profil Anda. 

Gambar di bawah ini merupakan screenshot dari panduan brand style Mailchimp tentang cara menggunakan bahasa corporate Mailchimp. Luangkanlah waktu untuk menyiapkan sesuatu seperti ini bagi personal brand Anda karena ini akan menjadi panduan akuntabilitas pribadi Anda.

personal-branding-1

Langkah 4: Hidup Sesuai dengan Personal Brand Anda

Personal brand Anda harus mudah untuk dirawat. Jika hal tersebut benar-benar gambaran riil tentang diri Anda sebagai pribadi maka seharusnya tidak menjadi masalah. Namun Anda tidak selalu dapat mengontrol segala sesuatu di sekitar Anda dan terkadang media sosial dapat membuat Anda terlihat buruk.

Jika Anda membuat kesalahan, jujurlah dan minta maaf. Jika Anda pernah menjadi korban fitnah, tangani dengan cara yang sesuai dengan brand Anda sehingga tidak merugikan bisnis Anda.

Hal lain yang perlu diingat terkait poin untuk memenuhi personal brand Anda adalah ketika perusahaan Anda tumbuh dan terdapat lebih banyak orang di tim Anda, maka Anda perlu “menjelaskan” personal branding Anda kepada karyawan Anda sehingga mereka akan melihat Anda sebagai manusia dan pemimpin yang dapat mereka percaya. Ketika mereka percaya pada Anda, mereka akan percaya pada perusahaan Anda.

Langkah 5: Berevolusi

Saat personal brand Anda tumbuh seiring dengan karier profesional Anda, mungkin ada saatnya Anda perlu menuju ke level selanjutnya. Hal ini akan dianggap sebagai perubahan merek (rebrand). Peringatannya adalah bahwa rebranding sebuah personal brand akan selalu mengikuti iterasi sebelumnya. Jika Anda berencana untuk melakukan secara full 360 derajat penuh terhadap brand Anda, pastikan itu sesuai dengan gaya hidup Anda.

Hal tersebut disebut dengan personal brand evolution. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menunjukkan berbagai kemajuan kepada followers Anda. Jangan menghilang pada suatu hari dan kembali dengan brand yang berbeda. Tunjukkan dan jelaskan apa yang sedang terjadi serta mengapa, maka followers Anda akan mengerti dan mengikuti perjalanannya.

5 Alasan Pentingnya Personal Branding

Berikut beberapa manfaat yang dapat diberikan dengan adanya pentingnya personal branding kepada orang-orang:

Memunculkan Kepercayaan

Personal brand menjelaskan mengapa yang terkait dengan seseorang. Singkatnya, ini adalah hal-hal yang memotivasi dan mendorong seseorang untuk sukses. Membangun personal brand akan membuat orang merasa nyaman saat bekerja. Hal itu juga membangun kepercayaan kepada rekan kerja. Memiliki personal brand juga menciptakan niat yang jelas dan tulus, yang merupakan kunci untuk menumbuhkan kepercayaan.

Membangun Koneksi

Personal branding membantu seseorang membangun koneksi di berbagai bidang dan bidang spesialisasi mereka. Tidak ada batasan untuk personal branding, bahkan itu bisa melampaui dunia digital. Begitu seseorang membangun reputasinya maka akan membantu mereka mendapatkan lebih banyak exposure, seperti acara pidato. Dengan bantuan acara seperti ini, seseorang bahkan dapat mulai mengumpulkan kartu nama untuk mengerjakan berbagai kemungkinan prospek dan koneksi.

Membangun Kredibilitas

Personal branding membantu seseorang dalam menetapkan namanya sebagai pemimpin pemikiran dan ahli di bidang spesialisasinya. Hal ini membantu dalam mendapatkan pengakuan di bidang keahlian mereka. Seseorang juga akan membangun kesan yang abadi dan self-reward untuk individualitas itu sendiri.

Orang-orang akan menganggap seseorang sebagai ahli jika dia lebih terlihat oleh audiens target mereka. Sebuah brand akan mendorong seseorang ke puncak dari marketplace yang dipilih, bahkan sebuah kartu nama bisa kecil harganya setelah membangun kredibilitas. 

Keuntungan dalam Keyakinan

Individu juga dapat memperoleh kepercayaan diri saat mereka mengembangkan brand mereka. Perolehan kepercayaan akan datang dari kualitas dan kekuatan positif mereka, yang dapat mereka bagikan secara publik. Personal branding yang dilakukan dengan baik akan menekankan kekuatan individu dan dapat memberikan arahan ke mana dia dapat menggunakan kekuatan tersebut.

Memiliki Keaslian

Personal brand berasal dari passion, keterampilan, tujuan, dan nilai. Personal branding membantu seseorang untuk tumbuh dari sesuatu yang dia percaya. Personal branding 

Branding akan membantu seseorang menjadi otentik, yang juga dapat membantunya dalam memenuhi hal-hal dalam hidup agar lebih mudah. Kehidupan seseorang akan berputar di sekitar pekerjaan sambil memprioritaskan kekuatan dan memanfaatkan bakat yang membuatnya bahagia.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pentingnya Personal Branding sebagai Profesional dan Bagaimana Melakukannya!
Artikel
Pentingnya Personal Branding sebagai Profesional dan Bagaimana Melakukannya!
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah Anda menunjukkan kepada dunia versi terbaik dari diri Anda? Yuk baca detailnya di Pentingnya Personal Branding sebagai Profesional
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo